Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
abdi_pratama1190484934

abdi_pratama1190484934

Ratings: (0)|Views: 621|Likes:
Published by candraputras2

More info:

Published by: candraputras2 on Nov 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2013

pdf

text

original

 
P R O P O S A L
PENGEMBANGAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT):
“ HARAPAN UMAT”
SEBAGAI UPAYA PELAYANAN PENDIDIKAN DASAR BAGIMASYARAKAT KOTA JEMBERJEMBER, 2005 – 2010
YAYASAN ISLAMIC CENTRE AL-IKHLASSekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) – HARAPAN UMAT
Kompleks IC, Jl. Danau Toba Gg. Islamic Centre, Tegalgede,JEMBER 68126
Telp. 0331-324478 
 
YAYASAN ISLAMIC CENTRE AL-IKHLASSekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) – HARAPAN UMAT
Kompleks IC, Jl. Danau Toba Gg. Islamic Centre, Tegalgede, Jember 68126
Telp. (0331) 324 478 Hp: 0813 4444 5615 
1
I. KEGIATAN
1. Deskripsi
1.1 Judul :
PENGEMBANGAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT): “HARAPAN UMAT”SEBAGAI UPAYA PELAYANAN PENDIDIKAN DASAR BAGI MASYARAKAT KOTAJEMBER
1.2 Lokasi:
ISLAMIC
 
CENTRE
 
AL- IKHLAS, JL.
 
DANAU
 
TOBA
 
 –
 
TEGALGEDE
 
 –
 
JEMBER
 
68121
1.3 Jumlah Kebutuhan Dana : Rp. 363.440.000, 00
Tiga ratus enampuluh tiga juta, empat ratus empat puluh ribu rupiah 
1.4 Ringkasan:
Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)Harapan Umat sebagai upaya pelayanan pendidikan Dasar bagi masyarakat kota Jember.Aktivitas utama meliputi: perencanaan, sosialisasi, promosi dan perekrutan siswa baru,pembangunan Gedung SDIT, dan prasarana pelengkap, penggalian dana masyarakat,pengembangan pendidikan, pelatihan dan lokakarya.
1.5 Tujuan :
Umum :
1. Meningkatkan fungsi Islamic Centre sebagai pusat kegiatan pendidikan, pelayanansosial, dan kegiatan keagamaan di kota Jember.2. Mengembangkan pelayanan pendidikan dasar bagi masyarakat kota Jember.
Khusus:
1. Memasyarakatkan dan mengembangkan konsep Sekolah Dasar Islam terpadu (SDIT),2. Membangun Gedung SDIT ,3. Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan,4. Menyelenggarakan dan mengembangkan proses belajar mengajar.
1.6 Justifikasi :
Pendidikan merupakan usaha sistematik pewarisan budaya oleh masyarakat kepadagenerasi penerus. Pada saat ini lembaga sekolah masih merupakan media yang dianggappaling efektif untuk usaha pewarisan budaya secara massal, khususnya pewarisanpengetahuan dan teknologi. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal sampai saat inidiakui masih merupakan alternatif terbaik untuk pendidikan generasi yang akan datang.Pendidikan dalam Islam merupakan upaya untuk membimbing generasi penerus ummatIslam agar tiap individunya bisa menjadi insan kamil, yaitu manusia yang tumbuh sesuaidengan fitrah kemanusiaannya. Yang pada akhirnya akan mampu mengemban amanahkemanusiaan yaitu sebagai Abdullah dan Khalifatullah fil Ardh.
 
