Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
JUKNIS-T.ELEKTRO-2009

JUKNIS-T.ELEKTRO-2009

Ratings: (0)|Views: 1,200 |Likes:
Published by i_g_o_n

More info:

Published by: i_g_o_n on Nov 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/25/2013

pdf

text

original

 
 85
BAB III JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
 
3.1. URAIAN SINGKAT
3.1.1. SEJARAH BERDIRINYA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
Berdirinya Jurusan Teknik Elektro adalah berkaitan dan tak terpisahkan dari sejarahberdirinya
 
Universitas Res Republika.Berdasarkan surat keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No.013/dar/Tahun 1965, tanggal 15 Nopember 1965, Universitas Res Republika dibuka denganmengganti namanya menjadi Universitas Trisakti, yaitu Universitas baru yang berlandaskanPancasila.Pada saat pendirian Universitas Trisakti tersebut, Departemen Elektro berada di bawahFakultas Teknik bersama 3 departemen teknik lainnya, yaitu Mesin, Sipil, dan Arsitektur.Pada periode 1966-1967 ijazah Sarjana Muda Lengkap dan Sarjana Lengkap Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro telah berstatus DIAKUI.Pada tahun 1972 Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro mengalami peningkatan status daristatus DIAKUI menjadi DISAMAKAN untuk ijazah Sarjana LENGKAP melalui suratkeputusan Menteri P dan K No. 090/u/1972 tanggal 8 Juni 1972.Pada tahun 1983 mulai diterapkan SKS dan Fakultas Teknik USAKTI dikembangkan menjadi 2Fakultas yaitu FTSP dan FTI, di mana Jurusan Teknik Elektro berada di bawah FTI bersamadengan Jurusan Teknik Mesin, Geologi dan Perminyakan.Pada tahun 1984 Jurusan Teknik Geologi dan Perminyakan me-misahkan diri dari FTI denganmembentuk FTM (Fakultas Teknologi Mineral) dan di FTI lahir Jurusan baru sehingga menjadi Jurusan Teknik Mesin, Elektro, dan Industri tahun bertambah lagi satu Jurusan yaitu JurusanTeknik Informatika berdirinya pada tahun 1996.Pada tahun 1984 itu juga Jurusan Teknik Elektro FTI USAKTI memperoleh predikat sebagai Jurusan terbaik ke-2 di lingkungan Kopertis Wilayah III.
 
 86
Pendidikan dan pengajaran di Jurusan Teknik Elektro FTI USAKTI pada saat mula-muladidirikan diklasifikasikan menjadi dua pengutamaan studi yaitu:a. Teknik Tenaga Listrik (Arus Kuat)b. Teknik Telekomunikasi dan Elektronika (Arus Lemah).Pada tahun Akademik 1984/1985 untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan sesuai dengantuntutan jaman, maka Jurusan Teknik Elektro mengembangkan satu program studi yang baruyaitu komputer dan otomatika, sehingga pengutamaan studinya menjadi 3, yaitu:a.
 
Teknik Tenaga Listrikb.
 
Teknik Telekomunikasi dan Elektronikac.
 
Komputer dan Otomatika.Sedangkan sejak tahun 1996 Jurusan Teknik Elektro dikembangkan lagi sehingga mempunyai5 macam konsentrasi, yaitu:a.
 
Teknik Tenaga Listrik (A)b.
 
Teknik Telekomunikasi (B)c.
 
Teknik Kontrol (C)d.
 
Teknik Elektronika (D)e.
 
Teknik Sistem Komputer (E)
3.1.2. PESAN KEPADA PARA MAHASISWA
Sesuai dengan program pendidikan di Jurusan Teknik Elektro, pendidikan untuk mencapaiSarjana S-1 mempunyai jumlah beban 144 sks yang dapat diprogram dalam 4 tahun atau 8semester. Ini berarti bahwa mahasiswa yang baik harus dapat merencanakan/meraih hasillulus tiap semester sebanyak 18 sks.Untuk diperkenankan mengambil sejumlah matakuliah dengan jumlah beban 18 sks, indeksprestasi yang dicapai sekurangnya harus 2,5 artinya untuk semua matakuliah harus diperolehnilai C dan B sama banyak. Di lain pihak harus diperhatikan pula bahwa batas masa studiadalah 7 tahun atau 14 semester.Agar tidak melampaui batas masa studi ini seorang mahasiswa harus meraih keberhasilansekurang-kurangnya 10,3 sks setiap semester, juga dengan nilai rata-rata C. Prestasi yangkurang dari ini akan terancam putus studi. Karena itu dalam rangka perencanaan waktu,matakuliah apa dan praktikum apa yang dicantumkan dalam Kartu Rencana Studi (KRS)
 
 87
menjadi penting. Rencanakanlah prestasi yang ingin dicapai seimbang mungkin denganmemperhatikan masa libur, rekreasi, kegiatan kemahasiswaan, dan lainnya.Buatlah pekerjaan rumah pada waktunya. Persiapan untuk menempuh ujian harusdilaksanakan sejauh mungkin. Belajar satu, dua hari sebelum ujian biasanya membawa hasilyang buruk. Dalam masalah di atas Dosen Wali Saudara dapat membantu Saudara; karena itu jangan segan-segan untuk menghubunginya.Selain itu bacalah dengan teliti buku ini dan buku pedoman program pendidikan SistemKredit Semester Universitas Trisakti. Tidak lain harapan kami semoga Saudara suksesmenempuh pendidikan di Jurusan Teknik Elektro. Dan Tuhan menyertai kita semua. Amin. Jakarta, Mei 2009 Jurusan Teknik Elektro,Fakultas Teknologi Industri Universitas TrisaktiKetua,ttd(Ir. Chairul Gagarin Irianto,MS)

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
ariatman liked this
Miro Fazrie added this note
wak laaa funsi,kegunaan,cara menggunAKannya techogenerator
Winda Novriani liked this
Perlin Gaho liked this
b33law liked this
Setyo Harmono liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->