Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
56Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Seni Tari Seudati

Makalah Seni Tari Seudati

Ratings: (0)|Views: 5,822 |Likes:
Published by Zoe.Fivers

More info:

Published by: Zoe.Fivers on Nov 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang Masalah
Tari adalah keindahan ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan berbentuk gerak tubuh yang diperhalusmelalui estetika. Unsur utama yang paling pokok dalam tariadalah gerak tubuh manusia yang sama sekali lepas dari unsur ruang, dan waktu, dantenaga. Akan tetapi di Era sekarang ini tidak sedikit orang yang kurang bisa memahamiakan arti seni tari.Indonesia merupakan Negara yang kayak an budaya. Seni tari adalah salah satunya.Memori kita terlalu lemah akan ingatan budaya sendiri. Maka dari itu kami disini akansedikit mengulas masalah tentang seni tari Indonesia. Tari Seudati salah satunya.Dalam Makalah ini kami membahas setidaknya sedikit tetang, sejarah, asal – usul,fungsi serta cirri dari Tari seudati. Kami sengaja menggunakan tema ini, karena kamianggap cukup menarik untuk dijadikan pembahasan di dalam tugas Pendidikan seniyang ditugaskan oleh guru pendidikan seni kepada kami.
B.Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :1. Untuk mengetahui sejarah Tari Seudati2. Agar dapat memahami asal-usul Tari Seudati.3. Sedikit mengenal ciri khas Tari Seudati4. Mengetahui fungsi penggunan Tari Seudati
1
 
BAB IIPEMBAHASAN
A.
Kataseudati berasal dari bahasa Arab syahadati atau syahadatain , yang berartikesaksian atau pengakuan. Selain itu, ada pula yang mengatakan bahwa kata seudati berasal dari kata seurasi yang berarti harmonis atau kompak. Seudati mulaidikembangkan sejak agama Islam masuk ke Aceh. Penganjur Islam memanfaatkantarian ini sebagai media dakwah untuk mengembangkan ajaran agama Islam. Tarian inicukup berkembang di Aceh Utara, Pidie dan Aceh Timur. Tarian ini dibawakan denganmengisahkan pelbagai macam masalah yang terjadi agar masyarakat tahu bagaimanamemecahkan suatu persoalan secara bersama. Pada mulanya tarian seudati diketahuisebagai tarian pesisir yang disebut ratoh atau ratoih, yang artinya menceritakan,diperagakan untuk mengawali permainan sabung ayam, atau diperagakan untuk bersukaria ketika musim panen tiba pada malam bulan purnama.Dalam ratoh, dapat diceritakan berbagai hal, dari kisah sedih, gembira,nasehat, sampai pada kisah-kisah yangmembangkitkan semangat. Ulama yangmengembangkan agama Islam di Acehumumnya berasal dari negeri Arab. Karenaitu, istilah-istilah yang dipakai dalam seudati umumnya berasal dari bahasa Arab.Diantaranya istilah Syeh yang berarti pemimpin, Saman yang berarti delapan, dan Syair yang berarti nyayian.Tari Seudati sekarang sudah berkembang ke seluruh daerah Aceh dan digemari olehmasyarakat. Selain dimanfaatkan sebagai media dakwah, Seudati juga menjadi pertunjukan hiburan untuk rakyat.B.
Asal Usul Tari Seudati
Tari Seudati pada mulanya tumbuh di desa Gigieng, Kecamatan Simpang Tiga,Kabupaten Pidie, yang dipimpin oleh Syeh Tam. Kemudian berkembang ke desa Didoh,Kecamatan Mutiara, Kabupaten Pidie yang dipimpin oleh Syeh Ali Didoh. Tari Seudati berasal dari kabupaten Pidie. Seudati termasuk salah satu tari tradisional Aceh yangdilestarikan dan kini menjadi kesenian pembinaan hingga ketingkat Sekolah Dasar.
2
 
Seudati ditarikan oleh delapan orang laki-laki sebagai penari utama, terdiri dari satuorang pemimpin yang disebut syeikh , satu orang pembantu syeikh, dua orang pembantu di sebelah kiri yang disebut
apeetwie
, satu orang pembantu di belakang yangdisebut
apeet bak 
, dan tiga orang pembantu biasa. Selain itu, ada pula dua orang penyanyi sebagai pengiring tari yang disebut
aneuk syahi
.Pada umumnya, tarian ini diperagakan di atas pentas dan dibagi menjadi beberapa babak, antara lain: Babak pertama, diawali dengansaleum (salam) perkenalan yangucapkan oleh aneuk syahi saja, yaitu:
 Assalamualaikum Lon tamong lam seung, Lon jak bri saleum keu bang syekh teuku….
Fungsi aneuk syahi untuk mengiringi seluruh rangkaian tari. Salam pertama ini dibalasoleh Syeikh dengan langgam (nada) yang berbeda:
 Kru seumangat lon tamong lam seung,lon jak bri saleum ke jamee teuku….
Syair di atas diulangi oleh kedua apeetwie dan apeet bak. Pada babak perkenalan ini,delapan penari hanya melenggokkan tubuhnya dalam gerakan gemulai, tepuk dada serta jentikan delapan jari yang mengikuti gerak irama lagu. Gerakan rancak baru terlihatketika memasuki babak selanjutnya. Bila pementasan bersifat perntandingan, makasetelah kelompok pertama ini menyelesaikan babak pertama, akan dilanjutkan olehkelompok kedua dengan teknik yang berbeda pula.Biasanya, kelompok pertama akan turun dari pentas. Babak kedua, dimulai dengan bak saman , yaitu seluruh penari utama berdiri dengan membuat lingkaran di tengah-tengah pentas guna mencocokkan suara dan menentukan likok apa saja yang akan dimainkan.Syeikh berada di tengah-tengah lingkaran tersebut. Bentuk lingkaran ini menyimbolkan bahwa masyarakat Aceh selalu
muepakat 
(bermusyawarah) dalam mengambil segalakeputusan. Muepakat itu, jika dikaitkan dengan konteks tarian ini, adalah bermusyawarah untuk menentukan samanatau likok yang akan dimainkan.Di dalam likok dipertunjukkan keseragaman gerak, kelincahan bermain danketangkasan yang sesuai dengan lantunan lagu yang dinyanyikananeuk syahi .Lantunan likok tersebut diawali dengan:
 Iiiiii la lah alah ya ilalah….
(secara lambat dan cepat)Seluruh penari utama akan mengikuti irama lagu yang dinyanyikan secara cepat ataulambat tergantung dengan lantunan yang dinyanyikan oleh aneuk syahi tersebut. Faselain adalah fase saman . Dalam fase ini beragam syair dan pantun saling disampaikandan terdengar bersahutan antara aneuk syahi dan syeikh yang diikuti oleh semua penari.Ketika syeikh melontarkan ucapan:
3

Activity (56)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Unai Kusnaini liked this
atikaamaliaa liked this
atikaamaliaa liked this
Maya Sariayu liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->