Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Statistik Untuk Ekonomi Keuangan Modern

Statistik Untuk Ekonomi Keuangan Modern

Ratings: (0)|Views: 1,795|Likes:
Published by As'ad Anil Ma'ruf

More info:

Published by: As'ad Anil Ma'ruf on Nov 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/21/2013

pdf

text

original

 
STATISTIK UNTUK EKONOMI KEUANGAN MODERNBAB 1
 Statistika
adalah ilmu mengumpulkan, menata, menyajikan, menganalisis danmenginterprestasikan data menjadi informasi untuk membantu pengambilankeputusan yang efektif.
 Statistik 
adalah suatu kumpulan angka yang tersusun lebih dari satu angka.
 Statistika Deskriptif 
 
adalah metode statistika yang digunakan untumenggambarkan atau mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan menjadisebuah informasi.
 Statistika Induktif 
adalah metode yang digunakan untuk mengetahui tentangsebuah populasi berdasarkan suatu sampel atau contoh dengan menganalisisdan menginterprestasikan data menjadi sebuah kesimpulan.
 Pengertian Populasi dan Sampel 
. Populasi adalah sebuah kumpulan darisemua kemungkinan orang-orang, benda-benda dan ukuran lain dari objek yang menjadi perhatian. Sampel adalah suatu bagian dari populasi tertentuyang menjadi perhatian.
 Jenis-jenis Variabel 
a.Variabel kualtiatif adalah data yang diperoleh dari sampel atau populasi berupa data kualitatif, data bukan berupa angka.
 
 b.Variabel kuantitatif adalah data yang diperoleh dari sampel atau populasi berupa data kuantitatif, data berupa angka.
c.
Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian.d.Data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber lain yang sudahdipublikasikan.
 Sumber Data
a. Untuk data sekunder dapat diperoleh dari sumber data sepertiBPS, Bank Indonesia, majalah, jurnal, atau melihat dari websiteyang ada.a. Untuk data primer diperoleh dengan wawancara langsung,wawancara tidak langsung dan pengiriman kuisioner.
 Skala Pengukuran
a. Skala nominal adalah angka yang diberikan kepada obyek mempunyai arti sebagai label saja, dan tidak menunjukkantingkatan apa-apa. b. Skala ordinal adalah angka yang diberikan di mana angka-angka tersebut mengandung pengertian tingkatan.c.Skala interval adalah suatu skala pemberian angka pada obyek yang mempunyai sifat ukuran ordinal dan mempunyai jarak atauinterval yang sama.
d.
Skala rasio adalah skala yang memiliki nilai nol dan rasio dua nilaiyang memiliki arti.
Bab 2
 
 Penyajian Data.
Penyelesaian terhadap suatu permasalahan dilakukan denganmengumpulkan data, menata data, menyajikan data, dan melakukan penarikankesimpulan.
 Pengertian Distribusi Frekuensi.
Distribusi frekuensi adalah penataan datadengan mengelompokkan data ke dalam kategori yang sama dengan tujuanagar data lebih informatif dan mudah dipahami untuk pengambilan keputusan.
 Langkah-langkah dalam membuat distribusi frekuensi 
adalah:a. Menentukan jumlah kelas dengan menggunakan rumus sturges: Jumlahkelas k = 1 + 3,322 log n di mana k= jumlah kelas dan n adalah jumlah data. Jumlah kelas minimal mengikuti aturan 2
> n. b. Menentukan interval kelas yaitu (nilai tertinggi – nilai terendah) / jumlah kelas.c. Melakukan penturusan yaitu memasukkan data ke dalam interval kelasyang ada.
 Ketentuan dalam menyusun distribusi frekuensi 
adalah:a.Tidak ada kelas yang tumpang tindih, b.Setiap data hanya dapat masuk ke dalam satu kelas,c.Setiap interval kelas harus mempunyai ukuran yang sama,d.Jumlah kelas diusahakan minimal 5 dan tidak lebih 15 kelas.
 Penyajian data
dapat dilakukan dengan membuat grafik seperti histogram, poligon dan ogif. Histogram menghubungkan antara interval kelas denganfrekuensi, poligon menhubungkan antara nilai tengah kelas dengan frekuensi,sedang ogif menghubungkan antara interval kelas dengan frekuensi kumulatif.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->