Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
25Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Dinamika Ketatanegaraan Ri_htn

Dinamika Ketatanegaraan Ri_htn

Ratings: (0)|Views: 7,309|Likes:
Published by Yudha Pradana

More info:

Published by: Yudha Pradana on Nov 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/25/2013

pdf

text

original

 
DINAMIKA KETATANEGARAAN RI
Sejak proklamasi 17 Agustus 1945 hingga sekarang di Indonesia telah berlaku tiga macam undang-undang dasar dalam bererpa periode, yaitu ;
1.Periode 18 Agustus 1945 – 27 Desember 1949 (masa kemerdekaan);
Saat Republik Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945,republik yang baru ini belum mempunyai undang-undang dasar. Baru seharikemudian pada tanggal 18 agustus 1945 oleh Panitia Persiapan KemerdekaanIndonesia (PPKI) disahkan Undang-undang Dasar 1945 (UUD 1945) sebagaiUndang-undang Dasar Republik Indonesia.a.
 Penyususn Undang-undang Dasar 1945.
Pada tanggal 28 mei 1945, pemerintah balatentara Jepang melantik BadanPenyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). PembentukanBadan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia ini adalahsehubungan dengan janji dari pemerintah Jepang yang diucapkan oleh PerdanaMenteri Jepang Koiso di depan Dewan Perwakilan Rakyat Jepang, yang akanmemeberikan Kemerdekaan kepeda Indonesia di kemudian hari.86) Janji tersebutmaksudnya agar bangsa Indonesia membantu balatentara jepang terus terpukulmundur dimana oleh tentara sekutu.Badan Penyelidik Usaha-Usaha persiapan kemerdekaan Indonesia ini beranggota 62 orang dengan Dr. K.R.T. Radjiman sebagai ketua dan R.P. SarosoSebagai Wakil Ketua.Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Kemerdekaan Indonesia ini dapatdibagi dalam dua masa yaitu masa sidang pertama dari tanggal 29 mei 1945sampai 1 juni 1945 dan masa siding kedua dari tanggal 10 juli 1945 ampai 17 juli1945.Walaupun maksud pendirinan badan ini hanya untuk menyelidiki usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia, sesuai dengan janji pemerintah balatentara jepang, namun apa yang dihasilkan kemudian oleh badan ini jauh darisekedar mengadakan penyeledikan, karena badan itu melakukan tugasnya sampaikepada penyusunan suatu Rancangan Undang-undang Dasar.
 
Kapena itu pada masa sidang pertama badan itu telah membicarakantentang
 philosofische grondslag 
, dasar falsafah dari Indonesia merdeka, dandalam rangka itu pada tanggal 29 Mei 1945 dan 1 Juni 1945 Mr. Moh. Yamin danIr. Soekarno telah mengucapkan pidatonya. Kedua pidato tersebut memuat dasar-dasar bagi Indonesia merdeka.Baru kemudian pada masa sidang kedua, pembicaraan tentang RancanganUndang-undang Dasar benar-benar dilaksanakan dan dibentuklah suatu panitiayang diberi nama Panitia Hukum Dasr dengan anggota terdiri dari 19 orangtermasuk ketuanya Ir. Soekarno. Panitia ini kemudian membentuk Panitia kecilyang terdiri dari Prof. Mr. Soepomo, Mr. Wongsonegoro, R. Soekardjo, Mr. A.Maramis, Mr. R. Pandji Singgih, H.A Salim dan Dr. Sukiman, sedangkanketuanya diangkat Prof. Mr. Dr. Soepomo.Pada tanggal 13 Juli 1945 Panitia Kecil telah menyelesaikan tugasnya, danmemberikan Laporan kepada Penitia Hukum Dasar. Setelah beberapa kali sidang, badan penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia menyetujui hasil panitia tersebut sebagai rancangan undang-undang dasar pada tanggal 16 Juli1945. b.
 Lahirnya Undang-undang Dasar 1945.
Dengan selesainya tugas Badan Penyeleidik Usaha-usaha PersiapanKemerdekaan Indonesia, maka oleh pemerintah Balatentara Jepeng dibentuklahPanitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Tugas panitia inimempersiapkan segala sesuatunya sehubungan dengan kemerdekaan Indonesia.Panitian ini terdiri dari 21 orang anggota termasuk seorang ketua dan wakil ketuamasing-masing Ir. Soekarno dan Drs. Mohamad Hatta.Menurut rencananya Panitia ini akan memulai bekerja pada tanggal 9agustus 1945, dan diharapkan pada tanggal 24 agustus 1945 hasil kerja panitia inidapat disahkan oleh pemerintah Jepang.Rencana tersebut ternyata tidak dapat berjalan, karena sebelum panitiatersebut menjalankan tugasnya, pada tanggal 6 agustus 1945 sekutu menjatuhkan bom atom di Hirosima, dan pada tanggal 9 agustus di Nagasaki. Akibatnya Jepangmenyerah kepada sekutu.
 
Akibat dari hal tersebut di atas, maka panitia persiapan kemerdekaanIndonesia yang semula beranggota 21 orang ditambah menjadi 26 orang, dan tidak dapat lagi dikaitkan dengan pemerintah balatentara jepang, karena sebelum panitiatersebut bekerja jepang telah menyerah kepada sekutu, dan panitia yang baru inisudah ditambah dengan 5 orang.Panitia persiapan kemerdekaan Indonesia kemudian dibentuk oleh bangsaIndonesia sehari setelah proklamasi kemerdekaan yaitu pada tanggal 18 agustus1945 mengesahkan Undang-undang Dasar 1945. Apabila diperhatikan hasil panitia Hukum Dasar yang diterima oleh Badan Pneyelidik Usaha kemerdekaanIndonesia banyak yang diterima oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesiadan khusus mengenai pembukaan Undang-undang Dasar 1945 perlu diperhatikanapa yang dicetuskan oleh 9 orang tokoh bangsa Indonesia pada tanggal 22 juni1945 di Jakarta, yang dinamakan Piagam Jakarta. Piagam ini memuat pokok- pokok pikiran tentang Negara Indonesia merdeka. Setelah dihilangkan 7 kata-katadalam piagam Jakarta tersebut, maka seluruh isinya dijadikan pembukaanUndang-Undang Dasr 1945.c.
 Kesahan Undang-undang Dasar 1945.
Seperti yang telah dijelaskan bahwa Undang-undang Dasar 1945 disusunoleh Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia yang kemudiandilanjutkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jelas bahwa kedua badan tersebut bukan konstituante atau badan yang dapat disamakan dengan ituseperti Majelis Permusyawaratan Rakyat hasil pemelihan umum. Karena itutimbul pertanyaan apakah Undang-undang Dasar 1945tersebut sah?Prof. Ismail Sunny dalam bukunya “pergeseran kekuasaan Eksekutif”menyebutkan bahwa kesahan undang-undang Dasar 1945 harus dipertimbangakndengan menunjuk kepada berhasilnya revolusi Indonesia. Jadi karena revolusiIndonesia berhasil maka apa yang dihasilkan oleh revolusi itu “Undang-undangDasar 1945” adalah sah.Pendapat tersebut didasarkan kepada pendapat Hans Kelsen dalam bukunya “Genaral Theory of Law and State” yang menyatakan bahwa jika suaturevolusi rakyat, atau suatu republik dirobah bentuknya menjadi kerajaan oelh

Activity (25)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
A Fathem Tumee liked this
Yety Bahhar liked this
^_^ Thanks!!! dokumenya sangat membantu......
Andromeyda Cb liked this
Nthankz Alvaro liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->