Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
161Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bahan Kks Neuro Lengkap-nico

Bahan Kks Neuro Lengkap-nico

Ratings: (0)|Views: 7,393|Likes:
Published by 928cb

More info:

Published by: 928cb on Nov 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/08/2013

pdf

text

original

 
Palembang, 200
7
Neurology Department
Nico Poundra Mulia
 1
 CEREBROVASCULAR DISEASEAnamnesis
Penderita dirawat di bagian saraf RSMH karena sukar/tidak bisa berjalan yang disebabkankelemahan pada lengan kanan/kiri dan tungkai kanan/kiri (tidak bisa digerakkan) yang terjadi secaratiba-tiba/ perlahan-lahan.± ..................jam/hari SMRS, saat penderita bangun tidur/ istirahat/ aktifitas/…. tiba-tiba penderita mengalami kelemahan pada lengan kanan/kiri dan tungkai kanan/kiri (tidak bisadigerakkan) disertai/tanpa disertai kehilangan kesadaran selama ±.......menit/sampai sekarang. Saatserangan penderita merasa sakit kepala yang di sertai mual muntah, disertai/tanpa disertai kejang, tanpadisertai gangguan rasa pada sisi yang lemah/lumpuh, disertai gangguan rasa baal, nyeri, kesemutan, dll pada sisi yang lemah/tidak bisa digerakkan. Kelemahan pada lengan kanan/ kiri dan tungkai kanan/kiri(tidak bisa digerakkan) dirasakan tidak sama/sama berat. Sehari-hari penderita bekerja menggunakantangan kanan/kiri. Penderita masih tidak dapat/tidak dapat mengungkapkan isi pikirannya secara lisan,tulisan, dan isyarat. Penderita masih dapat/tidak dapat mengerti isi pikiran orang lain yang diungkapkansecara lisan, tulisan, dan isyarat. Saat bicara mulut penderita tidak mengot/mengot ke kanan/ kiri dan bicaranya tidak pelo.Saat serangan penderita mengalami/ tidak mengalami jantung yang berdebar-debar disertaisesak napas (bila mengalami sejak kapan......berobat ke dokter atau tidak, control teratur atau tidak).Penderita sering mengeluh/ tidak sering mengeluh sakit kepala bagian belakang yang timbul pada pagihari dan berkurang pada malam hari. penderita tidak pernah/ pernah mengalami koreng di kemaluanyang tidak gatal, tidak nyeri, dan sembuh sendiri. Penderita tidak pernah/pernah mengalami bercak merah di kulit yang tidak gatal, tidak nyeri, dan sembuh sendiri. Penderita tidak pernah/pernahmengalami nyeri pada tulang panjang. Penderita/ istri penderita tidak pernah/ pernah mengalamikeguguran pada usia kehamilan lebih dari 16 minggu.Penyakit ini/ seperti ini, diderita untuk pertama/ kalinya. (Bila lebih dari satu kali :pertama kaliterjadi kelemahan pada lengan kanan/kiri dan tungkai kanan/ kiri kurang lebih bulan/ tahun yang laludan yang kedua sekarang.
Lues Stadium
1.
 
Koreng di kemaluan tidak gatal, tidak nyeri sembuh sendiri2.
 
Bercak merah di kulit tidak gatal, tidak nyeri, sembuh sendiri3.
 
 Nyeri tulang panjang4.
 
Keguguran usia kehamilan > 16 minggu
SINDROMA GUILLIAN BARREAnamnesis
Penderita dirawat di bagian saraf RSMH karena sukar/tidak bisa berjalan yang disebabkankelemahan pada lengan kanan/kiri dan tungkai kanan/kiri (tidak bisa digerakkan) yang terjadi
 
