Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
11Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ASURANSI

ASURANSI

Ratings: (0)|Views: 4,283|Likes:
Published by Rindri Aime Indygo

More info:

Published by: Rindri Aime Indygo on Nov 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/16/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1.
 
Latar Belakang
Jiwa seseorang dapat diasuransikan untuk keperluan orang yang berkepentingan, baik untuk selama hidupnya maupun untuk waktu yang ditentukan dalam perjanjian.Orang yang berkepentingan dapat mengadakan asuransi itu bahkan tanpa diketahui atau persetujuan orang yang diasuransikan jiwanya.Jadi setiap orang dapat mengasuransikan jiwanya, asuransi jiwa bahkan dapatdiadakan untuk kepentingan pihak ketiga. Asuransi jiwa dapat diadakan selama hidupatau selama jangka waktu tertentu yang dtetapkan dalam perjanjian.Pihak-pihak yang mengikatkan diri secara timbal balik itu disebut penanggungdan tertanggung. Penanggung dengan menerima premi memberikan pembayaran, tanpamenyebutkan kepada orang yang ditunjuk sebagai penikmatnya.
1.2 Rumusan Masalah
Apa definisi asuransiBagaimana subjek hukum dalam asuransiApa saja fungsi dan tujuan asuransiBagaimana penggolongan asuransi dan jenis-jenisnyaBagaimana bentuk perjanjian asuransiApa saja sifat-sifat asuransiApa saja macam-macam bentuk asuransi.
 
BAB IIPEMBAHASAN2.1 DEFINISI ASURANSI
Banyak definisi yang telah diberikan kepada istilah asuransi, dimana secara sepintastidak ada kesamaan antara definisi yang satu dengan yang lainnya. Hal ini bisa dimaklumi,karena mereka dalam mendefinisikannya disesuaikan dengan sudut pandang yang merekagunakan dalam memandang asuransi, dimana sesuai dengan uraian diatas bahwa asuransidapat dipandang dari beberapa sudut. Definsi-definisi tersebut antara lain :1.Definisi asuransi menurut Pasal 246 Kitab Undang-undang Hukum Dagang (KUHD)Republik Indonesia :“Asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian, dengan mana seorang penanggungmengikatkan diri pada tertanggung dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yangdiharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu”.2. Definisi asuransi menurut Prof. Mehr dan Cammack :“Asuransi merupakan suatu alat untuk mengurangi resiko keuangan, dengan cara pengumpulan unit-unit exposure dalam jumlah yang memadai, untuk membuat agar kerugianindividu dapat diperkirakan. Kemudian kerugian yang dapat diramalkan itu dipikul merataoleh mereka yang tergabung”.3. Definisi asuransi menurut Prof. Mark R. Green:“Asuransi adalah suatu lembaga ekonomi yang bertujuan mengurangi risiko, dengan jalanmengkombinasikan dalam suatu pengelolaan sejumlah obyek yang cukup besar jumlahnya,sehingga kerugian tersebut secara menyeluruh dapat diramalkan dalam batas-batas tertentu”.4.Definisi asuransi menurut C.Arthur William Jr dan Richard M. Heins, yang mendefinisikanasuransi berdasarkan dua sudut pandang, yaitu:a.”Asuransi adalah suatu pengaman terhadap kerugian finansial yang dilakukan oleh seorang penanggung”.
 
 b.”Asuransi adalah suatu persetujuan dengan mana dua atau lebih orang atau badanmengumpulkan dana untuk menanggulangi kerugian finansial”.Berdasarkan definisi-definisi tersebut di atas kiranya mengenai definisi asuransi yang dapatmencakup semua sudut pandang :“Asuransi adalah suatu alat untuk mengurangi risiko yang melekat pada perekonomian,dengan cara manggabungkan sejumlah unit-unit yang terkena risiko yang sama atau hampir sama, dalam jumlah yang cukup besar, agar probabilitas kerugiannya dapat diramalkan dan bila kerugian yang diramalkan terjadi akan dibagi secara proposional oleh semua pihak dalamgabungan itu”.

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Bang Boa liked this
Neny Rahma liked this
Argian Rahesa P liked this
Bara Delonge liked this
Topan Sandi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->