Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manusia Dan Keindahan

Manusia Dan Keindahan

Ratings: (0)|Views: 384 |Likes:
Published by Yusti Thya

More info:

Published by: Yusti Thya on Oct 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/26/2012

pdf

text

original

 
Manusia dan Keindahan
Pengertian Keindahan
Kebutuhan diciptakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya, terutamakebutuhan fisiknya. Setelah itu barulah manusia akan mencari atau memenuhi kebutuhan psikisnya yangtercukupi melalui rasa indah (seni:rasa indah). Pada umunya seni atau kesenian dapat dinikmati olehmanusia melaui dua macam indranya, yaitu indra mata dan indra telinga atau kedua-duanya.Keindahan dalam hubungannya dengan kedua macam indra itu, dibedakan atas tiga macam, yaituseni rupa, seni suara, dan seni pertunjukan, seperti yang dijelaskan berikut ini.a.
 
Seni RupaMerupakan kesenian yang dapat dinikmati dengan indra mata sehingga sifatnya visual.Wujudnya antara lain seni bangunan, seni relif, atau ukuran timbul, seni lukis dan seni rias. b.
 
Seni SuaraMerupakan kesenian yang dapat dinikmati melalui indra teliga sehingga sifatnya audio.Wujudnya antara lain seni vokal seni instrumental, dan seni sastra lisan.c.
 
Seni PertunjukanKesenian yang dapat dinikmati dengan indra mata dan telinga secara bersamaan sehingga bersifat audiovisual. Wujudnya antara lain seni tari, seni drama, dan seni film.
Perkembangan Kesenian
Seperti halnya kehidupan msnusia yang selalu tumbuh dan berkembang, kesenian sebagai salahsatu wujud dari karya manusia, mengalami nasib yang sama, tumbuh dan berkembang. Dalam perkerkembangannya, kesenian dapat dibedakan berdasarkan waktu, lokasi, dan paham (aliran).
Perkembangan Kesenian atas Dasar Waktu
Perkembangan kesenian atas dasar waktu,pada umumnya dapat dibedakan atas tiga zaman.Dalam hal ini, pembatasan zaman untuk setiap bangsa tidak sama,bergantung dari sejarahnya.
1)
 
 Zaman Kuno
Memiliki sifat-sifat tradisional bercirikan sifat-sifat sebagai berikuta)
 
Meniru alam (
mimetic
), sehingga seni sangat mirip atau dipengaruhi oleh alam. b)
 
A
danya keselarasan bersifat statis,yaitu keselarasan dengan alam sebagai lingkungandan perkembangannya sangat lambat.c)
 
Dengan semboyan
l¶ 
art pour 
l¶ 
art 
yaitu seni untuk seni. Dalam artian seni tidak bolehdikorbankan untuk kepentingan lain, misalnya untuk dijual dan dipolitisikan.
 
2
 )
 
 Zaman Tengah
Memiliki sifat peralihan antara zaman kuno dengan zaman modern, sehingga memilikiciri-ciri antara kedua zaman tersebut. Misalnya antara tiruan alam dan ciptaan manusia,antara statis dan dinamis, dan diantara seni untuk keperluan seni dan untuk keperluanmanusia.
3
 )
 
 Zaman Modern
a)
 
Merupakan ekspresi manusia, dalam hal ini manusia sebagai homo creator bebasUntuk menciptakan sesuatu dengan dirinya dan sejauh mungkin lepas dari alam. b)
 
A
danya semacam kejutan yang dinamik, jadi bertentangan dengan sifat keselarasansebagai cirri zaman kuno sehingga dapatlah diciptakan sesuatu yang baru.c)
 
Memiliki semboyan
l¶ 
art pour 
l¶ 
homme
, yaitu seni untuk manusia. Sehingga senidapat di ekspos untuk kebutuhan manusia.
Perkembangan Kesenian atas Dasar Tempat dan Lokasi
Perkembangan kesenian menurt tempat dan lokasi juga dapat mempengaruhi ataumembedakan satu kesnian dengan kesenian lainnya. Namun perbedaan itu juga tidak terlepasoleh perbedaan waktu,sehingga perkembangan menurut tempat dapat juga menggambarkan perbedaan menurut waktu.Berikut ini tiga jenis perkembangan kesenian atas dasar tempat dan lokasi
1)
 