secaratiba-tiba/ perlahan-lahan.±.......hari sebelum masuk rumah sakit penderita mengalami demam, sakit kepala ada, nyeri diseluruh badan tidak ada, badan terasa lemas tidak dirasakan. Penderita masih bisa beraktifitas seperti biasa, ±....... jam sebelum masuk rumah sakit penderita merasa lemah pada kedua tungkai sehingga sulitdigerakkan, penderita masih bisa duduk, buang air kecil masih seperti biasa.....jam sebelum masuk rumah sakit penderita merasa, kedua tungkai makin lama makin terasa lemah dan semakin lama keduatungkai semakin berat. Penderita dibawa berobat ke RSMH.Riwayat trauma pada punggung bawah tidak ada/ ada. Riwayat benjolan pada punggung bawahtidak ada/ ada.Penyakit seperti ini diderita untuk yang.......kalinya.
 
Palembang, 200
7
Neurology Department
Nico Poundra Mulia
 2
KEJANG PARALISE TODDAnamnesis
Penderita dirawat di bagian saraf RSMH karena kehilangan kesadaran disertai kejang-kejangseluruh tubuh,± .........jam/ hari sebelum masuk rumah sakit saat sedang beraktivitas tiba-tiba penderitakehilangan kesadaran disertai kejang-kejang seluruh tubuh selama ±.....menit. Tangan penderita sepertimenggenggam, mata penderita melirik ke sisi kanan/ kiri terus-menerus. Kejang tanpa didahuluimencium sesuatu yang khas dan tanpa didahului melihat sesuatu bayangan putih (awan) disertai/ tidak muntah, tapa keluar/ keluar busa dari mulut. Setelah kejang terjadi kelamahan pada lengan kanan dantungkai kanan dan bicara pelo. Penderita masih dapat mengingat apa yang terjadi sebelum dan sesudahkejang.Pada saat serangan punderita tidak/merasa jantung berdebar-debar, berkeringat dingin dan pucat. Penderita tidak minum obat-obat terlarang. Riwayat kejang dengan keluar busa dari mulut tidak ada/ ada. Dalam keluarga tidak pernah/pernah ada yang kejang. Penderita tidak mengeluh sakit kepalayang timbul pada pagi hari dan berkurang pada malam hari. Riwayat trauma kepala tidak ada/ ada.Penyakit seperti ini diderita untuk yang......kalinya.
TRAUMA KAPITISAnamnesis
Penderita dirawat di bagian saraf RSMH karena sakit kepala/ kehilangan kesadaran yangdisebabkan benturan pada kepala akibat dipukul orang dengan kayu/besi/terpeleset/ dan kepalamembentur dinding/lantai kamar mandi.± .......hari/jam SMRS penderita terjatuh saat dibonceng (oleh temannya/mengendarai) naik sepeda motor. Penderita terpeilanting dan kepalanya membentur aspal dan terluka (dijahit/tidak).Penderita langsung pingsan ±.....menit (commotion)/ > (contusion). Tidak ada darah yang keluar darikedua lubang hidung, mulut, serta liang telinga kanan dan kiri penderita. Setelah sadar penderitamengeluh pusing dan sakit kepala disertai mual dan muntah. Penderita masih/tidak ingat peristiwa- peristiwa sebelum dan sesudah kejadian.Riwayat penderita menderita sakit kepala berputar-putar tidak ada/ada. Riwayat sering pingsantidak ada/ada. Riwayat sering pingsan disertai keringat dingin, disertai kejang berulang tidak ada/ada.Penyakit seperti ini diderita untuk yang.......kalinya.
HIPERTENSI ENSEFALOPATIAnamnesis
Penderita dirawat di bagian saraf RSMH karena penurunan kesadaran disertai kejang yangterjadi secara tiba-tiba.± .........hari/jam sebelum masuk rumah sakit penderita mengeluh sakit di belakang kepala yanghebat, mual dan muntah tidak ada/ada. Kemudian penderita diurut oleh dukun pijat, tapi setelah dipijat penderita muntah, timbul kejang di seluruh tubuh, lama kejang (15) menit. Setelah kejang penderita pingsan, bila dirangsang penderita timbul kejang lagi, lalu penderita dibawa ke (bidan desa). Penderitamuntah lalu kejang di seluruh tubuh ± (5) menit. Penderita disuntik tapi tidak tahu nama obatnya.Penderita dianjurkan dibawa ke rumah sakit. Selama di perjalanan penderita kembali muntah disertaikejang, lama kejang (5) menit. Setelah kejang penderita tidak sadar, lalu diinfus dan disuntik.Riwayat sakit di belakang kepala yang timbul pada pagi hari dan berkurang pada sore hari adasejak ............................................................bulan/ tahun yang lalu. Riwayat sering kejang disertaikehilangan kesadaran sebelumnya tidak ada.Penyakit seperti ini diderita untuk yang.....kalinya.
 
