Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
25Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ciri-Ciri Guru Profesional ...

Ciri-Ciri Guru Profesional ...

Ratings: (0)|Views: 4,688|Likes:
Published by fathurohmans

More info:

Categories:Types, Reviews, Art
Published by: fathurohmans on Nov 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/03/2013

pdf

text

original

 
Ciri-ciri Guru ProfesionalOleh: Suhendar, S. PdDalam dunia pendidikan, keberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan. Guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal, informal maupun nonformal. Oleh sebab itu,dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, guru tidak dapatdilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi mereka.Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing,mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.Profesional, berarti menjadi ahli dalam bidangnya. Artinya pekerjaan itu hanya bisadilakukan oleh ahlinya, tidak bias digantikan oleh bidang atau profesi lainya. Seorangahli, tentunya akan berkualitas dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Akan tetapitidak semua Ahli dapat menjadi berkualitas. Karena menjadi berkualitas bukan hanya persoalan ahli, tetapi juga menyangkut persoalan integritas dan personalitiKalau kita bandingkan dengan rata-rata orang Amerika lebih loyal atau setia pada profesinya, daripada tempat perusahaan di mana ia bekerja. Sedangkan orang Jepangsebaliknya, mereka lebih loyal atau setia kepada perusahaan tempat mereka bekerjadaripada kepada profesinya. Lalu bagaimana dengan di Indonesia, khususnya tentangkeprofesionalan guru.Secara umum seorang profesional dapat diartikan; seseorang yang menawarkan jasa ataulayanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya danmenerimagajisebagai upah atas jasanya.Guru harus memiliki keahlian tertentu dan distandarkan secara kode keprofesian. Bila iatak punya keahlian menjadi guru maka tidak dapat disebut sebagai guru. Oleh karnanyatidak semua orang bisa menjadi guru, apa lagi guru profesional.Ada sepuluh ciri guru profesional
1. Selalu punya energi untuk siswanya.
Seorang guru yang baik menaruh perhatian pada siswa di setiap percakapan atau diskusi dengan mereka. Selain itu ia juga punyakemampuam mendengar dengan seksama.
2. Punya tujuan jelas untuk Pelajaran.
Seorang guru yang baik menetapkan tujuanyang jelas untuk setiap pelajaran dan bekerja untuk memenuhi tujuan tertentu dalamsetiap kelas.
 
3. Punya keterampilan mendisiplinkan yang efektif .
Seorang guru yang baik memilikiketerampilan disiplin yang efektif sehingga bisa mempromosikan perubahan perilaku positif di dalam kelas.
4. Punya keterampilan manajemen kelas yang baik.
Seorang guru yang baik memilikiketerampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif, membiasakan menanamkan rasahormat kepada seluruh komponen didalam kelas.
5. Bisa berkomunikasi dengan Baik Orang Tua.
Seorang guru yang baik menjagakomunikasi terbuka dengan orang tua dan membuat mereka selalu update informasitentang apa yang sedang terjadi di dalam kelas dalam hal kurikulum, disiplin, dan isulainnya. Mereka membuat diri mereka selalu bersedia memenuhi panggilan telepon,rapat, email dan sekarang, twitter.
6. Punya harapan yang tinggi pada siswa nya.
Seorang guru yang baik memilikiharapan yang tinggi dari siswa dan mendorong semua siswa dikelasnya untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka.
7. Pengetahuan tentang Kurikulum.
Seorang guru yang baik memiliki pengetahuanmendalam tentang kurikulum sekolah dan standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuattenaga memastikan pengajaran mereka memenuhi standar-standar itu.
8. Pengetahuan tentang subyek yang diajarkan.
Hal ini mungkin sudah jelas, tetapikadang-kadang diabaikan. Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasadan antusiasme untuk subyek yang mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif.
9. Selalu memberikan yang terbaik untuk Anak-anak dan proses Pengajaran.
Seorang guru yang baik bergairah mengajar dan bekerja dengan anak-anak. Merekagembira bisa mempengaruhi siswa dalam kehidupan mereka dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, sekarang dan nanti ketikasiswanya sudah beranjak dewasa.
10. Punya hubungan yang berkualitas dengan Siswa.
Seorang guru yang baik mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati dengan siswa danmembangun hubungan yang dapat dipercaya.Kita menyadari bahwa Permasalahan-permasalahan yang hadapi guru kian hari kian bermunculan ke permukaan. permasalahan tersebut di antaranya adalah rendahnya mutu pengajaran yang disebabkan karena beratnya beban yang diemban, minimnya fasilitas pembelajaran di sekolah, dan rendahnya kesejahteraan guru. Selain itu, minimnya jumlahguru yang tersedia serta manajemen pendidikan yang ala kadarnya dapat mengakibatkankegiatan belajar mengajar (KBM) kurang maksimal. Contohnya, kadang-kadang seorangguru di suatu sekolah -pada umumnya di daerah terpencil-- mengajarkan mata pelajaran
 
yang bukan bidangnya, hanya karena tidak adanya guru tersedia untuk mengajar mata pelajaran tersebut. Akibat manajemen yang tak teratur itulah, maka mutu pengajaran kianhari kian merosot. Hal itu bukan suatu halangan tetapin tantangan untuk terusmeningkatkan kreatifitas bagi guru untuk meningkatkan keprofesionalisanya. Beberapahal di atas semoga bermanfaat.Tentang Penulis:Guru Basa dan Sastra IndonesiaMTs Al-Mukhtariyah RajamandalaJl. Statsion Rajamandala Kec. Cipatat Kab. Bandung Barat 40554Telpon 022 6903094Alamat Rumah:Kp.Pakemitan RajamandalaBandung, Indonesia 40554 No Hp. 085221233851email:fathurohmans@gmail.comsuhe.ndar@yahoo.co.id

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->