Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
bayi rewel

bayi rewel

Ratings: (0)|Views: 3,276|Likes:
Published by Suwahono, M.Pd

More info:

Published by: Suwahono, M.Pd on Nov 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/08/2012

pdf

text

original

 
Langkah yang perlu dilakukan mengatasi bayi rewel 
y
 
Usahakan membuat jadwal harian sesuai kecenderungan alami bayi. Bila perlu, buat catatan harianuntuk menemukan pola waktu dari hari-hari bayi Anda. Misal, pada saat kapan saja ia rewel dan apasaja penyebabnya, sekitar jam berapa ia biasanya lapar dan tidur, dan sebagainya.
y
 
Sedapat mungkin lakukan hal yang sama pada waktu yang sama setiap hari. Saat menyusui, misalnya.Meski ia tampaknya tak lapar atau sudah lapar sebelum waktunya, usahakan untuk tetap bertahanpada jadwal. Bila perlu, beri ia makanan kecil jika ia tampak lapar di antara waktu-waktu menyusui.
y
 
Pada tahap awal, Anda hendaknya tak bersifat kaku atau sangat ketat terhadap jadwal. Sedikitkekacauan tak masalah. Yang penting, pada akhirnya nanti si kecil menjadi terbiasa dengan suaturutinitas atau melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu.
y
 
Hindari hal-hal yang dapat mengganggu kenyamanan tidur si kecil. Jika ia suka begadang, ayah danibu dapat bergiliran melakukan tugas malam. Perhatikan hal-hal apa saja yang membuatnya sukabegadang sehingga Anda dapat menghindarinya, lalu cobalah perlahan-lahan menetapkan jadwaltidur yang lebih baik.
y
 
Perkenalkan ia pada obyek-obyek baru secara bertahap. Misalnya, gantungkan mainan baru di boksnyauntuk 1-2 menit, lepaskan dan pasang lagi beberapa saat kemudian untuk waktu sedikit lama. Begituseterusnya sampai ia siap untuk menerima dan menikmati mainan baru tersebut.
y
 
Mintalah orang-orang "baru" untuk tak langsung mendekati si kecil. Mula-mula mereka bisa menatap sikecil dengan jarak agak jauh dan mengajaknya bicara dari kejauhan pula. Minta mereka sering hadir dan menyapanya sampai akhirnya si kecil tak merasa asing lagi.
y
 
Perkenalkan satu jenis makanan baru secara bertahap, mulai dari jumlah yang sangat sedikit. Jangantambah dengan makanan baru lainnnya sebelum si kecil dapat menerima makanan baru pertamanya.
y
 
Hindari membeli botol susu baru dengan bentuk atau warna yang sangat berbeda. Begitu pun barang-barang lain untuk keperluan si kecil seperti seprei, selimut, dan sebagainya.
enali jenis muntah bayi  
Muntah sehabis diberi makan atau disusui bila muntahnya berwarna hijau tua.
 Hal ini menunjukkan ada kelainan pada saluran pencernaan si bayi, yakni ada sumbatan di bawah usus halus.Warna hijau tua pada muntah merupakan cairan dari empedu yang keluar. Kadang kalau ada sumbatan, meskipunsi bayi tidak makan, ia bisa muntah karena cairan empedu keluar dan enzim-enzim lain tak bisa lewat.
emakaian gurita pada bayi menyebabkan muntah 
 
 Apakah Anda masih memakaikan gurita pada si kecil? Bila ya, sebaiknya segeralah hentikan. Sebab, sepertidituturkan dr. Kishore R.J., SpA dari RSIA Hermina Podomoro, pemakaian gurita dapat menyebabkan bayi muntah.Pemakaian gurita membuat lambung si bayi tertekan. Bila dalam keadaan seperti itu si bayi dipaksakan minum,maka cairannya akan tertekan dan menjadi muntah.
anduan langkah demi langkah memandikan bayi  
Untuk melengkapi artikel sebelumnya, setelah perlengkapan bayi sudah disiapkan, tibalah saatnya melakukan'pemanasan' pada bayi. Pemanasan tersebut adalah membersihkan bagian tertentu badan bayi, yang perluperhatian khusus. Secara umum biasanya yang perlu dibersihkan lebih dulu sebelum mulai memandikan bayi adalahmulut, mata, telingan dan alat kelaminnya. Usai pemanasan, lakukan langkah-langkah berikut:1. Taruh bayi di atas perlak. Lepaskan kasa pembungkus pangkal talit pusat bila tali pusatnya belumpuput.
erlengkapan untuk memandikan bayi  
Pada artikel sebelumnya telah kami sebutkan, bahwa memandikan bayipun ada cara yang benar. Untuk itudiperlukan perlengkapan yang sesuai agar acara memandikan bayi lancar, dan tidak tertunda yang mungkin sajamenyebabkan bayi kedinginan, atau yang lainnya. Ada baiknya ibunda perlu menyediakan atau menyiapkanperlengkapan di bawah ini sebelum memandikan. Dan untuk calon ibu bisa menjadi acuan saat berbelanja untukmenyambut lahirnya si bayi.
y
 
