Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perilaku_konsumen

Perilaku_konsumen

Ratings: (0)|Views: 334 |Likes:
Published by Nuu Nurul Aiyuda

More info:

Published by: Nuu Nurul Aiyuda on Nov 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/05/2011

pdf

text

original

 
Perilaku Konsumen
109
 
V
 
ANALISIS KONSUMEN DANSTRATEGI PEMASARAN
PENDAHULUANDiskripsi Materi Kuliah
Bab ini berisi penjelasan mengenai keterkaitan analisis konsumen denganstrategi pemasaran. Materi yang akan dibahas adalah segmentasi dan positioning,strategi produk, promosi, harga, dan distribusi.
Relevansi Materi Kuliah
Setelah membaca Bab ini para mahasiswa diharapkan dapat memilikikompetensi berupa; mampu menjelaskan cara melakukan segmentasi danpositioning, memahami keterkaitan antara strategi pemasaran dengan analisiskonsumen.
Tujuan Instruksional Khusus
1. Mahasiswa dapat menjelaskan cara melakukan positioning2. Mahasiswa dapat menjelaskan perilaku konsumen dan strategi produk 3. Mahasiswa dapat menjelaskan perilaku konsumen dan stategi promosi4. Mahasiswa dapat menjelaskan perilaku konsumen dan strategi harga5. Mahasiswa dapat menjelaskan perilaku konsumen dan strategi distribusi
A. SEGMENTASI DAN POSITIONING
Alasan utama mempelajari perilaku konsumen adalah:Untuk mengetahui dasar-dasar pensegmentasian yang efektif.
Logika dari segmentasi pasar
:
 
Perilaku Konsumen
110
 
tujuan pembelian, pengetahuan produk, keterlibatan dan perilaku pembeliankonsumen sangat berbeda-beda dan pemasar yang berhasil seringkalimengadaptasi strategi pemasarannya agar dapat menarik kelompok konsumen tertentu.
Sebuah produk yang sederhanapun seperti permen karet harus dalamberbagai cita rasa, ukuran kemasan, kandungan gula, kalori, konsistensidan warna untuk dapat menarik konsumen berbeda-beda.
Segmentasi pasar
yaitu :Proses memilah suatu pasar menjadigrup-grup yang berisikan konsumen yangsejenis dan memilih grup dan individu yang paling tepat untuk dilayani perush.Tugas yang dilakukan dalam segmentasi pasarMendesain strategibauran pemasaranMemilih strategisegmentasiMengembangkanposisi produk Meneliti dasar-dasarsegmentasiMenganalisis hubkonsumen produk 
1. Menganalisis hubungan konsumen produk
Kegiatan ini membutuhkan analisis thd afeksi dan kognisi, perilaku danlingkungan yang dilibatkan dalamproses pembelian/pengkonsumsian suatu produk ttt.Ada 3 pendekatan :
 
Perilaku Konsumen
111
 
a. para manajer pemasaran melakukan urun rembuk membahas tentang konsepproduk,mencari tahu konsumen yang bagaimana yang akan membeli danmenggunakan produk tsb dan apakah yang membedakan mereka dari oranglainnya yang kurang begitu ingin membelib. Grup fokus dan jenis-jenis penelitian primer lainnya dapat digunakan untuk mengetahui perbedaan ciri-ciri, manfaat dan tata nilai dari berbagai pasarpotensial yang adac. Penelitian sekunder dapat digunakan untuk mengetahui lebih jauh lagiperbedaab dari pasar-pasar sasaran potensial,menentukan ukuran relatif pasartsb, dan mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang konsumen dariproduk tsb atau produk sejenis lainnya.
Analisis lebih mendalam pada setiap pasar tsb dapat memberikan masukantentang peluang-peluang pasar yang dapat digali.
Pasar barang mewah adalah mereka yang mencari produk berkualitas tertinggi(dan sering harga tertinggi) yang tersedia. Produk 2x tertentu bagi konsumendipasar tsb sering kali memiliki makna yang sangat penting sbagi perwujudancita rasa yang baik,keahlian dan status.
Bagi konsumen dalam pasar demikian, afeksi dan kognisi (perasaan tentangdan makna dari produk), perilaku (kegiatan belanja) dan lingkungan (kontak informasi dan toko) berbeda dengan konsumen untuk pasar massal.
Menganalisis perpebadaan pada konsumen juga sangat dibutuhkan terutamapada saat perusahaan sedang mencari pasar sasaran baru.
Perbedaan kognisi konsumen berkenaan dengan harga produk dapatmengakibatkan perubahan dalam strategi pemasaran dan pada lingkunganyang membawa pada suatu perubahan dalam perilaku konsumen.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Kemas Farosi liked this
Kemas Farosi liked this
Nuu Nurul Aiyuda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->