Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
23Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UNSUR IKLIM&PENGENDALI

UNSUR IKLIM&PENGENDALI

Ratings: (0)|Views: 1,895 |Likes:
Published by Agung Syahida

More info:

Published by: Agung Syahida on Oct 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/28/2013

pdf

text

original

 
15
BAB IPENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Agroklimatologi merupakan ilmu yang mempelajari teknik budidaya tanaman daniklim untuk pertumbuhan, perkembangan dan hasil. Klimatologi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Klima dan Logos yang masing-masing berarti kemiringan (slope) ygdi arahkan ke Lintang tempat sedangkan Logos sendiri berarti Ilmu. Iklim merupakansalah satu faktor pembatas dalam proses pertumbuhan dan produksi tanaman. Olehkarena itu kajian klimatologi dalam bidang pertanian sangat diperlukan.Dalam Agroklimatologi salah satu hal yang akan kita pelajari dan penting untuk diketahui adalah Unsur-unsur Iklim dan Faktor-faktor Pengendali Iklim. Unsur-unsur iklim dan pengendali iklim sangat penting untuk dipelajari karena iklim merupakan salahsatu hal yang sangat penting dalam dunia pertanian. Iklim dapat mempengaruhi hasil produksi pertanian baik itu dari segi kualitas, kuantitas, maupun kontinuitas.
Tujuan
Tujuan penyusunan tulisan ini adalah untuk memenuhi tugas dari mata kuliahAgroklimatologi. Selain itu penulisan tugas ini juga bertujuan untuk menambah pengetahuan dan diharapkan bermanfaat bagi kita semua.
Metode Penulisan
Penulisan tugas ini menggunakan metode kepustakaan yaitu mengumpulkantulisan-tulisan dari buku maupun artikel di internet yang berkaitan dengan penulisantugas berikut. Dalam tulisan ini akan dibahas tentang Unsur-unsur iklim serta faktor-faktor pengendali iklim. Selain itu juga ada beberapa sup bab yang akan dibahas antaralain jenis-jenis hujan,factor-faktor terjadinya angin,pembagian iklim, mekanisme dasar sirkulasi udara dll.
 
Agroklimatologi [Unsur-unsur Iklim dan Pengendali Iklim]
 
15
BAB IIUNSUR – UNSUR IKLIM
Klimatologi berasal dari bahasa Yunani Klima dan Logos yang masing-masing berarti kemiringan (slope) yg di arahkan ke Lintang tempat sedangkan Logos sendiri berarti Ilmu. Jadi definisi Klimatologi adalah ilmu yang mencari gambaran dan penjelasan sifat iklim, mengapa iklim di berbagai tempat di bumi berbeda , dan bagaimana kaitan antara iklim dan dengan aktivitas manusia. Karena klimatologimemerlukan interpretasi dari data2 yang banyak dehingga memerlukan statistik dalam pengerjaannya, orang2 sering juga mengatakan klimatologi sebagai meteorologi statistik (Tjasyono, 2004)Iklim merupakan salah satu faktor pembatas dalam proses pertumbuhan dan produksi tanaman. Jenis-jenis dan sifat-sifat iklim bisa menentukkan jenis-jenis tanamanyg tumbuh pada suatu daerah serta produksinya. Oleh karena itu kajian klimatologi dalam bidang pertanian sangat diperlukan. Seiring dengan dengan semakin berkembangnya isu pemanasan global dan akibatnya pada perubahan iklim, membuat sektor pertanian begituterpukul. Tidak teraturnya perilaku iklim dan perubahan awal musim dan akhir musimseperti musim kemarau dan musim hujan membuat para petani begitu susah untuk merencanakan masa tanam dan masa panen. Untuk daerah tropis seperti indonesia, hujanmerupakan faktor pembatas penting dalam pertumbuhan dan produksi tanaman pertanian.
Selain hujan, unsur iklim lain yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman adalahsuhu, angin, kelembaban dan sinar matahari.1. HUJAN
Setiap tanaman pasti memerlukan air dalam siklus hidupnya, sedangkan hujanmerupakan sumber air utama bagi tanaman. Berubahnya pasokan air bagi tanaman ygdisebabkan oleh berubahnya kondisi hujan tentu saja akan mempengaruhi siklus pertumbuhan tanaman. Itu merupakan contoh global pengaruh ikliim terhadap tanaman.Di indonesia sendiri akibat dari perubahan iklim, yaitu timbulnya fenomena El Nino danLa Nina. Fenomena perubahan iklim ini menyebabkan menurunnya produksi kelapasawit. Tanaman kelapa sawit bila tidak mendapatkan hujan dalam 3 bulan berturut-turutakan menyebabkan terhambatnya proses pembungaan sehingga produksi kelapa sawituntuk jangka 6 sampai 18 bulan kemudian menurun. Selain itu produksi padi jugamenurun akibat dari kekeringan yang berkepanjangan atau terendam banjir. Akan tetapi
 
