Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
97Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tugas pkn (tujuan dan manfaat otonomi daerah)

tugas pkn (tujuan dan manfaat otonomi daerah)

Ratings: (0)|Views: 9,797 |Likes:
Published by Ayu Indah Rahayu
tugas kelompok pkn. tema: tujuan dan manfaat otonomi daerah
tugas kelompok pkn. tema: tujuan dan manfaat otonomi daerah

More info:

Published by: Ayu Indah Rahayu on Nov 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/20/2014

pdf

text

original

 
TUGAS PKN
DISUSUN
OLEH:IX.2 (KELOMPOK I)AYU INDAH RAHAYUADINDA FAUZIAH RAMADHANIYASMINE SAFIRAH NLTABAYYUN PASSINRINGINURUL PUTRI AHSANIMAYA REZKI ANNISYAH
 
TUJUAN DAN MANFAAT OTONOMI DAERAH
PEMBAHA 
S
 A 
N
 
A.
 
Pengertian Otonomi Daerah Dan Desentralisasi
 Otonomi dalam makna sempit dapat diartikan mandiri, sedangkan daslam maknayang lebih luas diartikan sebagai berdaya. Dengan demikian otonomi daerah berartikemandirian suatu daerah dalam kaitan pembuatan dan pengambilan keputusan mengenaikepentingan daerahnya sendiri. Jika daerah sudah mampu mencapai kondisi tersebut makadaerah dapat dikatakan sudah berdaya untuk melakukan apa saja secara mandiri tanpaintervensi dari luar.Sedangkan desentralisasi merupakan pelimahan kewenangan dan tanggung jawabdari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.Rondineli mendedfinisikan desentralisasi sebagai transfer tanggung jawwab dalam perencanaan, manajemen, dan alokasi sumber-sumber dari pemerintah pusat dan agen-agennya kepada unit kementrian pemerintah pusat, atau unit yang ada dibawah pemerintah.M. Tuner dan d. Hulme berpandangan bahwa yan dimaksud dengan desentralisasiadalah transfer kewenagan untuk menyelenggarakan beberapa pelayanan public dari pemerintah pusat kepada agen yang lebih dekat kepada publik yang dilayani. Dalam hal ini pemerintah pusat menempatkan kerenangan kepada level pemerintah yang lebihrendahdalam wilayah hirarkis yang secara geogradfis lebih dekat dengan yang dilayani.
B.
 
Landasan Penyelenggaraan Otonomi Daerah
 Terdapat beberapa alasan mengapa kebutuhan terhadap dilaksanakannyadesentralisasi diindonesia dirasa sangat mendesak, diantaranya :1.
 
Kehidupan ekonomi yang terpusat di jakarta, sementara itu pembangunan di beberapawilayah lain dilalaikan.2.
 
Pembagian kekayaan yang tidak adil dan merata. Daerah yang memiliki sumberdayaalam yang melimpah tidak menerima perolehan dana yang patut dari pemerintah.3.
 
Kesenjangan sosial antara suatu daerah dengan daerah yang lain sangat terasa.Pembangunan fisik disuatu daerah sangat pesat sekali, namun disisi lain pembangunandi daerah lain masih lamban bahkan terbengkalai.
 
C
.
 
Tujuan Otonomi Daerah
 Desentralisasi merupakan simbol adanya kepercayaan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Dalam konsep desentralisasi, peran pemerintah pusat adalah mengawasi,memantau, dan mengevaluasi pelaksannaan otonomi daerah.Tujuan yang hendak dicapai dengan diterapkannya otonomi daerah yaitu untuk memperlancar pembangunan diseluruh pelosok tanah air secara merata tanpa ada pertentangan, sehingga pembangunan daerah merupakan pembangunan nasional secaramenyeluruh.Melalui otonomi diharapkan daerah akan lebih mandiri dalam menentukan setiapkegiatannya tanpa ada intervensi dari pemerintah pusat. Pemerintah daerah diharapkanmampu membuka peluang memajukan daerahnya dengan melakukan identifikasi sumber-sumber pendspatan dan mampu menetapkan belanja daerah secara efisien, efektif, danwajar.Untuk mencapai tujuan tersebut, maka konsep otonomi yang diterapkan adalah :1.
 
Penyerahan sebanyak mungkin kewenangan pemerintah pusat dalam hubungandomestik kepada pemerintan daerah. Kecuali untuk bidang politik luar negeri, pertahanan, keagamaan, serta bidang keuangan dan moneter. Dalam konteks ini, pemerintah daerah terbagi atas dua ruang lingkup, yaitu daerah kabupaten dan kota, dan propinsi.2.
 
Penguatan peran dprd sebagai representasi rakyat.3.
 
Peningkatan efektifitas fungsi pelayanan melalui pembenahan organisasi dan institusiyang dimiliki, serta lebih responsif terrhadap kebutuhan daerah.4.
 
Peningkatan efisiensi administrasi keuangan daerah serta pengatuan yang lebih jelasatas sumber-sumber pendapatan daerah. Pembagian pendapatan dari sumber penerimaanyang berkaitan dengan kekayaan alam, pajak dan retribusi.5.
 
Pengaturan pembagian sumber-sumber pendapatan daerah serta pemberian keleluasaankepada pemerintah daerah untuk menetapkan prioritas pembangunan serta optimalisasiupaya pemberdayaan masyarakat.6.
 
Perimbangan keuangan antara pusat dengan daerah yang merupakan suatu system pembiayayaan penyelenggaraan pemerintah yang mencakup pembagian keuanganantara pemerintah pusat dengan daerah serta pemerataan antar daerah secara proposional.

Activity (97)

You've already reviewed this. Edit your review.
Isna Kurniawati liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Arief Prince liked this
Suroso Raju liked this
Widi Wulandari liked this
Hary Kurniawan liked this
Desmiyetty liked this
Anis Khamidah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->