Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Zat Warna Alami Ekstrak Kulit Nangka

Zat Warna Alami Ekstrak Kulit Nangka

Ratings: (0)|Views: 2,330|Likes:

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Abdul Rohman Heryadi on Nov 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/01/2013

pdf

text

original

 
ABSTRAK 
 Tanaman nangka adalah salah satu tanaman daerah tropis.Buahnya dapat dimanfaatkan sebagai makanan. Daun yangmasih muda dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak,sedangkan kayunya dikenal kayu yang anti rayap.Namun demikian, bagian dalam kayu nangka yangberwarna kuning belum dimanfaatkan. Adanya warna kuningdiduga bagian tersebut mengandung pigmen warna yang dapatdimanfaatkan sebagai pewarna alami.Penelitian ini ditekankan pada pencarian jenis zat warnayang terkandung di dalam kayu nangka. Penelitian ini dilakukandalam 2 tahap. Tahap I bertujuan untuk mengekstrak kayunangka bagian dalam dengan mengamati intensitas warna yangtampak pada setiap absorbansi maksimumnya, dilakukan padabahan (kapas, nylon, rayon, poliester, poliakrilat) setelah dicelupdengan larutan hasil ekstraksi. Tahap II adalah karakterisasipigmen, dilakukan terhadap bahan setelah dicelup denganmelakukan pengujian ketahanan luntur warna terhadap gosokandan pencucian.Hasil penelitian menunjukan bahwa pigmen warna yangterkandung di dalam kayu nangka bagian dalam dapat mencelupbahan tekstil, terutama nilon dengan hasil pengujian K/S palingtinggi dibanding bahan kapas, rayon, poliester atau polakrilat. Juga dengan hasil pengujian ketahanan uji gosok dan pencucianyang paling baik diantara bahan lainnya.
ABSTRACT
 Jackfruit (
 Artocarpus heterophylus
) is one of tropical plants.Its usefuly for many purpose. Its having yellow coloured heartsof wood, which may be due to colour pigment content. This research was focused on finding the kind of dyeswhich content inside the wood. Two phases of laboratory were carried out, first wasextracting the heart of wood, with observation to intensity of colour which appear at each maximum absorbance, its obesreveto dyed textile fabrics (cotton, nylon, rayon, polyester,polyacrylic) by extraction solution. Second was characterizationof pigment, by doing endurance test to the textile dyed fabrics.Results of these experiments showed that the heart of  jackfruit wood due the color pigment which able to dyed the
1
 
textile fabrics, especially to nylon fabric which highest result of measuring K/S to the fabric than cotton, jute, polyester, orpolyacrylic. And it has the best result of fastness testing towashing and scraping than other fabrics.
Pendahuluan
Latar Belakang
Dipilihnya kayu nangka dalam penelitian ini adalah, karenaadanya keterangan yang memberikan informasi bahwa, kayunangka bagian dalam, dapat mewarnai bahan tekstil denganwarna kuning yang suram. Dari segi ekonomis, kayu nangkadapat dijadikan pewarna bahan tekstil yang cukup ekonomis,karena kayu nangka bagian dalam, pada kayu dengan diameter± 15 cm, belum dimanfaatkan untuk maksud tertentu, olehkarena itu penelitian ini dapat dikatakan sebagai pemanfaatanlimbah.
Hipotesa
 Menurut suatu literatur, kayu nangka mengandung taninpada partikel kayunya. Tepatnya pada bagian kulit, kayu bagiandalam, dan akarnya. Senyawa ini merupakan senyawa polifenolyang memiliki struktur komplek. Strukturnya yang jugamerupakan golongan flavoniod merupakan senyawa turunandari benzena. Diduga, senyawa ini merupakan pigmen kuinon. Yaitu, senyawa berwarna dan mempunyai kromofor, yang terdiriatas dua gugus karbonil yang berkonyugasi dengan dua ikatanrangkap karbon-karbon.
2
 
Oleh karenanya, kemungkinan besar pigmen inilahyang akan mewarnai serat, dan akan menghasilkan warnacoklat-kekuningan, atau warna kuning yang pudar (tidakmengkilat). Juga dimungkinkan untuk mencelup wool, sutera,kertas dan bahan dari kulit.
Maksud dan Tujuan
Maksud dari penelitian ini adalah melakukan ekstraksi dankarakterisasi zat warna yang terkandung dalam kayu nangkabagian dalam sebagai zat warna alam untuk mewarnai bahantekstil. Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan danmengembangkan kayu nangka sebagai bahan pewarna alamiuntuk bahan tektil, sehingga dapat memperkaya temuan zatwarna alam.
Teori Pendekatan
Kandungan Kayu Nangka
Senyawa fenol meliputi aneka ragam senyawa yangberasal dari tumbuhan, yang mempunyai ciri sama yaitu cincinaromatik dengan satu atau dua penyulih hidroksil. Flavoniodmerupakan golongan fenol alam terbesar, tetapi fenol monosikliksederhana, fenilpropanoid dan kuinon fenolik juga terdapatdalam jumlah besar. Beberapa golongan bahan polimer pentingdalam tumbuhan – lignin, melanin, dan tanin – adalah senyawapolifenol.Tanin terdapat luas dalam tumbuhan, khususnya padabagian kayu. Pada batasannya tanin dapat bereaksi denganproteina membentuk kopolimer yang mantap yang tidak larutdalam air.
1
1
 
Metode Fitokimia Penurunan Cara Modern Menganalisis Tumbuhan, J. B. Harborne, Hal 102
3

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Harisah Ruslan liked this
Weni Tsuki liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->