Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
14Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Kebudayaan Suku Sunda

Makalah Kebudayaan Suku Sunda

Ratings: (0)|Views: 3,324|Likes:
Published by Zoe.Fivers

More info:

Published by: Zoe.Fivers on Nov 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/24/2013

pdf

text

original

 
KEBUDAYAAN SUKU SUNDABAB IPENDAHULUANA. LATAR BELAKANG MASALAH
Masyarakat Indonesia merupakan suatu masyarakat majemuk yang memilikikeanekaragaman di dalam berbagai aspek kehidupan. Bukti nyata adanya kemajemukandi dalam masyarakat kita terlihat dalam beragamnya kebudayaan di Indonesia. Tidak dapat kita pungkiri bahwa kebudayaan merupakan hasil cipta, rasa, karsa manusia yangmenjadi sumber kekayaan bagi bangsa Indonesia. Tidak ada satu masyarakat pun yangtidak memiliki kebudayaan. Begitu pula sebaliknya tidak akan ada kebudayaan tanpaadanya masyarakat. Ini berarti begitu besar kaitan antara kebudayaan denganmasyarakat.Melihat realita bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang plural maka akanterlihat pula adanya berbagai suku bangsa di Indonesia. Tiap suku bangsa inilah yangkemudian mempunyai ciri kahas kebudayaan yang berbeda- beda. Suku Sundamerupakan salah satu suku bangsa yang ada di Jawa. Sebagai salah satu suku bangsadi Indonesia, suku Sunda memiliki kharakteristik yang membedakannya dengan sukulain. Keunikan kharakteristik suku Sunda ini tercermin dari kebudayaan yang merekamiliki baik dari segi agama, mata pencaharian, kesenian dan lain sebagainya. SukuSunda dengan sekelumit kebudayaannya merupakan salah satu hal yang menarik untuk dipelajari dalam bidang kajian mata kuliah Pluralitas dan Integritas Nasional yang padaakhirnya akan menjadi bekal ilmu pengetahuan bagi kita.
B. RUMUSAN MASALAH
Untuk memudahkan dalam pembahasan masalah maka penulis membatasi pada1. Seperti apakah kebudayaan suku Sunda ?2. Bagaimana masalah sosial yang ada dalam masyarakat Sunda ?3. Bagaimana sistem interaksi dalam masyarakat Sunda ?4. Bagaimana stratifikasi masyarakat Sunda ?
C. TUJUAN MAKALAH
Adapun tujuan dari makalah ini yaitu :1. Mengetahui kebudayaan suku Sunda.2. Memahami salah satu bentuk masalah sosial yang ada dalam masyarakat Sunda.3. Menelaah sistem interaksi dalam kehidupan keseharian suku Sunda.4. Mengetahui akan stratifikasi suku Sunda.
 
