Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
21Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penilaian Ketrampilan Proses Dan Tingkah Laku Assesment

Penilaian Ketrampilan Proses Dan Tingkah Laku Assesment

Ratings: (0)|Views: 814 |Likes:
Published by Ekok Ec

More info:

Published by: Ekok Ec on Nov 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/26/2013

pdf

text

original

 
1
 
A.
 
Pendahuluan
Perkembangan Sains telah melaju dengan pesat. Hal ini erat hubungannya denganperkembangan teknologi. Perkembangan sains tersebut menggugah para pendidik untuk dapat merancang dan melaksanakan pendidikan yang lebih terarah pada penguasaankonsep sains yang dapat menunjang kegiatan sehari-hari dalam masyarakat. Kreatifitassumber daya manusia merupakan syarat mutlak yang harus ditingkatkan untuk dapatmenyesuaikan perkembangan dari ilmu sains tersebut tersebut. Jalur yang tepat untuk meningkatkan sumber daya masyarakat adalah melalui pendidikan.Pembaharuan di bidang pendidikan terus dilakukan untuk meningkatkan kualitaspendidikan, yang salah satu diantaranya adalah munculnya kurikulum yangmengisyaratkan Guru sebagai fasilitator dan pendorong siswa untuk menggunakanketerampilan proses , bersikap ilmiah, serta menerapkan inovasi model pembelajaransehingga pembelajaran sains mampu mengembangkan life skill bagi siswa .Menyadari hal tersebut, maka tugas guru adalah menciptakan suatu iklim belajarmengajar yang memberi kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan danmengembangkan kemampuan serta keterampilan fisik maupun mental sesuai dengan taraf kemampuannya. Jadi tugas guru bukan hanya memberikan pengetahuan saja, melainkanmenyiapkan situasi yang menggiring siswa untuk bertanya, mengamati, mengadakaneksperimen serta menemukan fakta dan konsep sendiri. Pembelajaran ilmu sains juga perludisusun sedemikian rupa sehingga siswa terlibat secara aktif.Salah satu komponen penting yang dapat mempengaruhi ikllim belajar yangkondusif dalam sistem pembelajaran adalah tekhnik penilaian atau evaluasi. Oleh karenaitu, perangkat penilaian merupakan bagian integral yang dikembangkan berdasarkantuntutan tujuan pendidikan. Menurut Arikunto (2009), penilaian dalam pendidikanmerupakan sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan ketercapaian tujuanpendidikan, bahkan aktivitas penilaian dapat pula digunakan untuk mengambil keputusan.Dalam konteks pembelajaran di kelas, penilaian dilakukan oleh guru untuk mengukur perkembangan hasil belajar siswa sebagaimana yang dirumuskan dalam tujuanpembelajaran. Selain itu, penilaian juga dilakukan untuk mendiagnosis kesulitan belajardan memberikan umpan balik kepada siswa.Menyadari hal tersebut, maka penilaian terhadap kemampuan keterampilan prosessains maupun sikap ilmiah siswa, nantinya diharapkan mampu memberikan beberapainfromasi terkait dengan data status pencapaian keterampilan siswa maupun bagaimanaperhatian dan minat siswa dalam proses pembelajaran. Hasil tersebut nantinya dapat
 
2
 
dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan keterampilan proses selanjutnya sertainstrumen refleksi terhadap perencanaan dan proses pembelajaran.
B.
 
Asesmen Keterampilan Proses dan Sikap
Pentingnya penilaian dalam hasil belajar tidak dapat di remehkan dan dianggapsepele. Dengan penilaian yang tepat dan baik akan mempermudah guru dalammerencanakan proses pengajaran selanjutnya yang efektif dan mampu memenuhi apa yangsebenarnya di butuhkan baik itu individu, kelompok ataupun seluruh kelas.Penilaian adalah suatu proses dalama mengukur seberapa dalam siswa tahu, bisalakukan, mengerti dan mampu mengaplikasikann. Penilaian adalah salah satu esensipenting dalam rantai perencanaan pengajaran, belajar mengajar, evaluasi, pencatatan danpelaporan.Penilaian adalah jantung dari proses belajar mengajar dalam perencanaanpengajaran, yang dapat meningkatkan standar pengajaran. Kita melihat melalui penilaiankita untuk mengetahui seberapa maksimum potensi belajar dari masing-masing individuanak.
C.
 
