Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab i Program Kerja Sim Sekolah

Bab i Program Kerja Sim Sekolah

Ratings: (0)|Views: 338 |Likes:
Published by ASEP_RAHMAT

More info:

Published by: ASEP_RAHMAT on Nov 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/06/2014

pdf

text

original

 
Program Kerja Urusan Informasi Manajemen dan Data Base Sekolah SMAN 1 Kawali Tahun 2010-2011
1
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar Belakang
Pemanfaatan ICT dalam bidang pendidikan sudah sangat diperlukan dalamproses pengelolaan sekolah, baik dalam hal pengelolaan administrasiakademik, administrasi kepegawaian, dan untuk proses pelaporan.Kebutuhan aplikasi database yang dapat mengelola data dan informasisekolah, manajemen sekolahan, dan konten-konten pengajaran danpembelajaran dalam suatu lembaga pendidikan perlu diciptakan akan terjalin jaringan yang sitematis dan dapat diakses oleh segenap user yangmembutuhkan. Dengan adanya akses database yang siap kebutuhan untukmenyediakan laporan-laporan dari sekolah secara cepat dan valid kepadainstansi terkait, seperi laporan ke Diknas Pendidikan Daerah maupun laporanke Departemen Pendidikan Nasional dapat segera dilaksanakan.Sistem Informasi Manajemen sekolah adalah konsep manajemen sekolahmenggunakan ICT merupakan konversi manajemen sekolah secara manualke Sistem manajemen sekolah berbasis program komputer (database)dimana proses manajemen data akademik dan data pendukung akademiksecara mudah, cepat dan efisien.Dalam usaha Pengembangan Sistem informasi manajemen perludipertimbangkan aspek biaya yang dikeluarkan dengan manfaat yang akandiperoleh, sehingga tidak terjadi lebih besar biaya yang dikelurkan dibandingmanfaat yang diperoleh. Artinya perancangan SIM diupayakan dengan biayaseminimal mungkin dengan manfaat yang maksimal. Setiap organisasi/lembaga harus menyadari apabila mereka cukup realistis dalam keinginanmereka, cermat dalam merancang dan menerapkan SIM agar sesuaikeinginan serta wajar dalam menentukan batas biaya dari titik manfaat yangakan diperoleh, maka SIM yang dihasilkan akan memberikan keuntungandan uang.Sebuah Sistem informasi manajemen (SIM) , komputer bukan prasyaratmutlak, namun dalam prakteknya Sistem informasi manajemen yang baiktidak akan maksimal tanpa bantuan kemampuan pemrosesan komputer.Prinsip utama perancangan Sistem informasi manajemen: Sistem informasimanajemenharus dijalin secara teliti agar mampu melayani tugas utama.
 
Program Kerja Urusan Informasi Manajemen dan Data Base Sekolah SMAN 1 Kawali Tahun 2010-2011
2
Kegiatan utama dari Semua sistem informasi, yaitu menerima datasebagai masukan (input), kemudian memprosesnya dengan melakukanvalidasi, penghitungan, penggabungan unsur data, pemutakhiran dan lain-lain, yang akhirnya memperoleh informasi sebagai keluarannya (output).Data fakta-fakta atau sesuatu yang dianggap (belum mempunyai arti) yangakan diproses menjadi sebuah informasi sehingga memiliki arti.Meningkatkan pelayanan Sistem Informasi Manajemen pada sebuahLembaga Pendidikan menjadi faktor penting sekaligus penghematan bagiLembaga Pendidikan dan kini telah menjadi salah satu standar mutu sebuahPendidikan. Otomatisasi/komputerisasi sistem pelayanan dan sisteminformasi manajemen merupakan solusi yang tepat untuk memecahkanmasalah ini.Perkembangan Pendidikan di Indonesia yang semakin maju, baik dariaspek administratif atau teknologi, maka proses pelayanan Pendidikan diIndonesia dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Tentu saja denganbantuan beberapa fasilitas pendukung, dimana salah satu fasilitaspendukung tersebut adalah aplikasi teknologi informasi dalam bidang sisteminformasi manajemen Pendidikan.SMA Negeri 1 Kawali Kabupaten Ciamis yang merupakan salah satusekolah terbesar di Ciamis Utara mulai tahun pelajaran 2010-2011 akanberupaya memanfaatkan teknologi informasi ini dalam rangkapenyempurnaan database sekolah, sehingga mutu pelayanan kepada steakholder dapat terlaksana secara maksimal, efektif dan efesien. Berdasarkanrencana itulah, kami selaku petugas yang ditunjuk untuk urusan informasimanajemen menyusun Program Kerja Sistem Informasi Manajemen SMANegeri 1 Kawali untuk tahun pelajaran 2010-2011.
B.
 
Landasan Penyusunan Program SIM
Sebagai Landasan Penyusunan Program Kerja ini adalah :1.
 
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidkan Nasional( lembaran Negara tahun 2003 Nomor 78, tambahan Lembaran NegaraNomor 4301)
 
Program Kerja Urusan Informasi Manajemen dan Data Base Sekolah SMAN 1 Kawali Tahun 2010-2011
3
2.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian UrusanPemerintahan antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, danPemerintah Daerah Kabupaten/Kota.3.
 
Permendiknas Nomor 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah4.
 
Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademikdan kompetensi guru5.
 
Permendiknas Nomor 19 tahun 2007 tentang standar pengelolaanpendidikan6.
 
Permendiknas Nomor 20 tahun 2007 tentang standar penilaian pendidikan7.
 
Permendiknas Nomor 24 tahun 2007 tentang standar sarana danprasarana pendidikan8.
 
Permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses9.
 
Surat keputusan Kepala Dinas Pendidikan propinsi Jawa Barat Nomor :420/Kep.25556-Disdik/2001 tentang Penerapan MBS di Jawa Barat10.
 
Program kerja SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2010-2011.
C
.
 
Ruang Lingkup Penyusunan Program SIM
uang lingkup penyusunan Program Kerja ini meliputi :1.
 
Sistem Informasi Profil (Portal Sekolah)
: berisi Profil Sekolah, Visi, Misi,Fasilitas, program-program, Berita/Artikel, kegiatan/agenda, informasikesiswaan, forum, galeri foto, dan buku tamu.2.
 
Sistem Informasi Personalia
: yang berisi Data Guru dan Staf untukmengelola informasi penting tentang tenaga pengajar maupun staf yangterdaftar di sekolah, seperti biodata, pangkat, jabatan, alamat, statusbekerja, jam kerja, riwayat pendidikan, riwayat karir, riwayat pelatihan,tingkat kehadiran, info gaji dan lain-lain.3.
 
Sistem Informasi Sarana dan Prasarana
: berisi mengenai Manajemen Asetsekolah mulai dari penomoran aset, lokasi aset, penggunaan aset dan jumlah aset.4.
 
Sistem Informasi Keuangan
 
Sekolah
: akan berisi data pembayaran biayapendidikan siswa, seperti SPP, uang awal tahun, dan biaya-biaya lain.Data pembayaran tersebut akan ditampilkan dalam format laporan yangakan memudahkan pihak sekolah dalam melakukan pemeriksaan danevaluasi, seperti :

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
oneesc liked this
Arif Munarto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->