Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
129Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pembuatan larutan

pembuatan larutan

Ratings: (0)|Views: 17,615|Likes:
Published by Aswar
kimia dasar
kimia dasar

More info:

Published by: Aswar on Nov 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/29/2013

pdf

text

original

 
BAB 1PENDAHULUAN
1.1Latar Belakang
Dalam Ilmu kimia sering dijumpai berbagai jenis larutan. Larutan –larutan tersebut mewrupakan campuran dari dua bahan atau zat yangberbeda baik dari bahan cair maupun padat. Setiap larutan yang dibuatpasti mempunyai kepekatan atau konsentrasi tertentu. KonsentrasianKepekatan itu disetiap larutan yang dibuat larutan dapat denganditentukan secara Kuantitatif dengan suatu perhitungan.Sebelum membuat larutan dengan diharuskan tahu dulu alat –alatyang yang digunakan dalam membuat larutan, seperti gelas Kimia,Batang Pengadule, Labu Takar, Neraca analitik dan lain – lain. Alat alat tersebut akan membantu untuk membuat suatu larutan dengankonsentrasi atau kepekatan sesuai degan kebutuhan.Diharapkan dengan diadakannya percobaan ini dapat lebih trampillagi dalam percobaan pembuatan larutan, Selain itu diharapkan dapatmengetahui, mengerti, dan memahami pokok bahasan tentangpercobaan ini.
1.2. tujuan Percobaan
a.
Memahami dasar pembuatan larutan – larutan dengan perhitunganMolaritas.b.Molaritas dasar (Cara Prosedur) pengenceran larutanc.Mengetahui dan mendapatkan larutan homogen dan heterogen.
2
 
BAB 2TINJAUAN PUSTAKA
Larutan merupakan campuran homogen dari molekul, atom atauion dari zat atau lebih. Larutan merupakan campuran karena susunannyadapat berubah ubah. Larutan ada yang homogen dan ada yangheterogen. Larutan homogen yaitu susunanannya begitu seragam.Sehingga tidak dapat diamati adanya bagian – bagian yang berlainan.Larutan heterogen pada permukaan – permukaan tertentu tertentu dapatdideksi antara bagian – bagian terpisah.Cairan merupakan salah satu komponen (penyusun) larutansebelum campuran ini dibuat cairan ini disebut medium pelarut umumnyaberwujud cair dan yang biasa digunakan adalah H
2
O (airdan yangbiasanya komponen yang jumlahnya terbanyak dalam suatu campurnyadianggap sebagai pelarut. Zat pelarut umumnya brwujud cair dan yangbiasa digunakan adalah H
2
O (air), sedangkan Zat yang terlarut adalahdisebut zat terlarut.Secara teoritis bila kita tinjau dari definisi larutan, yaitu :Bila Solven (Zat Pelarut) : Suatu cairan maka solute (Zat yangterlarut) adalah gas, zat pdat ataucairan lain.Bila Solven (Zat Pelarut) :Adalah Zat Padat makaSoplute (Zatyang terlarut) adalah zat padat makasolute (Zat yang terlarut) adalah gascairan, atau zat padat lain.Bila Solven (Zat Pelarut) :Adalah gas maka solute (Zat yangterlarut) adalah cairan, zat padatatau gas lain.
3
 
Sebelum membuat suatu pembekuan larutan terlebih dahulu kitaharus mengetahui larutan baku (Standart). Larutan standart adalah larutanyang mengandung berat tertentu suatu reagens dalam volume tertentuatau larutan yang diketahui normalitasnya, Larutan ini bisa dalam satuanmolar atau normal.Adapun pengertian dari larutan molar dan normal adalah sebagai berikut :
-
Larutan moral, yaitu larutan yang mengandung 1 mol regeperliter larutan (M)
-
Larutan normal, yaitu larutan yang mengandung 1 Gram ekivalenreagens per liter larutan (N)
Larutan baku terbagi menjadi dua bagian yaitu :Larutan baku primer yaitu larutan dimana dapat diketahui kadarnyadan stabil pada proses penimangan, pelarutan, dan penyimpanan.Adapun syarat – syarat larutan baku primer :
-
Mempunyai kemurnian yang tinggi
-
Rumus molekulnya pasti
-
Tidak mengalami perubahan selama penimbangan
-
Berat ekivalen yang tinggi (Agar kesalahan penimbangan dapatdiabaikan)
-
Larutan stabil didalam penyimpanan
Larutan baku sekunder, yaitu larutan dimanakonsentralisinya ditentukan dengan jalan pembekuan dengan larutanatau secara langsung tidak dapat diketahu kadarnya dan kestabilannyadidalam proses penimbangan, pelarutan dan penyimpanan.Adapun syarat – syarat larutan baku sekunder :
-
Derajat kemurnian lebih rendah daripada larutan baku primer 
-
Berat ekivalennya tinggi
-
Larutan relatif stabil didalam penyimpanan
4

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->