Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
70Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kelemahan Dan Kelebihan Tes

Kelemahan Dan Kelebihan Tes

Ratings: (0)|Views: 5,927 |Likes:
Published by Nur Khasanah

More info:

Published by: Nur Khasanah on Nov 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/01/2013

pdf

text

original

 
kelemahan dan kelebihan tes objektif 
TEST OBJEKTIF
 1.
 
TEST OBJEKTIF
 1. Kelebihan Test Objektif yaitu:v Untuk menjawab test objektif tidak banyak memakai waktu.v Reabilitynya lebih tinggi kalau di bandingkan dengan test Essay, karena penilainnya bersifatobjektif.v Pemberian nilai dan cara menilai test objektif lebih cepat dan mudah karena tidak menuntutkeahlian khusus dari pada si pemberi nilai.v Objekti test tidak memperdulikan penguasaan bahasa, sehingga mudah dilaksanakan.v Validity test objektif lebih tinggi dari essay test, karena samplingnya lebih luas.2. Kelemahan Test Objektif yaitu :v Murid sering menerka-nerka dalam memberikan jawaban, karena mereka belum menguasai bahan pelajaran tersebut.v Memang test sampling yang diajukan kepada murid- murid cukup banyak, dan hanyamembutuhkan waktu yang relative singkat untuk menjawabnya.v Tidak biasa mengajak murid untuk berpikir taraf tinggi.v Banyak memakan biaya, karena lembaran item- item test harus sebanyak jumlah pengikut test.B. SALAH- BENAR atau True- False (T- F)1. Kelebihan S- B yaitu :v Soal ini baik untuk hasil- hasil, dimana hanya ada dua alternative jawaban.v Tuntutan kurang ditekankan pada kemampuan baca.v Sejumlah soal relative dapat dijawab dalam tipe test secara berkala.v Penilaian mudah, objektif dan dapat dipercaya.2. Kelemahan S- B yaitu :
 
v Sulit menuliskan soal diluar tingkat pengetahuan yang bebas dari maksud ganda.v Jawaban soal tidak memberikan bukti bahwa siswa mengetahui dengan baik.v Tidak ada informasi diagnostic dari jawaban yang salah.v Memungkinkan dan mendorong siswa untuk menerka-nerka.C. PILIHAN BERGANDA atau Multiple Choise ( M- Ch)1. Kelebihan Pilihan Berganda yaitu:v Hasil belajae yang sederhana sampai yang komplek dapat diukur.v Terstruktur dan petunjuknya jelas.v Alternatif jawaban yang salah dapat memberikan informasi diagnostik.v Tidak dimungkinkan untuk menerka jawaban.v Penilaian mudah, objektif dan dapat dipercaya.2. Kelemahan Pilihan Berganda yaitu:v Menyusunnya membutuhkan waktu yang lama.v Sulit menemukan pengacau.v Kurang efektif mengukur beberapa tipe pemecahan masalah, kemampuan untuk mengorganisir dan mengekspresikan ide.v Nilai dapat dipengaruhi dengan kemampuan baca.D. ISIAN atau Completion1. Kelebihan Isian atau Completion yaitu :v Sangat mudah dalam penyusunannya.v Lebih menghemat tempat ( menghemat kertas ).v Persyaratan komprehensif dapat dipenuhi oleh test model ini.v Digunakan untuk mengukur berbagai taraf kompetensi dan tidak sekedar mengungkap taraf  pengenalan atau hafalan saja.
 
2. Kelemahan Isian atau Completion yaitu :v Lebih cenderung mengungkap daya ingat atau aspek hafalan saja.v Butir- butir item dari test model ini kurang relevan untuk diajukan.v Tester kurang berhati-hati dalam menyusun kalimat dalam soal.E. JAWABAN SINGKAT atau SHORT ANSWER 1. Kelebihan Jawaban Singkat yaitu :v Mdah dalam perbuatanv Kemungknan menebak jawaban sangat sulitv Cocok untuk soal- soal hitunganv Hasil- hasil pengetahuan dapat diukur secara luas2. Kelemahan Jawaban Singkat yaitu:v Sulit menyusun kata- kata yang jawabannya hanya satu.v Tidak cocok untuk mengukur hasil- hasil belajar yang komplek.v Penilaian menjemukan da memerlukan waktu banyak.F. MENJODOHKAN atau MATCHING1. Kelebihan Menjodohkan yaitu:v Suatu bentuk yang efisien diberikan dimana sekelompok respon sama menyesuaikan denganrangkaian isi soal.v Waktu membaca dan merespon relative singkat.v Mudah untuk dibuat.v Penilaian mudah, objektif dan dapat dipercaya.2. Kelemahan Menjodohkan yaitu:v Materi soal dibatsi oleh factor ingatan/ pengetahuan yang sederhana dan kurang dapat dipakaiuntuk mengukur penguasaan yang bersifat pengertian dan kemampuan membuat tafsiran.

Activity (70)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Yoka Prawira liked this
Ifan Kiwon liked this
Fery Fenisa liked this
Rikko Anggara liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->