Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
247Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
FENOMENA TAWURAN ANTAR PELAJAR

FENOMENA TAWURAN ANTAR PELAJAR

Ratings:

4.76

(66)
|Views: 64,586 |Likes:
Published by cokbin

More info:

Published by: cokbin on Jul 23, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2013

pdf

text

original

 
I Nyoman Bayu W1
2008
TAWURAN ANTAR PELAJAR
Maraknya tingkah laku agresif akhir-akhir ini yang dilakukan kelompok remajakota merupakan sebuah kajian yang menarik untuk dibahas. Perkelahian antar pelajaryang pada umumnya masih remaja sangat merugikan dan perlu upaya untuk mencarijalan keluar dari masalah ini atau setidaknya mengurangi.
TUJUAN
Tujuan pembahasan ini adalah mengetahui rangsangan atau pengaruh terhadapagresivitas yang dilakukan oleh remaja kota, membahas pengaruh identitas kelompok yang sangat kuat yang menyebabkan timbul sikap negatif dan mengeksklusifkankelompok lain, mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang memicu perilaku remaja kotaserta mencari penanggulangan yang tepat dalam menyikapi kenakalan remaja kota.Selain itu tujuan dari pada studi kasus sekarang ini secara umum adalah untuk menjelaskan fenomena tawuran antar pelajar baik dari segi atau faktor yangmenyebabkan tawuran pelajar, motivasi para pelajar untuk ikut tawuran, danbagaimana peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam menghambat kekerasanyang ada di kalangan pelajar saat ini.
URAIAN KASUS
MOJOKERTO - Tawuran pelajar mewarnai pertandingan sepak bola antar siswaSMP di lapangan SMA Negeri Sooko. Akibat tawuran massal, dua pelajar SMP terluka.Lapangan SMA Negeri I Sooko dijejali dengan supporter sepak bola dari SMP Negeri ISooko dan SMP Negeri I Gondang Kab Mojokerto. Dua sekolah tersebut bertanding sepak bola untuk memperingati hari Pendidikan Nasional. Awalnya, pertandingan ini tampak menyenangkan. Bahkan, dukungan darimasing-masing supporter tampak membuat pertandingan itu meriah, namun kondusif.
 
I Nyoman Bayu W2
2008
Namun kondisi ini tiba-tiba berubah menjadi kacau saat bola yang ditendang salah satupemain dari SMPN I Sooko bersarang di gawang SMPN I Gondang.Gol pertama itu membuat sejumlah suporter dari SMPN I Sooko kegirangan. Saat meluapkan kegembiraan itu, salah satu suppoter SMPN I Sooko, Bagas Toni, 15,melempar tasnya hingga masuk ke lapangan sepak bola. Rupanya, ulah Bagas inimembuat salah pemain SMPN I Gondang panas. Saat mengambil tasnya, Bagas tiba-tibadipukul salah satu pemain SMPN I Gondang yang sedang emosi.Beberapa kali pululan mendarat di muka siswa ini. Beberapa pemain SMPN IGondang lainnya juga tak kalah marahnya. Beberapa diantara mereka juga ikut memukuli korban hingga terjatuh tak berdaya.Sementara melihat kejadian itu, sejumlah supporter dari SMPN Sooko tak terima.Beberapa siswa langsung ikut turun ke lapangan untuk memberikan pertolongankepada korban dan melawan pemain brutal itu. Tawuran massal pun pecah, hinggabeberapa saat, para guru yang ikut mengantarkan muridnya, berhasil melerai tawuranmassal ini. Akibat pukulan beruntun itu, Bagas mengalami luka memar pada bagian kepala,mulut, pelipis mata kanan dan pipi.
WHAT
 Apakah perilaku pelajar sekarang telah menjadi semakin anarkis seiring perkembanganteknologi sekarang ini ?Maraknya tingkah laku agresif akhir-akhir ini yang dilakukan kelompok remajakota merupakan sebuah kajian yang menarik untuk dibahas. Perkelahian antar pelajaryang pada umumnya masih remaja sangat merugikan dan perlu upaya untuk mencarijalan keluar dari masalah ini atau setidaknya mengurangi. Perkembangan teknologi yangterpusat pada kota-kota besar mempunyai korelasi yang erat dengan meningkatnyaperilaku agresif yang dilakukan oleh remaja kota.
 
I Nyoman Bayu W3
2008
Di jaman yang serba instan ini menyebabkan kesenjangan antara kaya dan miskinsemakin jelas bedanya. bisa saja seorang pelajar melampiaskan kekesalannya karenatidak mempunyai sesuatu dengan mencuri atau merampas atau dengan cara yang lain.Di beberapa tahun ini kecenderungan tersebut meningkat dari hanya sebatas personalmenjadi identitas kelompok yang berakibat maraknya tawuran, kerusuhan, dan lainsebagainya.Karena mungkin adanya keinginan yang tak terpenuhi, sehingga beberapa pelajarcenderung bertindak anarkis. Mereka biasanya melakukan tawuran hanya dikarenakanalasan alasan yang sepele seperti saling mengejek, rebutan suatu barang, rebutan pacar,dan lain sebagainnya.
WHEN
Kapan biasanya pelajar melakukan tawuran?1. Saat pertandingan bola antar sekolahIni adalah hal yang kerap sekali terjadi ketika tim sepakbola satu sekolah kalah, makasuporternya akan melakukan kerusuhan terhadap lawannya yang akan menyebabkanterjadinya kerusuhan antar suporter sepakbola kedua sekolah tersebut.2. Saat Ulang tahun sekolahKetika sebuah sekolah berulang tahun, para siswa merayakannya denganmenggelar kegiatan pensi atau pentas seni. Pada pensi ini biasanya menggelar suatupergelaran konser. Di tengah- tengah konser tersebut biasanya penyusup dari siswaSMA lain membuat rusuh dan menyebabkan terjadinya perkelahian di antara penontonpensi tersebut.3. Menjelang hari libur panjangSaat sehari menjelang hari libur, para siswa juga merencanakan penyerangan keberbagai sekolah lain yang dianggap sebagai musuh sekolah tersebut.

Activity (247)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
1 hundred thousand reads
terimakasih :)
Nadeyaa Dhea liked this
pascal yulianto liked this
Hendrik Alfarisi liked this
Kiki Ncc liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->