Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
95Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pengolahan karet

pengolahan karet

Ratings: (0)|Views: 5,007 |Likes:

More info:

Published by: Mendra Kurniawan Syailendra on Oct 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/20/2013

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN
Setiap bagian pohon karet jika dilukai akan mengeluarkan getah susu yang disebutlateks. Banyak tanaman jika dilukai akan mengeluarkan cairan putih yang menyerupai susu,tetapi hanya beberapa pohon saja yang menghasilkan karet. Diantara tanaman tropis hanya
havea bracileansis
yang telah dikembangkan dan mencapai tingkat perekonomian yang penting.Sistem pasokan bahan baku dilakukan dengan cara melakukan pengumpulan lateks dikebun (TPH) oleh para petani yang kemudian diangkut ke pabrik. Bahan baku lateks akantersedia setiap hari karena penyadapan selalu dilakukan setiap hari. Sumber bahan bakuindustri karet berasal dari perkebunan karet baik Perkebunan Rakyat, Perkebunan Negaramaupun Perkebunan Swasta. Pada perkebunan besar negara maupun swasta, bahan baku yangdihasilkan (lateks) biasanya langsung diolah di pabrik sendiri atau dikirim ke pabrik yangseinduk, sedangkan untuk prosesor yang tidak memiliki kebun harus berusaha untuk mendapatkan bahan baku dari perkebunan karet rakyat, baik melalui pembelian langsungataupun melalui lelang yang diadakan pada waktu-waktu tertentuKondisi bahan baku industri karet baik kuantitas, kualitas maupun kontinuitas pasokan dipengaruhi oleh sumber bahan baku itu sendiri. Pada perkebunan besar hal ini tidak  begitu menjadi masalah. Bahan baku yang berasal dari perkebunan karet rakyat yang biasanya sangat bervariasi kualitasnya.Untuk menjaga kualitas dan kontinuitas bahan baku, maka dilakukan pengawasan pada tiap penyadap. Dari hasil penyadapan, dapat ditentukan.1.Bobot atau isi lateksPenyadap menuangkan lateks dari ember-ember pengumpul ke dalam ember-ember takaran melalui sebuah saringan kasar dengan ukuran lubang 2 mm,maksudnya untuk menahan lump yang terjadi karena prakoagulasi.
2.
Kadar Karet Kering (KKK)Penentuan kadar karet kering (KKK) sangat penting dalam usaha mencegahterjadinya kecurangan para penyadap.Lateks sebagai bahan baku berbagai hasil karet, harus memiliki kualitas yang baik.Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas lateks, sebagai berikut.
 
Faktor dari kebun (jenis klon, sistem sadap, kebersihan pohon, dan lain-lain).
Iklim (musim hujan mendorong terjadinya prakoagulasi, musim kemarau keadaanlateks tidak stabil).
Alat-alat yang digunakan dalam pengumpulan dan pengangkutan (yang baik terbuatdari aluminium atau baja tahan karat).
Pengangkutan (goncangan, keadaan tangki, jarak, jangka waktu).
Kualitas air dalam pengolahan.
Bahan-bahan kimia yang digunakan.
Komposisi lateks.Untuk mengetahui susunan bahan-bahan yang terkandung dalam lateks dapat dilihat pada tabel
Kandungan Bahan-Bahan dalam Lateks Segar dan Lateks yang Dikeringkan
 BahanLateks Segar (%)Lateks yang Dikeringkan (%)Kandungan karet35,6288,28Resin1,654,10Protein2,035,04Abu0,700,84Zat gula0,340,84Air59,621,00Sumber: Setyamidjaja (1993)Pada saat mulai keluar dari pohon hingga beberapa jam lateks masih berupa cairan,tetapi setelah kira kira 8 jam lateks mulai mengental dan selanjutnya membentuk gumpalankaret atau yang lebih dikenal dengan istilah prakoagulasi. Penyebab terjadinya prakoagulasiantara lain sebagai berikut:
1.Penambahan asam
Penambahan asam organik ataupun anorganik mengakibatkan turunya pHlateks sehingga lateks kebun membeku.
2.Mikroorganisme
Lateks segar merupakan media yang baik bagi pertumbuhan mikroorganisme,mikroorganisme banyak terdapat dilingkungan perkebunan karet, mikroorganisme inimenghasilkan asam asam yang menurunkan pH, serta menimbulkan bau karena
 
terbentuknya asam asam yang mudah menguap. Bila banyak organisme makasenyawa asam yang dihasilkan akan banyak pula. Suhu udara yang tinggi akan lebihmengaktifkan kegiatan bakteri sehingga dalam pemyadapan ataupun pengangkutandiusahakan pada suhu rendah atau pagi.
3.Iklim
Air hujan akan membawa zat kotoran dan garam yang larut dari kulit batang.Zat zat ini akan mengkatalisis terjadinya prakoagulasi. Lateks yang baru disadap jugamudah menggumpal jika terkena sinar matahari yang terik karena kestbilan koloidnyarusak oleh panas yang terjadi.
4.Pengangkutan
Pengangkutan yang terlambat ataupun jarak yang jauh menyebabkan lateks baru tiba ditempat pengolahan pada siang hari dan sempat terkena matahari sehinggamengganggu kestabilan lateks. Jalan yang buruk atau angkutan yang terguncangguncang mengakibatkan lateks yang terangkut terkocok kocok secara kuat sehinggamerusak kestabilan koloid.
5.Kotoran atau bahan bahan lain yang ikut tercampur 
Lateks akan mengalami prakoagulasi bila dicampur dengan air kotor, terutamaair yang mengandung logam atau elektrolit. Prakoagulasi juga sering terjadi karenatercampurnya kotoran atau bahan lain yang mengandung kapur atau asam.
 
Beberapatindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya prakoagulasi antara lainsebagai berikut:
Menjaga kebersihan alat alat yang digunakan dalam penyadapan, penampungan, maupun pengangkutan. Selama pengangkutan dari kebun ke pabrik pengolahan, lateks dijaga agar tidak mengalami banyak guncangan.
Mencegah pengenceran lateks dari kebun dengan air kotor, misalnya air sungai, air saluran atau got.
Memulai penyadapan pada pagi hari sebelum matahari terbit untuk membantuagar lateks dapat sampai ke pabrik atau tempat pengolahan sebelum udaramenjadi panas.Apabila langkah langkah pencegahan diatas sudah dilakukan tetapi hasilnya belumseperti yang diinginkan, maka zat antikoagulan dapat digunakan. Zat antikoagulan ada beberapa macam,tetapi harus dipilih yang paling tepat. Pilihan disesuaikan dengan kondisi

Activity (95)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Suwarno Bila liked this
Dite Abadi liked this
Gika Ramdhani P liked this
Frandi Barasa liked this
Yusuf Theredarmy liked this
Yoe InnoeVemberr liked this
Ina D'cookies liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->