Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
35Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Langkah2 Penyusunan RPJM Desa

Langkah2 Penyusunan RPJM Desa

Ratings:

4.0

(2)
|Views: 2,085 |Likes:
Published by Nano Sudarno

More info:

Published by: Nano Sudarno on Nov 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/15/2014

pdf

text

original

 
[1]
LANGKAH - LANGKAHPENYUSUNAN RPJM DESA
14
PENGERTIAN DASAR
Warga desa menjalani kehidupannya dengan beragam potensi sumberdaya dan masalahnya.Potensi sumberdaya yang beragam, tentu memerlukan tata-kelola yang tepat. Dengan terusberkembangnya tatanan sosial kemasyarakatan, masalah-masalah yang dihadapi wargadesapun bertambah rumit dan kompleks. Dibutuhkan metode yang tepat untuk mengurai danmenyelesaikannya. Metode yang dimaksud memuat kerangka berpikir yang sistematis.Kerangka berpikir sistematis ini digunakan untuk mengenali masalah utama desa, kehendakbersama yang diharapkan tercapai, kerangka tindakan yang dipilih, serta jenis-jenis tindakanyang dirasa paling memungkinkan dilakukan.
 
[2]
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) disusun untuk menjadi kerangkaberpikir sistematis tentang permasalahan yang dihadapi warga desa, tentang potensisumberdaya desa, serta rumusan tindakan strategis yang diorientasikan untuk memenuhi cita-cita bersama yaitu peningkatan kesejahteraan dan sekaligus membangun tata pemerintahandesa yang demokratis, adil, dan terbuka (transparan).Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa yang selanjutnya disingkat RPJM Desa adalahdokumen rencana strategis/jangka menengah desa yang berjangka waktu lima tahun danditetapkan dengan Peraturan Desa.
 
Disusun melalui forum musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) 5 tahunanatau biasa disebut musrenbang RPJM Desa;
 
Dokumen RPJM Desa kemudian menjadi acuan penyusunan RKP Desa melalu musyawarahperencanaan pembangunan (musrenbang) tahunan.
Tujuan
 
Merumuskan Visi dan Misi desa yang diperoleh dari musyawarah perencanaan bersamawarga masyarakat.
 
Menyusun Program dan Kegiatan Indikatif 5 tahun yang diperoleh dari musyawarahperencanaan bersama masyarakat.
Keluaran (
Output 
)
 
Dokumen RPJM Desa sebagai Lampiran Perdes tentang RPJM Desa.
 
Berita Acara dan Daftar Hadir Musrenbang RPJM Desa.
 
Keputusan Rapat Paripurna BPD tentang Persetujuan RPJM Desa.16Proses penyusunan RPJM Desa meliputi 3 (tiga) tahap.
Pertama
,Tahap Persiapan Musrenbang RPJM Desa, merupakan semua proses yang perludilakukan mulai dari sosialisasi, pengkajian desa bersama masyarakat, dan penyusunandraft rancangan awal RPJM Desa. Proses persiapan ini mempunyai peran yang sangatpenting agar perencanaan desa benar-benar dapat disusun dengan baik dan partisipatif.Terakhir, adalah persiapan teknis penyelenggaraan musrenbangnya sendiri, mulai daripenyebaran undangan, pemberitahuan secara terbuka, penyiapan tempat, materi, alatdan bahan.
Kedua
,Tahap Pelaksanaan Musrenbang dan Penyusunan RPJM Desa, meliputi prosesmusyawarah bersama warga dan berbagai pemangku kepentingan untuk membahasdraft rancangan awal RPJM Desa dan menyepakati berbagai hal penting di dalamnya. Inimerupakan proses yang terpenting agar dapat diperoleh kualitas dan legitimasidokumen perencanaan.
Ketiga
,Tahap Pelembagaan Dokumen RPJM Desa, merupakan proses legislasi penetapandokumen RPJM Desa ke dalam Peraturan Desa. Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi
 
[3]
Peraturan Desa tentang RPJM Desa tersebut kepada masyarakat dan berbagaipemangku kepentingan (desa, kecamatan, Unit Pelaksana Teknis Daerah [UPTD] ataukepanjangan SKPD di kecamatan). Dokumen publik wajib disebarluaskan kepadamasyarakat.
LANGKAH-LANGKAH1. Sosialisasi Musrenbang RPJM Desa
Sosialisasi penyusunan RPJM Desa dilaksanakan untuk tujuan memberikan informasi kepadamasyarakat (warga) tentang pentingnya desa memiliki dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah sehingga proses penyusunan yang partisipatif mendapat dukungan warga.Sosialisasi ini dapat difasilitasi oleh kecamatan maupun desa sendiri. Hal yang biasanyadiberikan dalam sosialisasi ini adalah informasi dan gambaran proses yang perlu dilaksanakanoleh desa dalam mengelola pembangunannya, dasar regulasi dan dibutuhkannya pembentukanpokja (tim) perencanaan desa.Keluaran dari sosialisasi adalah:
 
Pemahaman bagi Kepala Desa, Sekdes dan BPD terhadap Perencanaan Desa;
 
Pemahaman masyarakat terhadap proses menyusun rencana desa; dan
 
Kesepakatan tentang pembentukan Pokja (Tim) Perencanaan Desa yang bertugasmemfasilitasi dan menyusun dokumen rencana desa.Kegiatan yang dilakukan dalam sosialisasi RPJM Desa adalah:
 
Penjelasan awal kepada Kepala Desa, Perangkat Desa dan BPD oleh perangkat Kecamatanatau pihak yang mendampingi
 
;
 
Bagi Kecamatan yang belum memahami RPJM Desa perlu diberikan pemahaman terhadappara Camat dan Stafnya terlebih dulu. Sosialisasi kepada para Camat ini dilaksanakan olehPemerintah Kabupaten/Kota;
 
Menetapkan bersama siapa saya yang perlu diundang dalam sosialisasi (bersama Kades,Sekdes, dan BPD);
 
Mempersiapkan undangan, tempat dan bahan sosialisasi; dan
 
Melaksanakan kegiatan sosialisasi.
Catatan
:
Selain penyampaian informasi secara lisan (misalnya penjelasan dalam sebuahpertemuan), pelaksana sosialisasi sebaiknya menyiapkan materi tertulis secara ringkas dansederhana mengenai apa, mengapa, dasar hukum, dan proses umum penyusunan RPJM Desauntuk dibagikan kepada peserta yang hadir. Media informasi yang efektif, mudah dibuat sendiridan murah adalah leafl et atau brosur tentang perencanaan desa.19

Activity (35)

You've already reviewed this. Edit your review.
Rimba Borneo liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
aal liked this
Restu Agusti liked this
Ronny Suwandara liked this
Edi Santoso liked this
Lingga Aja liked this
To Naas liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->