Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
38Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Islam Di Asia Tenggara

Islam Di Asia Tenggara

Ratings: (0)|Views: 3,785 |Likes:

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Pas Zulfikar Nasution on Nov 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/17/2013

pdf

text

original

 
ISLAM DI ASIA TENGGARAA.Islam di Indonesia
Islam sudah masuk ke Indonesia dari abad ke-7 dan telah dianutsebahagian besar orang Indonesia baik sebagai agama maupun sebagai hokum. Negara Islam telah berdiri pada abad ke-13 dan berkembang pada akhir abad 15 atau awal abad ke-17 dengan berdirinya beberapa kerajaan Islam, sepertiAceh, Banten, Mataram, Gowa, Tallo, Ternate/ Tidor.
1.Proses Islamisasi
Perkembangan pelayaran dan perdagangan yang bersifat internasionaldi Asia Tenggara disebabkan oleh kegiatan kerajaan Sriwijaya.
1
Pada abad ke-7 Islam belum menyebar luas secara merata di seluruh penjuru nusantara. Karena pengaruh agama Budha masih memegang peranandi kerajaan Sriwijaya, terutama dalam kehidupan social, politik ekonomi dan budaya dengan demikian pandangan muslim memanfaatkan politiknya dalammendukung daerah-daerah yang mendukung daerah-daerah yang muncul danmenyatakan diri sebagai kerajaan yang bercorak Islam.Kedatangan Islam dan penyebarannya kepada golongan bangsawandan rakyat umumnya, dilakukan secara damai. Apabila situasi politik suatukerajaan mengalami kekacauan dan kelemahan disebabkan perebutankekuasaan di kalangan keluarga istana.Menurut Uka Tjandrasasmita
2
, saluran-saluran islamisasi yang berkembang ada enam yaitu:1.saluran perdagangan pada taraf permulaan saluran islamisasi adalah perdagangan.Kesibukan lalu-lintas perdagangan pada abad ke-7 sampai ke-16 Mmembuat pedagang-pedagang muslim berdatangan dari berbagai negeri.
1
Dedi Supriadi,
Sejarah Peradaban Islam,
(Bandung: Pustaka Setia, 2008), h. 184-193
2
Badri Yatim,
Sejarah Peradaban Islam,
(Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada), h. 201-204
 
Islamisasi melalui perdagangan ini sangat menguntungkan karena pararaja dan bangsawan turut serta dalam kegiatan perdagangan. Para pedagang muslim banyak yang bermukim di pesisir pulau Jawa, mereka berhasil mendirikan masjid, sehingga jumlah mereka menjadi banyak.2.saluran perkawinanJalur perkawinan ini lebih menguntungkan apabila terjadi antarasaudagar muslim dengan anak bangsawan atau anak raja karena merekakemudian turut mempercepat proses islamisasi.3.saluran tasawuTasauf dan tariqad, bersamaan dengan para pedagang ke Indonesiadatang pula ulama, da’i dan sufi pengembara dan diangkat menjadi penasehat/ pejabat di kerajaan dan kemudian kemudian para sufimenyebarkan Islam dengan cara membentuk kader mubaliq dam melaluikarya-karya tulis4.saluran pendidikanPara pedagang muslim menguasai kekuatan perekonomian dandijadikan pusat pengembangan pendidikan dan penyebaran Islam5.ssaluran kesenianPenyebaran Islam dikembagkan dengan melalui seni seperti siniarsitektur dan perkembangan politik Islam di Indonesia.6.saluran politiDi Maluku dan Sulawesi selatan, kebanyakan rakyat masuk Islamsetelah rajanya memeluk Islam terlebih dahulu. Pengaruh politik rajasangat membantu tersebarnya Islam di daerah ini. Kemenangan kerajaanIslam secara politik banyak menarik penduduk masuk Islam.
2.Pertumbuhan Lembaga Sosial Dan Politi
Awalnya pemerintah kolonial memberikan kemerdekaan kepada umatIslam untuk melaksanakan ajaran agamanya sepanjang tidak mengganggu
 
kekuasaan pemerintah Belanda. Sedangkan dalam bidang politik, pemerintahmelarang keras orang Islam membahas hukum Islam baik dari Al-qur’anmaupun Sunnah yang menerangkan tentang politik kenegaraan atauketatanegaraan.
3
Pengaruh politik Islam yang semakin kuat serta posisi ekonomiIndonesia yang berkembang, akibat pelayaran internasional dengan pedagangmuslim Arab, membuat pemerintah Portugis dan Belanda mulai tergoda untuk menjalin hubungan dengan penguasa pedagang di Indonesia (Asia Tenggara).Lambat laun mereka berkeinginan menguasai Indonesia dengan cara permainan politik.Dengan pengalaman itu, orang Islam bangkit dengan menggunakantaktik baru, bukan dengan perlawanan fisik tetapi dengan membangunorganisasi. Akibat dari situasi ini timbullah perkumpulan-perkumpulan politik  baru dan muncullah pemikir-pemikir-pemikir politik yang sadar diri. SepertiBudi Utomo, Serikat Islam, Taman Siswa, Muhammadiyah, Nahdatul Ulama,Dll.
3.Perkembangan Keagamaan Dan Peradaban
Ketika Islam datang, sebenarnya kepulauan nusantara (Indonesia)sudah mempunyai peradaban yang bersumber kebudayaan asli pengaruh dari peradaban hindu-budha di India. Meskipun demikian Islam cepat menyebar.Hal ini disebbkan Islam yang dibawa oleh kaum pedagang maupun para Da’idan ulama masa awal, mereka semua menyiarkan suatu rangkaian ajaran dancara serta gaya gaya hidup yang secara kuantitatif lebih maju dari peradabanyang ada. Bukti-bukti Perkembangan peradaban dan keagamaan di Indonesiaadalah :
4
a.Sebelum Kemerdekaan
3
Ajid Thohir,
 Perkembangan Peradaban Di Kawasan Dunia Islam,
(Jakarta:PT. Raja GrafindoPersada. 2004)h. 297
4
Badri Yatim,
Sejarah Peradaban Islam,
(Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada), h.299

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->