Palembang, 200
7
Neurology Department
Nico Poundra Mulia
3
TETRAPARESEAnamnesis
Penderita dirawat di bagian saraf RSMH karena tidak bisa berjalan yang disebabkan kelemahan pada kedua tungkai dan kedua lengan yang terjadi secara perlahan-lahan.± ..........jam/hari sebelum masuk rumah sakit penderita mengeluh batuk, darah tidak ada/ ada,demam tidak ada/ ada. Penderita sering berkeringat pada malam hari, nafsu makan menurun. Penderita berobat ke dokter dan di rontgen dada. Penderita diberi obat paru yang menyebabkan air kencing penderita berwarna merah. ± .....(10) hari sebelum masuk rumah sakit penderita mengalami gangguanrasa di kulit berupa kesemutan rnulai dari puting susu sampai jari kaki, kelemahan pada kedua lengandan kedua tungkai secara tiba-tiba. Penderita tidak dapat buang air kecil dan buang air besar. Penderitamenghentikan makan obat paru. Penderita berobat ke RSMH dan dirawat.Penderita demam, tidak pernah mengalami benjolan di tempat...............Riwayat trauma tidak ada/ ada.Penyakit seperti ini diderita untuk yang ..kalinya.
D/K 
tetraparese tipe spastik Hipestesi setinggi papila mammae sampai ujung jari kakiRetensio uri et alvi
D/T
lesi transversal total medulla spinalis setinggi C4
D/E
susp. Spondylitis TB
DD
/ metastase
PARKINSONAnamnesis
Penderita dirawat di bagian saraf RSMH karena sukar berjalan yang disebabkan kedua tungkaidan kedua lengan gemetar, gerakan lambat disertai kekakuan yang terjadi secara perlahan-lahan.±... bulan smrs, penderita mengalami gemetaran pada kedua lengan secara terus-menerus. ±... bulan smrs penderita mengalami gemetaran pada kedua tungkai dan gemetar pada kedua lengansemakin parah. ±... bulan smrs gerakan kedua lengan dan tungkai semakin lambat yang disertaikekakuan. Kemudian penderita sukar berjalan karena saat berjalan seperti mau jatuh ke depan.Penderita tidak pernah mengalami demam yang diikuti gerakan cepat, terpatah-patah dan terus-menerus pada keempat ekstremitas. Penderita tidak pernah mengalami gerakan lambat, terus-menerus,melentik-lentik seperti penari jawa. Penderita juga tidak pernah mangalami gerakan seperti melempar cakram.Penyakit ini diderita untuk ....... kalinya.Status NeurologicusFungsi motorik Lka Lki Tka TkiGerakan C C C CKekuatan 5 5 5 5Tonus Rigiditas (+)Klonus - -R. Fisiologis N N N NR. Patologis - - - -Gerakan abnormal : Resting Tremor (+)Rigiditas (+) Trias ParkinsonHipokinesia (+)Gait dan Keseimbangan : Profulsion GaitDK: Parkinson DiseaseDT: Ganglia BasalisDE: Degeneratif 

Activity (161)

You've already reviewed this. Edit your review.
giniani liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Yulia Agustina liked this
Amnaa Sii Gledex liked this
Nur-ul Fatiha liked this
Nur-ul Fatiha liked this
asepsis liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->