Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
47Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Asuhan Keperawatan Lansia Dengan Depresi

Asuhan Keperawatan Lansia Dengan Depresi

Ratings: (0)|Views: 2,701 |Likes:
By: Trinoval Yanto Nugroho, S.Kep
Website: www.trinoval.web.id
By: Trinoval Yanto Nugroho, S.Kep
Website: www.trinoval.web.id

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Trinoval Yanto Nugroho, S.Kep on Oct 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/22/2013

pdf

text

original

 
1
ASUHAN KEPERAWATANPADA LANJUT USIA (LANSIA)DENGAN MASALAH PSIKOSOSIAL
I.
 
LATAR BELAKANGA.
 
LATAR BELAKANG PENULISANProses menua (aging) adalah proses alami yang disertai adanya penurunan kondisifisik, psikologis maupun sosial yang saling berinteraksi satu sama lain. Keadaan itucenderung berpotensi menimbulkan masalah kesehatan secara umum maupun kesehatan jiwa secara khusus pada lansia. Masalah kesehatan jiwa lansia termasuk juga dalammasalah kesehatan yang dibahas pada pasien-pasien Geriatri dan Psikogeriatri yangmerupakan bagian dari Gerontologi, yaitu ilmu yang mempelajari segala aspek danmasalah lansia, meliputi aspek fisiologis, psikologis, sosial, kultural, ekonomi dan lain-lain. Menurut Setiawan (1973), timbulnya perhatian pada orang-orang usia lanjutdikarenakan adanya sifat-sifat atau faktor-faktor khusus yang mempengaruhi kehidupan pada usia lanjut.Lansia merupakan salah satu fase kehidupan yang dialami oleh individu yang berumur panjang. Lansia tidak hanya meliputi aspek biologis, tetapi juga psikologis dansosial. Menurut Laksamana (1983:77), perubahan yang terjadi pada lansia dapat disebutsebagai perubahan `senesens` dan perubahan 'senilitas'. Perubahan `senesens' adalah perubahan-perubahan normal dan fisiologik akibat usia lanjut. Perubalian 'senilitas'adalah perubahan-perubahan patologik permanent dan disertai dengan makinmemburuknya kondisi badan pada usia lanjut. Sementara itu, perubahan yang dihadapilansia pada amumnya adalah pada bidang klinik, kesehatan jiwa dan problema bidangsosio ekonomi. Oleh karma itu lansia adalah kelompok dengan resiko tinggi terhadap problema fisik dan mental.Proses menua pada manusia merupakan fenomena yang tidak dapat dihindarkan.Seinakin baik pelayanan kesehatan sebuah bangsa makin tinggi pula harapan hidupmasyarakatnya dan padan gilirannya makin tinggi pula jumlah penduduknya yang berusia lanjut. Demikian pula di Indonesia.Dalam pendekatan pelayanan kesehatan pada kelompok lansia sangat perluditekankan pendekatan yang dapat mencakup sehat fisik, psikologis, spiritual dan sosial.Hal tersebut karena pendekatan dari satu aspek saja tidak akan menunjang pelayanankesehatan pada lansia yang membutuhkan suatu pelayanan yang komprehensif.Usia lansia bukan hanya dihadapkan pada permasalahan kesehatan jasmaniah saja,tapi juga permasalahan gangguan mental dalam menghadapi usia senja. Lansia sebagaitahap akhir dari siklus kehidupan manusia, sering diwarnai dengan kondisi hidup yang
 
2
 tidak sesuai dengan harapan. Banyak faktor yang menyebabkan seorang mengalamigangguan mental seperti depresi.Ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan jiwa lansia.Faktor-faktor tersebut hendaklah disikapi secara bijak sehingga para lansia dapatmenikmati hari tua mereka dengan bahagia. Adapun beberapa faktor yang dihadapi paralansia yang sangat mempengaruhi kesehatan jiwa mereka adalah sebagai berikut:1.
 
Penurunan kondisi fisik 
2
.
 
Penurunan fungsi dan potensi seksual3.
 
Perubahan aspek psikososial4.
 
Perubahan yang berkaitan dengan pekcrjaan5.
 
Perubahan dalam peran sosial di masyarakatB.
 
TUJUAN PENULISAN1.
 
TUJUAN PENULISAN UMUMTujuan penulisan umum dari makalah ini adalah untuk mengetahui konsep danasuhan keperawatan pada lansia dengan masalah psikososial.
2
.
 
