Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Praktikum Java

Laporan Praktikum Java

Ratings: (0)|Views: 842|Likes:
Published by wahyufransa

More info:

Published by: wahyufransa on Oct 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2013

pdf

text

original

 
Laporan Praktikum
Mobile Programming
Oleh :Wahyu Fransa (1083072)IIIB/TI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKAPOLITEKNIK POS INDONESIABANDUNG2010
 
 
PENDAHULUAN
1.
 
Latar Belakang
Disini kita akan mendiskusikan karateristik dari perangkat mobile, dan bagaimana haltersebut mempengaruhi pengembangan program untuk perangkat ini. Kita akandiperkenalkan kepada Java 2 Mobile Edition (J2ME), termasuk pentingnya configuration danprofilenya.Adapun tujuan kita mempelajari ini adalah :1.
 
Mengidentifikasi karakteristik dari perangkat mobile.2.
 
Menjelaskan arsitektur J2ME.3.
 
Mengetahui peran atau aturan configuration dan profile.4.
 
Mengidentifikasi API yang disediakan oleh MIDP.
5.
 
Menjelaskan daur hidup MIDlet.
 
Adapun IDE (Integrated Development Environment) merupakan suatu pemrogramanyang memiliki GUI builder, text atau code editor, compiler dan interpreter dan debugger,sedangkan NetBeans Mobility Pack juga memiliki device emulator.Pada java MIDlet method starApp () di panggil lebih dari satu kali beda dengan program java lainnya dimana method main() hanya digunakan sekali.
 
Pengembangan Aplikasi Mobile
1.
 
Perangkat Mobile
Perangkat mobile memiliki banyak jenis dalam hal ukuran, desain dan layout, tetapimereka memiliki kesamaan karakteristik yang sangat berbeda dari sistem desktop.
a.
Ukuran yang kecilPerangkat mobile memiliki ukuran yang kecil. Konsumen menginginkanperangkat yang terkecil untuk kenyamanan dan mobilitas mereka.
b.
Memory yang terbatasPerangkat mobile juga memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dansecondary (disk). Pembatasan ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhipenulisan program untuk berbagai jenis dari perangkat ini. Dengan pembatasan jumlah dari memory,pertimbangan-pertimbangan khusus harus diambil untuk memelihara pemakaian dari sumber daya yang mahal ini.
c.
Daya proses yang terbatasSistem mobile tidaklah setangguh rekan mereka yaitu desktop. Ukuran, teknologidan biaya adalah beberapa faktor yang mempengaruhi status dari sumber daya ini.Seperti harddisk dan RAM, Anda dapat menemukan mereka dalam ukuran yangpas dengan sebuah kemasan kecil.
d.
Mengkonsumsi daya yang rendahPerangkat mobile menghabiskan sedikit daya dibandingkan dengan mesindesktop. Perangkat ini harus menghemat daya karena mereka berjalan padakeadaan dimana daya yang disediakan dibatasi oleh baterai-baterai.
e.
Kuat dan dapat diandalkanKarena perangkat mobile selalu dibawa kemana saja, mereka harus cukup kuatuntuk menghadapi benturan-benturan, gerakan, dan sesekali tetesan-tetesan air.
f.
Konektivitas yang terbatasPerangkat mobile memiliki bandwith rendah, beberapa dari mereka bahkan tidak tersambung. Kebanyakan dari mereka menggunakan koneksi wireless.
g.
Masa hidup yang pendek Perangkat-perangkat konsumen ini menyala dalam hitungan detik kebanyakan darimereka selalu menyala. Coba ambil kasus sebuah handphone, mereka bootingdalam hitungan detik dan kebanyakan orang tidak mematikan handphone merekabahkan ketika malam hari. PDA akan menyala jika anda menekan tombol powermereka.
2.
 
Gambaran J2ME
Java dibuat pada tahun 1991 oleh James Gosling. Pada awalnya diberi nama Oak,dimana untuk menghormati pohon yang ada di luar jendela Gosling. Kemudiannamanya diubah ke Java karena telah ada sebuah bahasa yang diberi nama Oak.Motivasi sesungguhnya dari Java adalah kebutuhan akan sebuah bahasa yang bisa

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->