BAB IIPEMBAHASAN
Suku Sunda adalah kelompok etnis yang berasal dari bagian barat pulauJawa,Indonesia, dariUjung Kulondi ujung barat pulau Jawa hingga sekitar Brebes(mencakup wilayah administrasi propinsiJawa Barat, Banten,sebagian DKI  Jakarta, dan sebagian Jawa Tengah. Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Kerana letaknya yang berdekatan dengan ibu kota negaramaka hampir seluruh suku bangsa yang ada di Indonesia terdapat di provinsi ini. 65% penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda yang merupakan penduduk asli provinsi ini. Suku lainnya adalahSuku Jawayang banyak dijumpai di daerah bagian utara Jawa Barat,Suku  Betawibanyak mendiami daerah bagian barat yang bersempadan denganJakarta. Suku  MinangdanSuku Batabanyak mendiami Kota-kota besar di Jawa Barat, sepertiBandung, Cimahi,Bogor ,Bekasi, danDepok . Sementara ituOrang  Tionghoabanyak dijumpai hampir di seluruh daerah Jawa Barat.
A. KEBUDAYAAN SUKU SUNDA
Kebudayaan Sunda merupakan salah satu kebudayaan yang menjadi sumber kekayaan bagi bangsa Indonesia yang dalam perkembangannya perlu dilestarikan.Kebudayaan- kebudayaan tersebut akan dijabarkan sebagai berikut :
1.Sistem Kepercayaan
Hampir semua orang Sunda beragama Islam. Hanya sebagian kecil yang tidak  beragama Islam, diantaranya orang-orang Baduy yang tinggal di Banten Tetapi jugaada yang beragama Katolik, Kristen, Hindu, Budha.Selatan. Praktek-praktek sinkretisme dan mistik masih dilakukan. Pada dasarnya seluruh kehidupan orang Sundaditujukan untuk memelihara keseimbangan alam semesta. Keseimbangan magisdipertahankan dengan upacara-upacara adat, sedangkan keseimbangan sosialdipertahankan dengan kegiatan saling memberi (gotong royong). Hal yang menarik dalam kepercayaan Sunda, adalah lakon pantun Lutung Kasarung, salah satu tokoh budaya mereka, yang percaya adanya Allah yang Tunggal (Guriang Tunggal) yangmenitiskan sebagian kecil diriNya ke dalam dunia untuk memelihara kehidupanmanusia (titisan Allah ini disebut Dewata). Ini mungkin bisa menjadi jembatan untuk mengkomunikasikan Kabar Baik kepada mereka.
2.Mata Pencaharian
Suku Sunda umumnya hidup bercocok tanam. Kebanyakan tidak suka merantau atauhidup berpisah dengan orang-orang sekerabatnya. Kebutuhan orang Sunda terutamaadalah hal meningkatkan taraf hidup. Menurut data dari Bappenas (kliping Desember 1993) di Jawa Barat terdapat 75% desa miskin. Secara umum kemiskinan di Jawa Baratdisebabkan oleh kelangkaan sumber daya manusia. Maka yang dibutuhkan adalah pengembangan sumber daya manusia yang berupa pendidikan, pembinaan, dll.
3. Kesenian- Kirab Helaran
Kirap helaran atau yang disebut sisingaan adalah suatu jenis kesenian tradisionalatau seni pertunjukan rakyat yang dilakukan dengan arak-arakan dalam bentuk helaran. Pertunjukannya biasa ditampilkan pada acara khitanan atau acara-acarakhusus seperti ; menyambut tamu, hiburan peresmian, kegiatan HUT Kemerdekaan
 
RI dan kegiatan hari-hari besar lainnya. Seperti yang diikuti ratusan orang dari perwakilan seluruh kelurahan di Cimahi, yang berupa arak-arakan yang pernahdigelar pada saat Hari Jadi ke-6 Kota Cimahi. Kirap ini yang bertolak dari Alun-alunKota Cimahi menuju kawasan perkantoran Pemkot Cimahi, Jln. Rd. DemangHardjakusumah itu, diikuti oleh kelompok-kelompok masyarakat yang menyajikanseni budaya Sunda, seperti sisingaan, gotong gagak, kendang rampak, calung,engrang, reog, barongsai, dan klub motor.
-Karya Sastra
Di bawah ini disajikan daftar karya sastra dalam bahasa Jawa yang berasal daridaerah kebudayaan Sunda. Daftar ini tidak lengkap, apabila para pembaca mengenalkarya sastra lainnya dalam bahasa Jawa namun berasal dari daerah Sunda,· Babad Cerbon· Cariosan Prabu Siliwangi· Carita Ratu Galuh· Carita Purwaka Caruban Nagari· Carita Waruga Guru· Kitab Waruga Jagat· Layang Syekh Gawaran· Pustaka Raja Purwa· Sajarah Banten· Suluk Wuyung Aya· Wahosan Tumpawarang· Wawacan Angling Darma· Wawacan Syekh Baginda Mardan· Kitab Pramayoga/jipta Sara
-
Pencak Silat Cikalong
Pencak silat Cikalong tumbuh dikenal dan menyebar, penduduk tempatanmenyebutnya “Maempo Cikalong”. Khususnya di Jawa Barat dan diseluruh Nusantara pada umumnya, hampir seluruh perguruan pencak silat melengkapi teknik  perguruannya dengan aliran ini.Daerah Cianjur sudah sejak dahulu terkenal sebagai daerah pengembangankebudayaan Sunda seperti; musik kecapi suling Cianjuran, klompen cianjuran, pakaian moda Cianjuran yang sampai kini dipergunakan dll.
- Seni Tari
a.
Tari Jaipongan
Tanah Sunda (Priangan) dikenal memiliki aneka budaya yang unik danmenarik,Jaipongan adalah salah satu seni budaya yang terkenal dari daerah

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
Dwi Setyo Utomo added this note|
daftar pustakanya mana?
1 thousand reads
1 hundred reads
Agoesz Culleenz liked this
Chie Nenk Rizka liked this
Steven Gama Agam liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->