Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
89Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENGENALAN PLTU

PENGENALAN PLTU

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 5,190 |Likes:
Published by Siti Marwah Syarif

More info:

Published by: Siti Marwah Syarif on Nov 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/06/2013

pdf

text

original

 
Materi pltu
PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP
PLTU
MATAKULIAH : SISTIM PEMBANGKIT TENAGA
PROGRAM STUDI TEKNIK ENERGIPOLITEKNIK NEGERI JAKARTA
Pengenalan PLTU BatubaraHal.1 / 55
 
Materi pltu
I.
Pengenalan PLTU Batubara
1.1.Sistem Pembakaran Batubara
Mengingat cadangan batubara di Indonesia cukup besar, maka kian hari kian banyak PLTUberbahan bakar batubara dibangun di Indonesia. Bila ditinjau dari keragaman sistemnya,PLTU batubara memiliki tingkat kompleksitas yang lebih tinggi dibanding PLTU minyak.Berkenaan dengan itu, session ini akan diulas mengenai sistem pembakaran batubara.Lingkup pembakaran dalam session ini hanya dibatasi mulai dari bungker batubara sampaike burner seperti terlihat pada gambar 1.
Gambar 1: Sistem Pembakaran PLTU
Komponen-komponen dalam sistem pembakaran batubara adalah :
1.1.1.Bungker Batubara (Coal Bunker).
Merupakan sarana penampung (storage) sementara batubara untuk memasok kebutuhanketel. Kapasitas bungker umumnya dirancang agar dapat memasok kebutuhan ketel selamabeberapa jam, tanpa ada tambahan pemasokan batubara kebungker. Setiap Unit PLTUumumnya memiliki beberapa buah bungker dimana setiap bungker melayani sebuahpenggiling batubara (Pulverizer / Mill).Setiap bungker dilengkapi level indikator untuk mengetahui level batubara didalam bungker.
Pengenalan PLTU BatubaraHal.2 / 55
 
Materi pltu
Dimulut bagian bawah bungker dipasang “Discharge Isolation Gate/Bin Gate”, yangberfungsi untuk memblokir aliran batubara dari bungker. Pada beberapa jenis bungker, jugadilengkapi dengan penghembus udara atau vibrator yang berfungsi untuk mencegahmenempelnya batubara pada dinding-dinding bungker, yang lebih umum dikenal denganistilah “Channeling”. Channeling merupakan salah satu masalah yang sering terjadi padabungker. Masalah lain yang juga kerap terjadi adalah kebakaran dan penyumbatan(blockage). Untuk menanggulangi kebakaran bungker dilengkapi dengan sistem pemadamberuapa deluge atau CO
2
. Penyumbatan sering terjadi terutama ketika batubara dalamkeadaan basah. Pengoperasian vibrator yang lebih intensif cukup dapat diandalkan untukmengatasi masalah ini.
1.1.2.Coal Feeder.
Coal feeder memiliki dua fungsi penting yaitu untuk memberikan pasokan batubara secarakontinyu manakala penggiling batubara (mill/pulverizer) dalam keadaan operasi sertamengatur aliran batubara. Pada PLTU batubara, laju aliran bahan bakar untuk ketel dikontrololeh coal feeder. Ada beberapa jenis coal feeder namun yang bayak dipakai adalah jenis beltfeeder seperti terlihat pada gambar 2.
Gambar 2: Belt Feeder
Belt feeder dapat beroperasi dalam mode gravimetric atau volumetric yang berarti dapatmengontrol aliran batubara dalam satuan berat atau satuan volume.
1.1.3.Penggiling Batubara (Pulverizer/Mill).
Penggiling berfungsi untuk menggiling bongkahan batubara menjadi serbuk halus (PF), agar lebih mudah bercampur dengan udara pembakaran didalam ketel sehingga prosespembakaran sempurna akan berlangsung lebih cepat.
Pengenalan PLTU BatubaraHal.3 / 55

Activity (89)

You've already reviewed this. Edit your review.
izai1379 liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Mirza Jrc liked this
Lestary Indah liked this
Dicky Arissoma liked this
rizal tri susilo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->