YAYASAN ISLAMIC CENTRE AL-IKHLASSekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) – HARAPAN UMAT
Kompleks IC, Jl. Danau Toba Gg. Islamic Centre, Tegalgede, Jember 68126
Telp. (0331) 324 478 Hp: 0813 4444 5615 
2
 
Manusia yang tumbuh sesuai fitrahnya secara umum akan memiliki beberapa ciri yaitu:beraqidah yang benar; berakhlaq yang mulia; berpengetahuan dan menguasai teknologi;berfikiran yang cerdas; berperasaan yang lembut; berkepribadian mandiri, kreatif daninovatif; berwawasan lingkungan; dan kuat secara jasmani.Pendidikan pada saat ini, umumnya lebih menekankan pada pewarisan pengetahuandan teknologi, sementara aspek kebutuhan fitrah kemanusiaan yang lain kurang tertanganiatau bahkan terabaikan. Filosofi pendidikan yang dianut adalah pendidikan sekuler. Dalamhal ini, persoalan aqidah serta akhlaq tidak dianggap sebagai kompetensi yang harusdikembangkan, sehingga aspek tersebut nyaris sama sekali tak tersentuh.Ketidakmampuan lulusan lembaga sekolah sekuler untuk menangani permasalahan yangtidak diajarkan di sekolah mengisyaratkan tidak terlatihnya kecerdasan berpikir siswa selamamengikuti pendidikan tersebut. Hal itu disebabkan oleh pola pendidikan yang lebih seringmenjejali siswa dengan kumpulan pengetahuan dan kurangnya porsi latihan berpikir secaracerdas. Ketergantungan kebanyakan lulusan pendidikan tinggi pada lowongan kerja yangsudah ada menandakan kurangnya pelatihan dan pengembangan kemandirian, kreativitasdan kemampuan berinovasi.Ada keinginan kuat saat ini dari sebagian ummat Islam untuk mengembalikan pendidikanke fungsi semula yang holistik, yang mencakup semua aspek fitrah kemanusiaan sesuaidengan tujuan pendidikan Islam. Salah satu solusi yang dapat ditempuh adalah denganmembangun sebuah lembaga pendidikan dasar yang dapat menjawab kelemahan-kelemahan yang ada pada model pendidikan dasar konvensional (Sekuler).Lembaga pendidikan ini diharapkan mampu menjalankan fungsi untuk membentuk danmemfasilitasi kecerdasan anak tanpa menghilangkan fitrah kemanusiaanannya. Modelpendidikan semacam ini, dilaksanakan dengan memadukan dan mengintegrasikan nilai-nilaiajaran Islam dan pengetahuan, serta keterampilan
life skill 
. Dengan demikian maka lembagapendidikan ini diharapkan menjadi
small Islamic environment.
Dengan dasar pemikiran inimaka diperlukan adanya sebuah Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT).
1.6.1 Nama dan Lokasi Sekolah
 Lembaga Pendidikan dasar yang didirikan diberinama ini diberi nama
Sekolah DasarIslam Terpadu [SDIT]-Harapan Umat
. Lokasi sekolah terletak di kawasan kampusUniversitas – Jember, tepatnya di:
Komplek Islamic Centre, Jl. Danau Toba, TegalgedeJember.
 Diharapkan siswa yang belajar di sekolah tersebut akan tumbuh menjadi seorang yangHarapan Umat, yang merupakan padanan dari kata “Ulul Albab”, ialah seorang yang mampumenyeimbangkan antara dzikir dan fikir, seorang yang berkembang menjadi insan kamil,mengolah dan mengaktualisasikan fitrah kemanusiaannya, seluruh bakat dan potensinyasecara optimal. Yang pada akhirnya mampu secara baik menunaikan tugas mulia yangdiamanahkan oleh Rabbnya sebagai Khalifatullah fil Ardh. Mengelola bumi sesuai dengansyariat dien-Nya.
1.6.2 Konsep Dasar Sekola Dasar Islam Terpadu(SDIT) - Harapan UmatSDIT-Harapan Umat
adalah bentuk satuan pendidikan dasar yang menyelenggarakanprogram pendidikan enam tahun berdasarkan kurikulum nasional yang diperkaya dengansistem pendidikan Islam. Model pendidikan di SDIT-Harapan Umat, berusahamengintegrasikan antara pendidikan agama dan pendidikan umum, antara sekolah,keluarga, dan masyarakat dengan mengoptimalkan bagian kognitif, adektif, dan psikomotorikdengan harapan peserta didik menjadi manusia cerdas, berwawasan luas, kreatif, danmandiri.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->