Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
47Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Batubara Dan Dampak Terhadap Lingkungan Dan Kesehatan

Batubara Dan Dampak Terhadap Lingkungan Dan Kesehatan

Ratings: (0)|Views: 12,318|Likes:
Published by Zainal Arifin

More info:

Published by: Zainal Arifin on Oct 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/17/2013

pdf

text

original

 
 Oleh :Zainal Arifin N (DBD 107 070)Andri Ertanto (DBD 107 000)Anton Dwei Gustian (DBD 107 000)Dampak yang ditimbulkan dari proses penambangan danpemanfaatan batubara secara umum, yang mencakupresiko dalam penambanganya dan dampak kesehatan sertadampak lingkungan.
Dampak Negatif Pertambangan DanPenggunaan Batubara
 
 
J
urusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Palangkaraya
   N   o   v   e   m    b   e   r   1 ,   2   0   1   0 
Debu Batubara Dan Dampak Terhadap Lingkungan Dan Kesehatan
Tidak dapat di pungkiri bahwa batubara adalah salah satu bahan tambang yang memiliki nilai ekonomisyang cukup tinggi. Indonesia adalah salah satu negara penghasil batubara terbesar no.2 setelah Australia(www.wikipedia.com) hingga tahun 2008. Total sumber daya batubara yang dimiliki Indonesia mencapai104.940 Milyar Ton dengan total cadangan sebesar 21.13 Milyar Ton. Hal ini memberikan efek yangnegatif maupun positif. Hal positifnya adalah bertambahnya devisa negara dari kegiatanpenambanganya, sedangkan dampak negatifnya adalah kerusakan ligngkungan dan masalah kesehatanyang ditimbulkan oleh proses penambangan dan penggunaannya.
Batubara dan produk buangannya, berupa abu ringan, abu berat, dan kerak sisa pembakaran,mengandung berbagai logam berat; seperti arsenik, timbal, merkuri, nikel, vanadium, berilium,kadmium, barium, cromium, tembaga, molibdenum, seng, selenium, dan radium, yang sangatberbahaya jika dibuang di lingkungan. Batubara juga mengandung uranium dalam konsentrasirendah, torium, dan isotop radioaktif yang terbentuk secara alami yang jika dibuang akanmengakibatkan kontaminasi radioaktif. Meskipun senyawa-senyawa ini terkandung dalamkonsentrasi rendah, namun akan memberi dampak signifikan jika dibung ke lingkungan dalam jumlah yang besar. Emisi merkuri ke lingkungan terkonsentrasi karena terus menerusberpindah melalui rantai makann dan dikonversi menjadi metilmerkuri, yang merupakansenyawa berbahaya dan membahayakan manusia. Terutama ketika mengkonsumsi ikan dari airyang terkontaminasi merkuri.
Kali ini kami akan mencoba mengupas mengenai dampak negatif yang ditimbulkan oleh kegiatanpenambangan dan pemanfaatan dari batubara. Bila berbicara mengenai dampak negatif dari batubarapasti kita langsung mengacu pada gas yang di timbulkan oleh kegiatan penambangnya, tidak lama iniledakan terjadi di tambang dalam sawah lunto, yang disebabkan oleh munculnya gas yang timbul dariproses penambangan. Namun dari semua hal itu masih banyak lagi tentang dampak negatif mengenaibatubara.Dampak pada kesehatan manusia:1.
 
Debu yang mengandung mineral dengan arsen, timah hitam, logam berat lainnya, senyawaorganik,dsb.2.
 
Emisi gas pada pembakaran batubara (CO, CO2, SO2, NO2 dan senyawa organik,dsb.)3.
 
Air limbah yang bersangkutan dengan pertambangan dan air lindi (? leachates) padapenimbunan batubara.
 
J
urusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Palangkaraya
   N   o   v   e   m    b   e   r   1 ,   2   0   1   0 
G
as Batubara
gas batubara,
gas campuran-terutama hidrogen, metana, dan karbon monoksida terbentuk daripenyulingan destruktif 
(yaitu,
pemanas di tanpa udara) dari batubara bitumen dan digunakan sebagaibahan bakar. Kadang-kadang uap ditambahkan untuk bereaksi dengan kokas panas, sehinggameningkatkan hasil gas. Batubara tar dan kokas diperoleh sebagai produk sampingan.
atubara mayoritas tersusun dari karbon (C), dan komponen kecil lainnya seperti belerang (S),oksigen (O) dan hidrogen (H). Reaksi antara batubara dan udara akan menghasilkan karbondioksida (merupakan komponen utama gas rumah kaca) dan air pada kondisi pembakaransempurna, bersama dengan belerang, terutama belerang dioksida SO
2
dan berbagai macamnitrogen oksida lainnya (NO
x
). Karena hidrogen dan nitrogen merupakan komponen penyusunudara, hidrida dan nitrida dari karbon dan belerang juga diproduksi selama pembakaranbatubara. Ini juga termasuk hidrogen sianida (HCN), belerang nitrat (SNO
3
) and berbagaisenyawa beracun lainnya.

Activity (47)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Putra Green Cool liked this
Ratna Rosita liked this
Nuril Iman liked this
Fmuhar liked this
fajargumilang liked this
Dwi Beuty R H liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->