 Kesenian Rakyat 
Merupakan seni tertua di Indonesia, seni ini juga disebut seni daerah karna mesih asliatau belum tercampur dengan kesenian lainnya. Kesenian rakyat umumnya terdapatdiperdesaan atau kota kecil yang secara sosiologi dijawa disebut wong cilik dan padaumumnya berpencaharian dalam bidang pertanian.contohnya adalah kuda lumping dari jawa,lenong dari Jakarta,ludruk dari Surabaya, dan randai dari Minangkabau.Beberapa cirri kesenian rakyat adalah sebagai berikut,a)
 
Kesenian rakyat merupakan ekspresi-kolektif masyarakat tingkat rendah b)
 
Pertunjukannya diadakan sangat sederhanac)
 
A
rena yang dipergunakan adalah lapangan terbukad)
 
Kesenian rakyat bersifat improvisasi atau spontanWalaupun kesenian rakyat dikatakan sederhana karena lahir dari rakyat yang sederhana,tetapi memiliki beberapa fungsi. Diantaranya adalah sebagai berikut.a)
 
Untuk memberikan hiburan, khususnya pada masyarakat yang sederhana. b)
 
Keperluan upacara adat yang pada waktu tertentu wajib diselenggarakan. Ini bertujuanuntuk ³membujuk´ kekuatan gaib agar memeenuhi kehendak masyarakat yangmenyelenggarakan.c)
 
Merupakan media pendidikan yang bersifat informal, terutama dibawakan dalam bentuk cerita yang didalamnya terdapat nasihat, larangan-larangan, dan lain-lain.
 
Kesenian rakyat di Indonesia pada zaman ini sudah mulai tergeser akibat masuknya budayaluar. Untuk memelihara kesenian rakyat, kita sebagai generasi muda harus tahu dan wajibmelestarikan budaya nenek moyang kita.
2
 )
 
 Kesenian Keraton
Merupakan kesenian yang berkembang di keraton, istana raja. Pendukungnya adalah raja, bangsawan maupun priayi.Beberapa cirri-ciri kesenian keratona)
 
A
rena yang digunakan adalah pendopo, yang hanya diperuntukan untuk kaum bangsawansaja, atau kalau tidak sampai kepada kaum priayi. b)
 
Penyajian pertunjukannya juga bersifat megah (kadar artistik tinggi)c)
 
Keraton sebagai makro kosmos memberikan pancaran kewilayah kerajaan dan rakyatnyasebagai mikro kosmos, sehingga wibawa raja lebih terasa.d)
 
Dengan penonton yang cukup beradab, pertunjukan kesenian kraton cenderung sacraldari pada sekedar hiburan saja.Beberapa contoh dari kesenian keraton dalam wujud tari, misalnya tari srimpi dan bedoyoketawang. Sedangkan dalam bentuk teater misalnya wayang orang dan ketoprak. Keseniankeraton juga mengalami kemunduran seperti kesenian rakyat akibat zaman yang telah berubah.
3
 )
 
 Kesenian kota
Kesenian atau teater kota merupakan kesenian yang berkembang dikota, terutama setelahkota-kota Indonesia menjadi pusat kegiatan perdagangan maupun pemerintahan. Teater kotaini ditunjukan untuk menghibur masyaraakat setelah seharian bekerja keras, jadi teater ataukesenian kota ini sangatmemiliki tujuan komersil.Beberapa ciri-ciri teater kotaa)
 
A
rena yang dipergunakan adalah gedung pertunjukan. b)
 
Penyajian serba kontemporer karena kota memiliki pengaruh besar dari dunia luar, baik dari segi sarannya maupun penyajian pertunjukan tersebut.c)
 
Materi yang disajikan pada umumnya adalah
cerita yang hidup da
am masyarakat 
yangdiberi problematik.d)
 
A
ntara pemain dan penonton
tidak terdapat komunikasi
, karena pemain telah ditentukanoleh perannya masing-masing.Indonesia sebagai Negara yang sedang berkembang, masyarakat belum sepenuhnyadapat meninggalkan ciri-ciri atau wujud yang tradisional,sehingga dikota-kota, berkembang wujud kesenian yang merupakan kesenian traisional dan modern.Misalnya, wayang orang dari Sriwedari di Solo, dan srimulat di Jakarta yang asalnya dariludruk.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->