Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
22Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penyelidikan Perkara Pidana Dalam Hukum Acara Pidana

Penyelidikan Perkara Pidana Dalam Hukum Acara Pidana

Ratings: (0)|Views: 4,964|Likes:
Published by baimtrisna

More info:

Published by: baimtrisna on Nov 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/10/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1LATAR BELAKANG
 Negara Republik Indonesia adalah Negara yang berdasarkan hukum yang demokratis, berdasarkan pancasila dan UUD 1945, bukan berdasarkan atas kekuasaan semata-mata.Didalam KUHAP disamping mengatur ketentuan tentang cara proses pidana juga mengatur tentang hak dan kewajiban seseorang yang terlibat proses pidana. Pproses pidana yangdimaksud adalah tahap pemeriksaan tersangka (interogasi) pada tingkat penyidikan.Pada makalah ini akan membahas lebih lanjut tentang tahap-tahap penyelidikan perkara pidana dalam hukum acara pidana untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi pemakalah maupun pendengar lainnya.
1.2RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang diatas, maka rumusan masalah yang akan dibahas adalah :-Pengertian penyelidi-Proses Penyelidikan dan Penyidikan-Petugas-Petugas Penyelidik dan Penyidik -Pelaksanaan Penyelidikan dan Penyidikan
-
Serta Penyelesaian dan Penghentian Penyidikan
1
 
BAB IIPEMBAHASAN2.1 Pengertian
Menurut pasal 1 angka 4 KUHAPPenyelidik adalah pejabat Kepolisian Negara Republik Indonesia yang diberi wewenang olehUU ini untuk melakukan penyelidikanApabila hukum acara pidana dipandang dari sudut pemeriksaan, hal ini dapat dirincidalam dua bagian, yaitu pemeriksaan pendahuluan dan pemeriksaan di sidang pengadilan.Pemeriksaan pendahuluan adalah pemeriksaan yang dilakukan pertama kali oleh polisi, baik sebagai penyelidik maupun sebagai penyidik, apabila ada dugaan bahwa hukum pidana materiltelah dilanggar. Sedangkan pemeriksaan disidang pengadilan adalah pemeriksaan yang dilakukanuntuk menentukan apakah dugaan bahwa seseorang yang telah melakukan tindak pidana itudapat dipidana atau tidak.Didalam pemeriksaan pendahuluan, sebelum sampai pada pemeriksaan disidang pengadilan,akan melalui beberapa proses sebagai berikut: 
2.2
 
Proses Penyelidikan dan Penyidikan.
Menurut kuhp diartikan bahwa penyelidakan adalah serangkaian tindakan untuk mencaridan menemukan suatu peristiwa yang diduga sebagai tindak pidanaguna menentukan dapat atautidak nya dilakukannya penyelidikan(pasal 1 butir lima kuhap). Dengan demikian fungsi penelidikan dilaksanakan sebelum dilakukan penyidikan, yang bertugas untuk mengetahui danmenentukan peristiwa apa yang telah terjadi dan bertugas membuat berita acara serta laporannyayang nantinya merupakan dasar permulaan penyidikan.Sedangkan yang dimaksud dengan penyidikan adalah serangkaian tindakan penyidik dalam hal dan menurut cara yang diatur dalam undang-undang acara pidana, untuk mencari sertamengumpulkan bukti yang dengan bukti itu membuat terang tentang tindak pidana yang terjadidan guna menentukan tersangkanya (pasal 1 butir 2 KUHAP)Oleh karena itu, secara kongkrit dapat dikatakan bahwa penyidikan dimulai sesudahterjadinya tindak pidana untuk mendapatkan keterangan-keterangan tentang:
2
 
a.
 
Tindak apa yang telah dilakukannya b.
 
Kapan tindak pidana itu dilakuakanc.
 
Dimana tindak pidana itu dilakukand.
 
Dengan apa tindak pidana itu dilakukane.
 
Bagaimana tindak pidana itu dilakukanf.
 
Mengapa tindak pidana itu dilakukang.
 
Siapa pembuatnya 
2.3
 
Petugas-Petugas Penyelidik dan Penyidik 
Menurut pasal 4 penyidik adlah setiap pejabat polisi Negara republic Indonesia. Di dalamtugas penyelidikan mereka mempunyai wewenang- wewenangseperti diatur dalam pasal 5KUHAPsebagai berikut:a.
 
Menerima laporan atau pengaduan dari seseorang tending adanya tindak pidana b.
 
Mencari keterangan dan barang buktic.
 
Menyuruh berhenti seseorang yang dicurigai dan menayakan serta memeriksa tanda pengenal dirid.
 
Mengadakan tindakan lain menurut hokum yang bertanggung jawab.Yang termasuk penyidik adalaha.
 
Pejabat polisi Negara Republik Indonesia pejabat pegawai negeri sipil tertentu yangdiberi wewenang khusus oleh undang-undang. b.
 
Pejabat pegawai negeri sipil tertentu yang diberi wewenang khusus oleh undang-undang.Yang dimaksud dengan penyidik pegawai negeri sipil tertentu, misalnya pejabat bead an cukai, pejabat imigrasi dan pejabat kehutanan, yang melakukan tugas penyidikan sesuai denganwewenang khusus yang diberikan oleh undang-undang yang menjadi dasar hokum nya masing-masing.Penyidik sebagai mana yang dimaksud dalam pasal 6 KUHAP berwenang untuk:a.
 
Menerima laporan atau pengaduan dari seseorang tentang adanya tindak pidana b.
 
Melakukan tindakan pertama pada saat ditempat kejadianc.
 
Menyuruh berhenti seorang tersangka dan memeriksa tanda pengenal dari tersangkad.
 
Melakukan penangkapan, penahanan, penggeledahan, dan penyitaan
3

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Jess Sidadolog liked this
Dibyo Ardi liked this
ayu_dya liked this
Putrhy Elodea PL liked this
Fianny Katili liked this
baimtrisna liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->