Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal Rifa

Proposal Rifa

Ratings: (0)|Views: 278 |Likes:

More info:

Published by: Andi Ammar Firaz Exactly on Nov 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/30/2014

pdf

text

original

 
Proposal Wirausaha
I. PENDAHULUAN1.1. Latar Belakang Penentuan Jenis Usaha
Dalam penentuan jenis usaha digunakan analisis SWOT :1.Strenghts (Kekuatan dari usaha)
Toko pakaian dan konveksi ini mengusung konsep yang berbeda dari kebanyakantoko pakaian (distro) yang ada. Toko Baju ini lebih mengusung konsep etnik keindonesian dan tema-tema kemahasiswaan. Termasuk jenis usaha yang baru dimakassar 
Selain menjual pakaian, di toko ini juga menerima pesanan dalam hal pencetakan pakaian sesuai pesanan, pencetakan pin, dan pencetakan undangan.
Harga produk terjangkau, terutama untuk kalangan pelajar dan mahasiswa.1.Weakness (kelemahan)
Tidak ada modal
Tidak ada tempat untuk usaha1.Oportunities (Kesempatan)
Jenis usaha ini termasuk jenis usaha yang baru di makassar, sehingga tingkat persaingan rendah
Pangsa pasar untuk kalangan pelajar dan mahasiswa sangat besar 
Sebagai produk lokal, produk ini memiliki kesempatan untuk bertahan padaharga terjangkau di bandingkan merk-merk ternama lainnya
Pemerintah sedang genjar-gencarnya menyerukan “cintai produk dalamnegeri”
Dapat menjadi oleh-oleh Pariwisata SULSEL, sebab produk-produknyamengusung tema etnik 
Distro Fhanre | Distro pakain etnik dan konveksi(percetakan)
1
 
Proposal Wirausaha
1.Threats (ancaman)
Pandangan masyarakat telah terbangun bahwa merek-merek lain ataupun toko-tokoyang telah ada lebih berkualitas
1.2. Tujuan
Kami menawarakan konsep usaha yang baru sebab kami melihat prospe pengembangan dari konsep usaha kami belum memiliki pesaing yang berarti sehinggadalam memasarkan nanti tidak memiliki hambatan yang berarti. Selain itu usaha ini bertujuan untuk menampung kreativitas teman-teman kami yang memiliki hobi/kelebihandalam hal mendesain agar mengarahkan kreativitasnya kearah yang positif dalam hal inimendesain produk-produk kami.
1.3. Manfaat Usaha
Tumbuhnya jiwa wirausaha dan sikap positif di kalangan mahasiswa
Meningkatkan keterampilan bekerja serta sebagai tempat praktik dari ilmu yangkami dapat di bangku kuliah sehingga dapat memberikan penghasilan untuk menghidupi diri sendiri maupun keluarga
Terbentuk unit usaha baru (industri kecil) yang dapat menyerap tenaga kerja baik itu dari kalangan mahasiwa maupun masyarakat biasa. sebab jika usaha ini dapat berkembang dengan pesat maka secara bertahap kami akan membuka cabang baik itu di Makassar ataupun di daerah-daerah lain.
Distro Fhanre | Distro pakain etnik dan konveksi(percetakan)
2
 
Proposal Wirausaha
II. PEMASARAN
Sebagai langkah awal kami dalam menapaki dunia wirausaha lokasi pertama yang kami pilih adalah daerah Tamalanrea tepatnya ‘pintu nol’ sebagai pusat usaha. Kami memilihdaerah tersebut didasari beberapa alasan :1.Daerah tersebut termasuk daerah pendidikan, ditandai dengan banyaknya kampus-kampusserta rumah-rumah kost. Hal ini sesuai dengan target pasar yaitu kalangan pelajar danmahasiswa.2.Daerah tersebut dekat dengan kampus Kami (UNHAS), sehingga pengawasan usaha tidak menjadi kendala.Sasaran konsumen yaitu kalangan pelajar dan mahasiswa khususnya dan masyarakatumumnya, karena semangat nasionalisme untuk kalangan pelajar dan mahasiswa khususnyasangat tinggi apalagi dengan adanya sosialisasi pemerintah tentang “cinta produk dalamnegeri”. Disisi lain, khusus untuk kalangan mahasiswa biasanya mereka sering membuat pakaian yang menggambarkan identitas mereka.Strategi pemasaran yang coba diterapkan secara umum terbagi dua yaitu secara offlinedan secara online.1.Secara Offlinea)Promosi.
Promosi secara langsung, yakni kami akan berusaha untuk selalu menggunakan produk kami setiap hari sehingga kemungkinan besar orang disekeliling kamikhususnya teman-teman mahasiswa akan bertanya-tanya tentang produk kami.
Promosi secara tidak langsung, yakni melalui pamflet-pamflet, spanduk, radiokampus, buletin kampus, dan selebaran yang disebar di tiap-tiap kampus, kost-kost, dan pemukiman warga khususnya yang ada di Makassar.
Distro Fhanre | Distro pakain etnik dan konveksi(percetakan)
3

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Astya Septarini liked this
sastraalex liked this
sriher liked this
Fitra Mayca liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->