Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
9Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Mulok MI MTs

Mulok MI MTs

Ratings: (0)|Views: 1,961|Likes:
Published by Suwahono, M.Pd

More info:

Published by: Suwahono, M.Pd on Nov 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/14/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Indonesia adalah negara yang memiliki beribu-ribu pulau. Masing-masing pulaumemiliki keanekaragaman adat-istiadat, tatacara dan tatakrama pergaulan, seni sertakondisi alam yang berbeda-beda yang perlu dilestarikan. Salah satu cara untuk melaksanakan usaha pelestarian tersebut adalah melalui proses pendidikan.Madrasah merupakan wahana untuk proses pendidikan secara formal yangmenjadi bagian dari masyarakat, maka harus dapat mengupayakan pelestariankarakteristik atau kekhasan lingkungan sekitar sekolah atau daerah dimana sekolah itu berada. Untuk merialisasikan usaha ini maka sekolah sedini mungkin harus menyajikan program pendidikan yang dapat memberikan wawasan kepada peserta didik tentang apayang menjadi karakteristik atau kekhasan daerahnya, baik yang berkaitan dengan kondisialam, kondisi lingkungan sosial dan lingkungan budaya serta kebutuhan daerah dalam bentuk kurikulium muatan lokal.Dimasukannya kurikulum muatan lokal dalam kurikulum nasional pada jenjang MIdan MTs adalah untuk menyelaraskan apa yang diberikan kepada siswa dengankebutuhan dan kondisi yang ada di daerahnya, mengoptimalkan potensi dan sumber  belajar yang ada di sekitarnya bagi kepentingan siswa, menumbuhkan danmengembangkan minat perhatian siswa sesuai dengan kebutuhan yang ada di sekitarnya,memperkenalkan dan menanamkan kehidupan sosial budaya serta nilai-nilai yangtumbuh dan berkembang di masyarakat pada siswa sedini mungkin.Beberapa alasan yang dapat dijadikan dasar dalam penerapan kurikulum muatanlokal pada Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah ini adalah:1.Kekayaan alam dan budaya yang dimiliki oleh berbagai daerah di Indonesia merupakan aset yang perlu dilestarikan dandikembangkan melalui pendidikan.
Pedoman Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal
1
 
2.Model pengembangan kurikulum yang bersifatsentralistik sudah tidak dapat dipertahankan lagi karena tidak mengakomadasikepentingan pelestaraian dan pengembangan kekayaan alam dan budaya daerah yang beraneka ragam.3.Desentralisasi menuntut orientasi pendidikan selarasdengan kondisi dan kebutuhan lingkungan masyarakat setempat.Kurikulum muatan lokal di MI dan MTs sebagai kurikulum yang berdiri sendiri,telah diimplementasikan sejak tahun pelajaran 1994/1995. Dalam kurikulum 2004, posisidan kedudukan kurikulum muatan lokal merupakan bagian integral dalam kurikulumnasional. Sejalan dengan pelaksanaan kurikulum 2004, kurikulum muatan lokal harusdiselaraskan dengan tuntutan pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi yangmemberikan otoritas penuh pada madrasah dalam mengembangakan kurikulum muatanlokal.Dengan demikian madrasah harus mengupayakan pengembangan kurikulummuatan lokal berdasarkan kondisi lingkungan, sosial budaya dan kebutuhan daerah.
Pedoman Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal MI/MTs
diperlukan untuk memberikan arahan kepada madrasah dalam pengembangkan kurikulum muatan lokal.
B. Landasan
Pengembangan kurikulum muatan lokal ini dilandasi oleh kebijakan-kebijakanyang dituangkan dalam peraturan perundang-undangan sebagai berikut:1.Undang Undang No. 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan PeraturanPemerintah No. 25 tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan KewenanganPropinsi sebagai Daerah Otonom berimplikasi terhadap kebijaksanan pengelolaan pendidikan dari yang bersifat sentralistik ke desentralistik. Pergeseran pengelolaantersebut memberikan kesempatan yang besar untuk berkembangnya kurikulummuatan lokal disekolah, termasuk di Madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawiyah
Pedoman Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal
2
 
2.Pengembangan kurikulum muatan lokal tersebut mengacu pada Undang Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu berkenaan dengan pasal-pasal sebagai berikut:a. Pasal 3, yang menyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsimengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsayang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuanuntuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu cakap, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. b. Pasal 36 Ayat (1) dan (2), yang menyatakan bahwa pengembangan kurikulumdilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan dan dilakukandengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerahdan peserta didik; danc. Pasal 37 Ayat (1), yang menyatakan bahwa pendidikan dasar dan menengahwajib memuat: pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, bahasa,matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, seni dan budaya, pendidikan jasmani dan olah raga, ketrampilan / kejujuran, dan muatan lokal.
C. Pengertian 
Kurikulum muatan lokal MI/MTs adalah seperangkat rencana dan pengaturantentang kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas daerah yang materinya tidak dapat dikelompokan ke dalam mata pelajaran MI/MTs. Substansi dalam kurikulummuatan lokal bervariasi dan yang disajikan oleh madrasah hanya satu satuan substansi,seperti; Bahasa Daerah, Kesenian Daerah, Ketrampilan Khusus Daerah (BSNP, 2005).
D. Fungsi dan Tujuan Muatan Lokal
Pedoman Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal
3

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fatma Utik Watie added this note|
TERIMAQKASIH..Bagus banget..
Wahyu Kurniawan liked this
Ali Mahfudz liked this
Irza Anwar liked this
Feby Polymorpa liked this
Alfan Firdaus liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->