B
ak Mandi
 Isi bak mandi bayi dengan air hangat. Ukurannya setinggi setengah bak mandi bayi.
B
ayi jangan cuma dilap, mandiin dong!  
Sebagai ibu mustinya siap untuk merawat bayinya, salah satunya adalah dengan memandikan. Tidak perlu takutwalaupun pusar belum puput, asal tidak di'apa-apain'. Selain itu memandikan juga dengan cara yang benar dansehat. Beberapa ibu, karena takut ini malah hanya melap badan si bayi, yang tentu saja tidak bersih, dan bayipunmerasa kurang nyaman.
erlengkapan untuk bepergian bersama bayi. 
 Agar acara jalan-jalan menjadi menyenangkan, jangan lupa siapkan daftar berikut.
y
 
Obat-obatanTerutama untuk pertolongan pertama seperti obat penurun panas, minyak kayu putih, minyak telonuntuk menghangatkan tubuhnya.
y
 
MainanBawakan sejumlah mainan agar ia tak bosan dengan mainan yang itu-itu saja. Mainan juga berguna
 
untuk mengusir rasa bosan dalam perjalanan yang memakan waktu lama. Atau kala si bayi sulit diberimakan, perhatiannya bisa dialihkan ke mainan saat menyuapinya.
ersiapan mengajak jalan-jalan bayi. 
Bayi juga bisa jenuh, lo, kalau di rumah terus. Sesekali ia perlu diajak bepergian. "Itu penting untuk pengenalanlingkungan. Dia bisa beradaptasi dengan orang dan alam sekitar. Baik itu lingkungan tetap maupun yang bergerak,"ujar dokter spesialis anak RSIA Hermina Podomoro, dr. Erita Ilyas, Sp.A.Meski begitu, anak usia di bawah 28 hari, tak disarankan untuk diajak bepergian. Alasannya, bayi seusia itu masihriskan beradaptasi dengan lingkungan luar. "Idealnya, sejak ia menginjak usia 6 bulan. Di umur itu, bayi sudahmendapat sejumlah imunisasi untuk daya tahan tubuhnya.
Tips mengajak bicara pada bayi  
1
. Jangan Gunakan Kata Ganti
 Bayi kecil masih sulit memahami "aku", "saya", "kamu", atau "dia". Itu bisa berarti ayah, ibu, atau nenek, ataubahkan dirinya sendiri, tergantung dari siapa yang mengajaknya berbicara.Jadi, sebut diri Anda sebagai "Ibu", "Mama", atau "Bunda", tergantung sebutan yang Anda pakai untukmembahasakan diri Anda kepada si bayi. Begitupun sebutan "Ayah", "Kakek", "Nenek", dan lainnya. Anda danorang lain pun harus menyebut atau memanggil si bayi dengan namanya.
engajak bayi bicara itu penting lho!  
 Ah, bagaimana mungkin? Bayi, kan, belum bisa berbicara. Jangan-jangan nanti dikira enggak waras. Mengapapenting mengajak bayi berbicara?Jangan takut dianggap tak waras kala Anda mengajak si mungil berbicara. Bayi memang belum bisa berkata-kata,tapi tak berarti ia tak mampu untuk diajak berbicara.Para ahli menganjurkan orangtua agar mulai mengajak berbicara anak sejak ia lahir dan jangan pernah berhenti.Biasakan untuk selalu mengomentari apa saja yang Anda lakukan terhadap si bayi. Misalnya, saat menggantipopok, memandikan, menyusui, dan sebagainya.
Lahir prematur, beragam faktor penyebabnya. 
1
. FAKTOR I
BU
 

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->