Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kliping Seni Tari indonesia 3

Kliping Seni Tari indonesia 3

Ratings: (0)|Views: 1,855 |Likes:
Published by Zoe.Fivers

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Zoe.Fivers on Nov 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2013

pdf

text

original

 
1. Tari Gantar.
Tarian ini berasal dari Suku Dayak Benuaq dan Tonyooi. Tarian ini dikenal sebagaitarian pergaulan antara muda mudi dan juga untuk menyambut tamu yang datang. Tarianini melukiskan kegembiraan dalam menanam padi.Gantar adalah sepotong bambu yang didalamnya diisi dengan biji-biji padi dantongat panjang yang merupakan asek untuk membuat lubang ditanah saat menanam padi.Juga melukiskan keramah-tamahan suku Dayak dalam menyambut tamu yang datang keKalimantan Timur baik sebagai turis maupun investor dan para tamu yang dihormatikemudian diajak turut menari. Pakain yang dipakai di sebut Ulap Doyo kain tenunan aslisuku Dayak Benuaq yang diambil dari serat doyo
 
2. Kancet Tebengang Madang (Tari Enggang Terbang)
Kancet Tebengang Madang yang dalam bahasa Indonesia berarti Tari EnggangTerbang. Tarian ini berasal dari Suku Dayak Kenyah yang menggambarkan perpindahanmereka dari Apau Kayan secara menyebar keseluruh wilaayah di Kalimantan Timur, demimencari kehidupan yang lebih baik.Dimana burung enggang selalu mengikuti pemimpinnya, begitu juga dengan sukuDayak Kenyah, yang selalu menuruti apa perintah pemimpinnya. Burung enggang jugamerupakan symbol perdamaian. Tarian ini diawali dengan “lemaloq” yang merupakansyair dalam bahasa Dayak Kenyah bercerita tentang perjalanan mereka. Tarian inidibawakan dengan lemah gemulai oleh gadis–gadis Dayak laksana burung enggang yangsedang terbang.
 
3. Tari Hudoq
Tari ini berasal dari suku Dayak Bahau dan Modang, yang merupakan tarian untuk mengusir hama-hama tanaman atau mengusir roh jahat. Biasanya para penari memakaitopeng-topeng yang menakutkan dan menyeramkan, supaya dapat mengecoh danmengusir hama tanaman atau pun roh jahat.
4. Kancet Hudoq Aban
Tarian ini berasal dari suku Dayak Kenyah. Sama halnya dengan suku Dayak Bahau, tarian ini juga dimaksudkan untuk mengusir hama tanaman dan roh jahat yangmengganggu. Hanya bedanya, adalah pada topeng yang digunakan, dan penari dari HudoqAban adalah perempuan yang mengenakan cadar dari bahan manik-manik (Aban).

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Siti Maria Ulfah liked this
Dwiayu Puspita liked this
Dwiayu Puspita liked this
Agriani Maidika liked this
Dede Ams liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->