Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
9Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Materi Pemimpin Dan Kepemimpinan

Materi Pemimpin Dan Kepemimpinan

Ratings: (0)|Views: 2,408|Likes:
Published by Wahyudin

More info:

Published by: Wahyudin on Nov 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/20/2013

pdf

text

original

 
PEMIMPIN DAN KEPEMIMPINAN
Menurut
Stephen P. Roobins
(2001 : 4) bahwa ”Organisasi adalah suatu unit(satuan) sosial yang dikoordinasikan dengan sadar, yang terdiri dari dua orang atau lebihyang berfungsi atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan atauserangkaian tujuan bersama”. Berdasarkan definisi ini, perusahaan manufaktur dan jasaadalah organisasi, demikian pula sekolah, rumah sakit, gereja, satuamn militer, tokoeceran, kantor polisi, dan badan pemerintah lokal, negara bagian, dan federal.Orang–orang yang mengawasi kegiatan–kegiatan orang lain dan yang bertanggung jawab atas pencapaian tujuan dalam organisasi ini adalah manajer yangdengan kata lain manager bisa kita sebut juga Pemimpin.Menurut
Henry Fayol
dalam buku Perilaku Organisasi (2001 : 5) mengatakan bahwa ”Manajer menjalankan lima fungsi manajemen : mereka merencanakan,mengorganisasi, memerintah, mengkoordinasi, dan mengendalikan”. Bila kita tinjaukembali bahwa fungsi tersebut termasuk ke dalam komponen kepemimpinan. Jadi bisakita ambil kesimpulan kepemimpinan merupakan bagian dari organisasi.Kepemimpinan merupakan cabang dari kelompok ilmu administrasi, khususnyailmu administrasi negara. Sedangkan ilmu administrasi adalah salah satu cabang dariilmu-ilmu social dan merupakan salah satu perkembangan dari filsafat. Kepemimpinandimasukkan ke dalam kategori “ilmu terapan” dari ilmu-ilmu social sebab prinsip-prinsip,definisi, dan teori-teorinya diharapkan dapat bermanfaat bagi usaha peningkatan taraf manusia. Kepemimpinan sebagai cabang ilmu bertujuan untuk:1.Memberikan pengertian mengenai kepemimpinan secara luas,2.Menafsirkan dari tingkah laku pemimpin, dan3.Pendekatan terhadap permasalahan sosial yang dikaitkandengan fungsi pemimpin.
 
Kepemimpinan muncul bersama-sama adanya peradaban manusia yaitu sejak zaman nabi-nabi dan nenek moyang manusia yang berkumpul bersama, lalu bekerja bersama-sama untuk mempertahankan eksistensi hidupnya menantang kebuasan binatangdan alam di sekitarnya. Sejak itulah terjadi kerja sama antar manusia dan ada unsurekepemimpinan. Pada saat itu pribadi yang ditujuk sebagai pemimpin ialah orang-orangyang paling kuat, paling cerdas, dan paling berani. Sebagai contoh, Kautilya dengantulisannya “Arthasastra(321 Sebelum Masehi) menuliskan cirri-ciri khas seorang perwira yang ditunjuk sebagai pemimpin, ialah:1.Pribumi, lahir dari keturunan luhur,2.Sehat, kuat, berani, ulet,3.Intelegent punya ingatan yang kuat, pandai, fasih berbicara,4.Punya watak yang murni dengan sifat-sifat utama, penuh kebaktian, setia, taat pada kewajiban, punya harga diri, kokoh pendiriannya, memiliki antusiasme, bijaksana, mampu melihat jauh ke depan,5.Ramah-tamah, baik hati, sopan-santun,6.Terampil, terlatih baik dalam bidang seni,7.Mempunyai pengaruh.Terdapat 2 pendapat mengenai asal-usul kepemimpinan yaitu :
2.1.1 Pemimpin Dilahirkan
 
(
 Leaders are born
)
Artinya seseorang hanya akan menjadi pimpinan yang efektif karena diadilahirkan dengan bakat-bakat kepemimpinan. Pandangan ini diwarni filsafat hidupyang deterministik dalam arti bahwa adanya keyakinan diantara para penganutnya bahwa jika seseorang memang sudah ditakdirkan menjadi seorang pemimpin”,terlepas dari pejalanan hidup yang bersangkutan tampil pada panggungkepemimpinan dan akan efektif dalam menjalankan fungsi-fungsi kepemimpinannya.Bagi para penganut pendapat ini tidak menjadi soal betapa banyak kesempatan yangdimanfaatkan seseorang dalam upaya menumbuhkan efektivitas kepemimpinannya,apabila seseorang itu tidak dilahirkan dengan bakat kepemimpinan yang bersangkutantidak akan pernah menjadi pemimpin yang efektif.
 
2.1.2 Pemimpin Dibentuk dan Ditempa (
 Leaders are made
)
Pandangan ini berkisar pada pendapat yang mengatakan bahwa efektifitaskepemimpinan seseorang dapat dibentuk dan ditempa. Caranya adalah denganmemberikan kesempatan yang luas kepada yang bersangkutan untuk menumbuhkandan mengembangkan efektifitas kepemimpinannya melalui bebagai kegiatan pendidikan dan latihan kepemimpinan. Menurut pandangan para penganut paham ini bahwa kepemimpinan seseorang dapat dibentuk dan bahwa efektifitas kepemimpinandapat dipelajari,dengan pendidikan dan latihan yang terarah dan intensif. Para penganut paham ini pada umumnya tegolong pada orang-orang yang menganut paham egalitarianistik.
2.2 Konsep Dasar / Teori Kepemimpinan
Konsep dasar atau teori kepemimpinan memiliki pengertian sebagai berikut.a.Suatu penggeneralisasian dari suatu seri fakta mengenai sifat-sifat dasar dan perilaku pemimpin dan konsep-konsep kepemimpinan. b.Dengan menekankan latar belakang histories dan sebab musababtimbulnya kepemimpinan serta persyaratan untuk menjadi pemimpin.c.Sifat-sifat yang diperlukan oleh seorang pemimpin , tugas-tugas pokok dan fungsinya, serta etika profesi yang perlu dipakai oleh pemimpin.d.Suatu konsep yang menganggap bahwa kepemimpinan merupakan suatukemampuan yang berupa sifat-sifat yang dibawa sejak lahir yang ada pada diriseorang pemimpin. Menurut konsep ini kepemimpinan diartikan sebagai “traitswithin the individual leader”. Jadi, seorang dapat menjadi pemimpin karenamemang dilahirkan sebagai pemimpin dan bukan karena dibuat/dididik untuk itu(leaders were borned and not made). Konsep ini merupakan konsep yang palingtua dan paling lama dianut orang.e. Konsep kedua agak lebih maju lagi. Konsep ini memandangkepemimpinan sebagai fungsi kelompok (function of the group). Menurut konsepini sukses tidaknya suatu keputusan tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuanatau sifat-sifat yang ada pada seseorang tetapi justru yang lebih penting adalahdipengaruhi oleh sifat-sifat yang ada dan ciri-ciri kelompok yang dipimpinnya.

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rabial Kanada liked this
Jajang Sulaeman liked this
Ayi Kim liked this
Fariezal Adhi liked this
Yuni Sasie liked this
Wida Ningsih liked this
Miguel Goncalves liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->