Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
83Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
laporan analisis vegetasi

laporan analisis vegetasi

Ratings: (0)|Views: 4,388 |Likes:
Published by Andrixinata B

More info:

Published by: Andrixinata B on Oct 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/30/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUMPENGENDALIAN GULMA (AGH 321)Analisis Vegetasi GulmaDisusun oleh :Andrixinata BA34070016DEPARTEMEN AGRONOMI HOLTIKULTURAFAKULTAS PERTANIANINSTITUT PERTANIAN BOGOR 2010
 
PENDAHULUAN
A.
 
Latar belakang
Pada umumnya dipandang dari manfaat yang didapat, tumbuhan dibagimenjadi dua yaitu, tanaman yaitu tumbuhan yang menguntungkan dandibudidayakan dan tumbuhan yang merugikan. Tumbuhan yang menguntungkandisebut tanaman yaitu tumbuhan yang dibudidayakan oleh manusia atau sengajauntuk ditanam karena mempunyai nilai ekonomis yang menjanjikan. Sedangkantumbuhan yang merugikan adalah tumbuhan yang tidak dikehendakikeberadaannya. Dalam kegiatan budidaya atau dalam ilmu pertanian, tumbuhantersebut sering disebut dengan gulma (weed). Pengertian gulma yang lain adalahtumbuhan yang belum diketahui manfaatnya secara pasti sehingga kebanyakanorang juga menganggap bahwa gulma mempunyai nilai negatif yang lebih besar daripada nilai ekonomisnya. Sehingga gulma tersebut harus dimusnahkan dari,agar tidak menimbulkan kerugian ± kerugian yang lainnya, yang nantinya dapatmengganggu kegiatan pertanian. Baik secara teknis, produksi, maupun secaraekonomis.Menurut wikipedia, (Wikipedia, 2010) gulma adalah tumbuhan yangkehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian karena menurunkan hasilyang bisa dicapai oleh tanaman produksi. Batasan gulma bersifat teknis dan plastis.
Teknis
, karena berkait dengan proses produksi suatu tanaman pertanian.Keberadaan gulma menurunkan hasil karena mengganggu pertumbuhan tanaman produksi melalui kompetisi.
 Plastis
, karena batasan ini tidak mengikat suatuspesies tumbuhan. Pada tingkat tertentu, tanaman berguna dapat menjadi gulma.Sebaliknya, tumbuhan yang biasanya dianggap gulma dapat pula dianggap tidak mengganggu. Contoh, kedelai yang tumbuh di sela-sela pertanaman monokultur  jagung dapat dianggap sebagai gulma, namun pada sistem tumpang sari keduanyamerupakan tanaman utama. Meskipun demikian, beberapa jenis tumbuhandikenal sebagai gulma utama, seperti teki dan alang-alang. Ilmu yangmempelajari gulma, perilakunya, dan pengendaliannya dikenal sebagai ilmugulma.
 
Kehadiran gulma sendiri secara langsung dapat mempengaruhi produksitanaman, baik secara kualitas maupun kuantitas, kemudian juga dapatmenghambat praktek budidaya pertanian. seperti dengan adanya gulma kualitasakan menurun, karena biji gulma tersebut tercampur pada saat pengolahan tanah.kemudian kuantitas juga akan menurun, karena terjadi kompetisi dalam saranatumbuh ( hara, air, udara, cahaya, ruang gerak ) dalam jumlah terbatas,tergantung dari varietas, kesuburan, jenis, kerapatan, dan lamanya tumbuh. Halinilah yang kemudian menimbulkan gagasan petani untuk mengendalikan gulma.Dengan tujuan untuk meningkatkan atau mempertahankan produktifitas tanaman.Kerusakan tanaman atau penurunan produksi pertanian akibat gulma padaumumnya memiliki korelasi yang searah dengan populasi gulma itu sendiri.Dalam hal ini faktor yang paling nampak adalah perebutan penguasaan saranatumbuh, ruang gerak dan nutrisi antara tanaman dan gulma. Untuk itu pengendalian gulma penting dilakukan dalam penyelamatan produksi tanaman.Sebab, sebagian besar gulma mampu berkembang dengan cepat danmendominasi lahan. Apabila penguasaan sarana tumbuh dimenangkan olehgulma, maka pada umumnya tanaman akan mengalami gangguan fisiologis yang berakibat pada penurunan produksi atau bahkan kematian tanaman itu sendiri.Kematian tersebuat selain karena kesulitan mendapatkan nutrisi, ada jenis gulmatertentu yang mampu mengeluarkan enzim akar yang mampu merusak ataumeracuni tanaman. Kerusakan yang ditimbulkan gulma akan menentukan apakahgulma tersebut merupakan gulma penting atau bukan. Kerusakan tersebutumumnya memiliki hubungan dengan ambang ekonomi pertanian yang dapat berbeda pada setiap tanaman berdasarkan nilai ekonominya.Analisis vegetasi digunakan unutk mengetahui gulma ± gulma yangmemiliki kemampuan tinggi dalam penguasaan sarana tumbuh dan ruang hidup.Dalam hal ini, penguasaan sarana tumbuh pada umumnya menentukan gulmatersebut penting atau tidak. Namun dalam hal ini jenis tanaman memiliki peran penting, karena tanaman tertentu tidak akan terlalu terpengaruh oleh adanyagulma tertentu, meski dalam jumlah yang banyak.

Activity (83)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
rsaputera liked this
ANa Nikstar liked this
Wawan Satriawan liked this
Arien Cool liked this
Arien Cool liked this
Hanputamel Joeia liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->