Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ilmu Pendidikan Islam Menurut Para Ahli

Ilmu Pendidikan Islam Menurut Para Ahli

Ratings: (0)|Views: 1,584 |Likes:
Published by bagonk kusudaryanto
ILMU PENDIDIKAN ISLAM
ILMU PENDIDIKAN ISLAM

More info:

Published by: bagonk kusudaryanto on Oct 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/19/2012

pdf

text

original

 
ILMU PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM
Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Menurut Langgulung pendidikan Islam tercakupdalam delapan pengertian, yaitu At-Tarbiyyah Ad-Din (Pendidikan keagamaan), At-Ta¶limfil Islamy (pengajaran keislaman), Tarbiyyah Al-Muslimin (Pendidikan orang-orang islam),At-tarbiyyah fil Islam (Pendidikan dalam islam), At-Tarbiyyah µinda Muslimin (pendidikandikalangan Orang-orang Islam), dan At-Tarbiyyah Al-Islamiyyah (Pendidikan Islami).Arti pendidikan Islam itu sendiri adalah pendidikan yang berdasarkan Islam. Isi ilmu adalahteori. Isi ilmu bumi adalah teori tentang bumi. Maka isi Ilmu pendidikan adalah teori-teoritentang pendidikan, Ilmu pendidikan Islam secara lengkap isi suatu ilmu bukanlah hanyateori.Hakikat manusia menurut Islam adalah makhluk (ciptaan) Tuhan, hakikat wujudnya bahwamanusia adalah mahkluk yang perkembangannya dipengaruhi oleh pembawaan danlingkungan.Manusia sempurna menurut Islam adalah jasmani yang sehat serta kuat dan Berketerampilan,cerdas serta pandai.Tujuan umum pendidikan Islam ialah terwujudnya manusia sebagai hamba Allah. Jadimenurut Islam, pendidikan haruslah menjadikan seluruh manusia yang menghambakankepada Allah. Yang dimaksud menghambakan diri ialah beribadah kepada Allah.
A. Pendidikan Dalam Perspektif Islam
Pengertian pendidik adalah orang dewasa yang bertanggung jawab memberi bimbingan atau bantuan kepada anak didik dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar mencapaikedewasaan. Pendidik Islam ialah Individu yang melaksanakan tindakan mendidik secaraIslami dalam situasi pendidikan islam untuk mencapai tujuan yang diharapkan.Menurut Langgulung (1997), pendidikan Islam tercakup dalam delapan pengertian, yaitu At-Tarbiyyah Ad-Din (Pendidikan keagamaan), At-Ta¶lim fil Islamy (pengajaran keislaman),Tarbiyyah Al-Muslimin (Pendidikan orang-orang islam), At-tarbiyyah fil Islam (Pendidikandalam islam), At-Tarbiyyah µinda Muslimin (pendidikan dikalangan Orang-orang Islam), danAt-Tarbiyyah Al-Islamiyyah (Pendidikan Islami).
 
Pendidik Islam ialah Individu yang melaksanakan tindakan mendidik secara Islami dalamsituasi pendidikan islam untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Para ahli pendidikan lebihmenyoroti istilah-istilah dari aspek perbedaan antara tarbiyyah dan ta¶lim, atau antara pendidikan dan pengajaran. Dan dikalangan penulis Indonesia, istilah pendidikan biasanyalebih diarahkan pada pembinaan watak, moral, sikap atau kepribadian, atau lebih mengarahkepada afektif, sementara pengajaran lebih diarahkan pada penguasaan ilmu pengetahuanatau menonjolkan dimensi kognitif dan psikomotor.Pengertian pendidikan bahkan lebih diperluas cakupannya sebagai aktivitas dan fenomena.Pendidikan sebagai aktivitas berarti upaya yang secara sadar dirancang untuk membantuseseorang atau sekelompok orang dalam mengembangkan pandangan hidup, sikap hidup, danketerampilan hidup, baik yang bersifat manual (petunjuk praktis) maupun mental, dan sosialsedangkan pendidikan sebagai fenomena adalah peristiwa perjumpaan antara dua orang ataulebih yang dampaknya ialah berkembangnya suatu pandangan hidup, sikap hidup, atauketerampilan hidup pada salah satu atau beberapa pihak, yang kedua pengertian ini harus bernafaskan atau dijiwai oleh ajaran dan nilai-nilai Islam yang bersumber dari al Qur¶an danSunnah (Hadist). Menurut Prof. Dr. Mohammad Athiyah al Abrasyi pendidik itu ada tigamacam :1. Pendidikan KuttabPendidikan ini ialah yang mengajarkan al Qu¶ran kepada anak-anak dikuttab. Sebagiandiantara mereka hanya berpengetahuan sekedar pandai membaca, menulis dan menghafal alQur¶an semata.2. Pendidikan UmumIalah pendidikan pada umumnya, yang mengajarkan dilembaga-lembaga pendidikan danmengelola atau melaksanakan pendidikan Islam secara formal sperti madrasah-madrasah, pondok pesantren ataupun informal seperti didalam keluarga.3. Pendidikan KhususAdalah pendidikan secara privat yang diberikan secara khusus kepada satu orang atau lebihdari seorang anak pembesar kerajaan (pejabat) dan lainnya.
 
B
. Defenisi Ilmu Pendidikan Islam
Ilmu Pendidikan Islam adalah ilmu pendidikan yang berdasarkan Islam. Isi ilmu adalah teori.Isi ilmu bumi adalah teori tentang bumi. Maka isi Ilmu pendidikan adalah teori-teori tentang pendidikan, Ilmu pendidikan Islam secara lengkap isi suatu ilmu bukanlah hanya teori, tetapiisi lain juga ada ialah :1. Teori.2. Penjelasan tentang teori itu.3. Data yang mendukung tentang penjelasan itu.Islam adalah nama Agama yang dibawa oleh nabi Muhammad saw, yang berisi seperangkatajaran tentang kehidupan manusia ; ajaran itu dirumuskan berdasarkan dan bersumber pada alQur¶an dan hadist serta aqal. Penggunaan dasarnya haruslah berurutan :al Qur¶an lebihdahulu ; bila tidak ada atau tidak jelas dalam al Qur¶an maka harus dicari dalam hadist ; bilatidak ada atau tidak jelas didalam hadist, barulah digunakan aqal (pemikiran), tetapi temuanaqal tidak boleh bertentangan dengan jiwa al Qur¶an dan hadist.
C. Tujuan Umum Pendidikan Manusia1. Hakikat manusia menurut Islam
Manusia adalah makhluk (ciptaan) Tuhan, hakikat wujudnya bahwa manusia adalah mahkluk yang perkembangannya dipengaruhi oleh pembawaan dan lingkungan.Dalam teori pendidikan lama, yang dikembangkan didunia barat, dikatakan bahwa perkembangannya seseorang hanya dipengaruhi oleh pembawaan (nativisme) sebagailawannya berkembang pula teori yang mengajarkan bahwa perkembangan seseorang hanyaditentukan oleh lingkungannya (empirisme), sebagai sintesisnya dikembangkan teori ketigayang mengatakan bahwa perkembangan seseorang ditentukan oleh pembawaan danlingkungannya (konvergensi)Manusia adalah makhluk utuh yang terdiri atas jasmani, akal, dan rohani sebagai potensi pokok, manusia yang mempunyai aspek jasmani, disebutkan dalam surah al Qashash ayat :77 :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->