Prinsisp dari Assesment
Dalam menilai siswa kita harus memperhatikan dalam situasi dan kondisi siswa,itu, mengapa sangat penting bagi kita sebagai guru untuk memperhatikan perkembangansiswa dalam kegiatan sehari-hari. Penilaian dalam satu periode waktu dan mengabaikanlainnya dapat menyebabkan yang tidak objektif Biasanya kita akan pikir potensi siswadidasarkan pada ujian akhir mereka. Dalam banyak situasi siswa mungkin memilikilaporan buruk dalam ujian akhir mereka, ini mungkin terjadi karena berbagai aspek,.Kitasebagai guru mereka harus peka dan peduli kepada mereka, dan tugas guru untuk mencaritahu apa masalah siswa dan membantu mereka untuk menyelesaikannya. Kita harusperhatian dalam kegiatan mereka yang selalu mereka lakukan, misalnya dalam penelitianmereka di laboratorium kita harus dapat menilai proses dan sikap. Hal ini sangat pentinguntuk menilai karena sikap dan proses adalah salah satu dari banyak aspek yang sangatpenting dalam pengembangan siswa.
 
3
 
Kita tidak bisa menghakimi siswa berpotensi atau tidak jika hanya ditentukan olehpenilaian dalam satu periode waktu, dengan menilai kemampuan dan keterampilan prosespada percobaan kita bisa mendapatkan gambaran keseluruhan tentang keterampilan siswadan potensi siswa tersebut. Dan yang lain adalah sikap, sikap juga memiliki peran utamadalam pengembangan diri dan belajar siswa. Dan dalam menilai ini kita juga bisamendapatkan gambaran objektif tentang keterampilan dan kemampuan siswa dalampelajaran.Dalam menilai keterampilan proses dan sikap kita harus lebih mencermati denganaspek kinerja yang mewakili sampai batas tertentu dalam kegiatan ilmu pengetahuan yangbanyak, dan mungkin terjadi didalam alam praktis. Ini sering terjadi, aspek yang tidak harus dinilai dalam kegiatan tertentu dan dapat menyebar selama periode waktu. olehkarena itu untuk menilai, keterampilan ini haruslah sering dilakukan sehingga kitamendapatkan gambaran tentang siswa dengan lebih objektif.Sikap, dengan sifat mereka sebagai bagian dari perilaku semua, harus dinilai diberbagai kegiatan dan sehingga dapat diperlakukan dengan cara yang sama sepertiketerampilan proses. Jadi mereka adalah banyak kesempatan untuk mengumpulkan buktiketerampilan dan sikap, kesulitan dalam mengumpulkan informasi secara sistematisBagian utama dari bab ini berkaitan dengan bagaimana melakukan ini sebagai bagian daripengajarannya. Kita juga dapat menggunakan hasil lembar kegiatan siswa sebagai panduandalam menilai mereka.
D.
 
Apa yang sebaiknya di nilai
Untuk menilai mereka dengan lebih objektif, kita tidak dapat menilai kemampuanmereka hanya dengan melihat hasil ulangan mereka sajaataupun hasil belajar mereka yangbersifat numeric. Kita membutuhkan waktun yang cukup lama dalam menilai aspek-aspek yang yang mampu mewakili kemampuan mereka yang sesungguhnya.Dalam bab sebelumnya kita sudah membahas beberapa hal yang perlu di cermati.Sikap dan tingkah laku atau apa yang dirasakan siswa berkaitan tentang banyak masalahyang timbul dan ini mencakup permasalahan dalam proses belajar mengajar mereka disekolah, dan dalam menilai sikap dari siswa adalah pekerjaan yang cukup sulit.

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
dar_jaya liked this
apaweni liked this
Rahayu Herawati liked this
edimulyana liked this
waris1967 liked this
sitisaparina9204 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->