Agroklimatologi [Unsur-unsur Iklim dan Pengendali Iklim]
 
15 pada saat fenomea La Nina produksi padi malah meningkat untuk masa tanam musim kedua.Hujan merupakan satu bentuk presipitasi, atau turunan cairan dari angkasa, sepertisalju,hujan es, embundankabut. Hujan terbentuk apabila titik air yang terpisah jatuh ke  bumidariawan. Tidak semua air hujan sampai ke permukaan bumi, sebagian menguap ketika jatuh melalui udara kering, sejenis presipitasi yang dikenali sebagaivirga.Hujan memainkan peranan penting dalamkitaran hydrologik di mana kelembabandari laut menguap, bertukar menjadi awan, terkumpul menjadi awan, lalu turun kembalike bumi,dan akhirnya kembali ke laut melaluisungaidan anak sungai untuk mengulangi daur ulangitu semula.Jumlah air hujan diukur menggunakan pengukur hujan. Ia dinyatakan sebagaikedalamanair yang terkumpul pada permukaan rata, dan diukur kurang lebih 0.25mm.Biasanya hujan memiliki kadar asam pH6. Hujan di bawah pH 5.6, dianggaphujan asam.
1.1 Jenis-jenis hujan
Berdasarkan terjadinya, hujan dibedakan menjadi :
Hujan siklonal , yaitu hujan yang terjadi karena udara panas yang naik disertaidengan angin berputar.
Hujan zenithal , yaitu hujan yang sering terjadi di daerah sekitar ekuator,akibat pertemuan Angin Pasat Timur Laut dengan Angin Pasat Tenggara. Kemudianangin tersebut naik dan membentuk gumpalan-gumpalan awan di sekitar ekuator yang berakibat awan menjadi jenuh dan turunlah hujan.
Hujan orografis , yaitu hujan yang terjadi karena angin yang mengandunguap air  yang bergerak horisontal. Angin tersebut naik menuju pegunungan, suhu udaramenjadi dingin sehingga terjadi kondensasi. Terjadilah hujan di sekita pegunungan.
Hujan frontal , yaitu hujan yang terjadi apabila massa udara yang dingin bertemudengan massa udara yang panas. Tempat pertemuan antara kedua massa itudisebut bidang
 front 
. Karena lebih berat massa udara dingin lebih berada di bawah. Di sekitar bidang
 front 
inilah sering terjadi hujan lebat yang disebut hujanfrontal.
Hujan muson , yaitu hujan yang terjadi karena Angin Musim (Angin Muson).Penyebab terjadinya Angin Muson adalah karena adanya pergerakan semutahunanMatahariantaraGaris Balik UtaradanGaris Balik Selatan. DiIndonesia, secara teoritis hujan muson terjadi bulanOktober sampaiApril. Sementara di kawasan Asia Timur terjadi bulanMeisampaiAgustus. Berdasarkan ukuran butirannya, hujan dibedakan menjadi :
 
Agroklimatologi [Unsur-unsur Iklim dan Pengendali Iklim]

Activity (23)

You've already reviewed this. Edit your review.
tustiari liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Denna Saputri liked this
Haerudin Tao liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->