Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Motivasi dalam organisasi

Motivasi dalam organisasi

Ratings: (0)|Views: 1,888 |Likes:
Published by Dede Rusnadi

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Dede Rusnadi on Nov 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/26/2013

pdf

text

original

 
TUGASPERILAKU ORGANISASI( Motivasi dalam Organisasi )
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah perilaku organisasiDosen mata kuliah:
 Drs.D.Deni Koswara, M.Pd.Cepi Triatna, S.Pd., M.Pd.
 
oleh:Dede Rusnadi(0901190)
JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKANFAKULTAS ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
 
 
Motivasi dalam Organisasi
A.
 
Pengertian motivasi dan proses motivasi
y
 
Pengertian Motivasi
Motivasi berasal dari bahasa latin movere yang berarti dorongan atau menggerakan. Motivasi(motivation). dari pengertian itu maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa sesungguhnyamotivasi adalah dorongan yang menggerakan seseorang untuk melakukan suatu aktivitas atautindakan tertentu.Dalam kehidupan, motivasi memiliki peranan yang sangat penting karena motivasi adalah halyang menyebabkan, menyalurkan, dan mendukung prilaku manusia,supaya mau bekerja giat danantusias mencapai hasil yang optimal ( Hasibuan 2001 :141). Tanpa adanya motivasi dalam diriseseorang maka dapat dipastikan bahwa orang itu tidak akan bergerak sedikitpun dari tempatnya berada.
oontz, O¶Donnell, Weihrich
(1993:115&117) sendiri menyatakan bahwa: Motivasimerupakan sutu rantai reaksi yang diawali dengan adanya kebutuhan yang menimbulkankeinginan atau upaya mencapai tujuan yang selanjutnya mencapai tensi (ketegangan ) yaitukeinginan yang belum terpenuhi yang kemudian menyebabkan timbulnya tindakan yangmengarah kepada tujuan dan akhirnya memuaskan keinginan Ia juga mengatakan bahwaMotivasi mengacu pada dorongan dan upaya untuk memuaskan suatu keinginan atau tujuan.
y
 
Proses Motivasi
Proses motivasi berawal dari adanya kebutuhan yang tidak terpenuhi sehingga menciptakanketegangan yang menimbulkan dorongan-dorongan dalam diri seseorang. Dorongan-dorongan inimenimbulkan upaya pencarian guna memenuhi atau memuaskan kebutuhan, pada akhirnya tekananyang dirasakan menurun. Pada saat tekanan menurun, maka motivasi juga menurun. Karena itu,tekanan-tekanan yang proporsional harus dilakukan secara kontinyu agar dorongan untuk bertindak selalu hidup dalam diri seseorang.
B.
 
Teori Motivasi
a. Teori Maslow
Salah satu teori motivasi yang paling banyak diacu adalah teori "Hirarki Kebutuhan"yang dikemukakan oleh Abraham Maslow. Maslow memandang kebutuhan manusia berdasarkan suatu hirarki kebutuhan dari kebutuhan yang paling rendah hingga kebutuhan
 
yang paling tinggi. Kebutuhan pokok manusia yang diidentifikasi Maslow dalam urutankadar pentingnya adalah sebagai berikut:1) Kebutuhan Fisiologis (Basic Needs)Misalnya sandang, pangan, papan dan kesejahteraan individu.2) Kebutuhan akan Rasa Aman (Securily Needs)Dikaitkan dengan kerja maka kebutuhan akan keamanan sewaktu bekerja, perasaan amanyang menyangkut masa depan karyawan.3) Kebutuhan Afiliasi atau Akseptansi (Social Needs)a) Kebutuhan akan perasaan diterima di mana ia bekerja b) Kebutuhan akan perasaan dihormatic) Kebutuhan untuk bisa berprestasid) Kebutuhan untuk bisa ikut serta4) Kebutuhan Penghargaan (Esteem Needs)Jenis kebutuhan ini menghasilkan kepuasan seperti kekuasaan, prestise, status dankeyakinan akan diri sendiri.5) Kebutuhan Perwujudan Diri (Self-Actualization) Kebutuhan ini merupakan kebutuhan paling tinggi, yakni kebutuhan untuk menjadi orang yang dicita-citakan dan dirasakanmampu mewujudkannya. (Koontz, 1990:121)
b
. Teori Dua Faktor Herz
b
erg Herz
b
erg
mengklaim telah menemukan penjelasan duafaktor motivasi yaitu:1)
 
Hygiene Factors, yang meliputi gaji, kehidupan pribadi, kualitas supervisi, kondisikerja, jaminan kerja, hubungan antar pribadi, kebijaksanaan dan administrasi perusahaan.2)
 
Motivation Factors, yang dikaitkan dengan isi pekerjaan mencakup keberhasilan, pengakuan, pekerjaan yang menantang, peningkatan dan pertumbuhan dalam pekerjaan.(Koontz, 1990:123)
c. Teori
e
b
utuhan ERG Alderfer
Teori ERG Alderfer (Existence, Relatedness, Growth) adalah teori motivasi yangdikemukakan oleh Clayton P. Alderfer. Teori Alderfer menemukan adanya 3 kebutuhan pokok manusia:

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
RiZki SaTria liked this
Vhira Vhirong liked this
Agus Salim liked this
Yatie Akmal liked this
Yatie Akmal liked this
Abi El Humaira liked this
Nando Ariasta liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->