TUJUAN PENULISAN KHUSUSTujuan penulisan khusus dari makalah ini adalah:a.
 
Untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada lansia. b.
 
Untuk mengetahui masalah yang sering muncul pada lansia.c.
 
Untuk mengetahui penanganan masalah yang sering muncul pada lansia secaraumum.d.
 
Untuk mengetahui fokus pengkajian masalah yang sering muncul pada lansia.e.
 
Untuk mengetahui diagnosa keperawatwi yang muncul pada lansia.f.
 
Untuk mengetahui intervensi keperawatan dalam menangani masalah yangsering muncul pada lansia.II.
 
KONSEPA.
 
PERUBAHAN YANG TERJADI PADA LANJUT USIA TERKAIT SISTEMPSIKOSOSIALPada umumnya setelah orang memasuki lansia maka ia mengalami penurunanfungsi kognitif dan psikomotor. Fungsi kognitif meliputi proses belajar, persepsi, pemahaman, pengertian, perhatian dan lain-lain sehingga menyebabkan reaksi dan perilaku lansia menjadi makin lambat. Sementara fungsi psikomotorik (konatif)meliputi hal-hal yang berhubungan dengan dorongan kehendak seperti gerakan,tindakan, koordinasi, yang berakibat bahwa lansia menjadi kurang cekatan.Dengan adanya penurunan kedua fungsi tersebut, lansia juga mengalami perubahanaspek psikososial yang berkaitan dengan keadaan kepribadian lansia. Beberapa
 
3 perubahan tersebut dapat dibedakan berdasarkan lima tipe kepribadian lansia sebagai berikut:1.
 
Tipe kepribadian konstruktif (construction personality), biasanya tipe ini tidak  banyak mengalami gejolak, tenang dan mantap sampai sangat tua.
2
.
 
Tipe kepribadian mandiri (independent personality), pada tipe ini adakecenderungan mengalami post power sindrome, apalagi jika pada masa lansiatidak diisi dengan kegiatan yang, dapat inernberikan otonomi pada dirinya.3.
 
Tipe kepribadian tergantung (dependent personality), pada tipe ini biasanya sangatdipengaruhi kehidupan keluarga, apabila kehidupan keluarga selalu harmonis maka pada masa lansia tidak bergejolak, tetapi jika pasangan hidup meninggal maka pasangan yang ditinggalkan akan menjadi merana, apalagi jika tidak segera bangkitdari kedukaannya.4.
 
Tipe kepribadian bermusuhan (hostility personality), pada tipe ini setelah memasukilansia tetap merasa tidak puns dengan kchiclupannya, banyak keingimin ywigkadang-kadang tidak diperhitungkan secara seksama sehingga menyebabkankondisi ekonominya meniadi morat-marit.5.
 
Tipe kepribadian kritik diri (self hate personality), pada lansia tipe ini umumnyaterlihat sengsarv, karena perilakunya sendiri sulit dibantu ormig lain atau cenderungmembuat susah dirinya.Lanjut usia secara psikososial yang dinyatakan krisis bila:1.
 
Ketergantungan pada orang lain (sangat memerlukan pelayanan orang lain).
2
.
 
Mengisolasi diri atau menarik diri dari kegiatan kemasyarakatan karena berbagaisebab, diantaranya setelah menjalani masa pensiun, setelah sakit cukup berat danlama, setelah kematian pasangan hidup dan lain-lain.B.
 
MASALAH YANG SERING MUNCUL1.
 
Depresia.
 
PengertianDepresi adalah suatu jenis keadaan perasaan atau emosi dengan komponen psikologis seperti rasa sedih, susah, merasa tidak berguna, gagal, putus asa dan penyesalan atau berbentuk penarikan diri, kegelisahan atau agitasi (AfdaWahywlingsih dan Sukamto). b.
 
Penyebab depresi pada lansia:1)
 
Penyakit fisik 
2
)
 
Penuaan3)
 
Kurangnya perhatian dari pihak keluarga4)
 
Gangguan pada otak (penyakit cerebrovaskular)

Activity (47)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
noni1016 liked this
Ikka Nurul liked this
Muhar Randi liked this
murianda liked this
Dewi Aristiana liked this
rejotangan liked this
dintols liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->