Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Komunikasi2

Komunikasi2

Ratings: (0)|Views: 76 |Likes:
Published by Ismail Saepuloh

More info:

Published by: Ismail Saepuloh on Nov 12, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/07/2013

pdf

text

original

 
 Permainan Untuk Melatih KomunikasiµTebak Gerak¶
Format
: Individu dan Kelompok 
Waktu
: 10 ² 15 Menit
Tempat
: Di Kelas
Bahan
: Kertas HVS, dan spidol
Peserta
: 20 ² 25 orang
Deskripsi
Dalam permainan ini, peserta dibagi dalam empat atau lima kelompok. Satu wakil kelompok mendapat perintah dari fasilitator sebuah pesan dan diminta menterjemahkannya dalam bentuk gambar di kertas flipt chart atau HVS kemudian melakukan gerak berupa isyarat sedangkankelompoknya berusaha menebaknya. Tim yang berhasil paling banyak menebak gambar atau yangmendekatinya dalam waktu yang ditentukan akan keluar sebagai pemenang.
TTuu j juuaann 
Melatih komunikasi antara dua orang atau lebih dengan memanfaatkan sarana visual dangerak (Non-Verbal) yang dapat diinterpretasikan secara tepat.
CCaarraaPPeerrmmaaiinnaann 
1.
 
Mintalah seluruh peserta untuk berdiri kemudian membentuk kelompok yang beranggotakan4-5 orang.
2
.
 
Masing-masing kelompok menentukan satu orang yang menjadi duta atau wakilnya.
3
.
 
Masing-masing wakil kelompok diberikan 3 tugas pendahuluan oleh fasilitator untuk digambar dan dikomunikasikan kepada kelompok melaui gerak tanpa suara. Soal yangdilombakan awalnya terdiri dari satu suku kata yang diberikan sama kepada wakil kelompok.
4
.
 
Selanjutnya wakil kelompok diminta untuk menggambarkannya dalam kertas flipt chart tanpadiketahui oleh anggota kelompoknya.
5
.
 
B
erikan waktu dua atau tiga menit untuk menggambarnya. Fasilitator dapat memberikan pengarahan agar pesan yang disampaikan digambar dengan cara yang dapat dipahamiolehkelompoknya.
6
.
 
Setelah selesai, berilah aba-aba kepada wakil kelompok untuk menerangkannya kepadakelompoknya dengan memeragakan sesuai dengan gambar berupa gerakan tubuh tanpamenggunakan kata-kata yang menyerupai gambar. Misalnya, menunjukkan buku dan spidol berarti menulis, menunjukan cincin berarti sudah menikah, kedua tangan kedepankemudianmembuat gerakan menggelembung berarti dia sedang hamil.
7
.
 
Mintalah anggota kelompoknya untuk menebaknya dengan cepat. Jika sudah dapat ditebak segera mintal soal tambahan kepada fasilitator untuk disampaikan kembali dengan carayang sama kepada anggota kelompoknya. Waktu akan terus dihitung karena soal ada bataswaktu untuk menggambar dan menjawabnya.
8
.
 
Jika dalam waktu tiga menit tidak terjawab maka satu soal dianggap gagal, lalu dilanjutkandengan soal kedua dan ketiga. Dari ketiga soal akan diakumulasikan.
B
agi tim yang mendapatwaktu tercepat dan dua kelompok dengan pencapaian target waktu yang sangatsedikit akanmasuk ke babak final.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->