Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
13Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Asas-Asas Dan Konsep-konsep Mengenai Organisasi Pada Taraf Komunitas

Asas-Asas Dan Konsep-konsep Mengenai Organisasi Pada Taraf Komunitas

Ratings: (0)|Views: 2,353|Likes:
Published by Fa Azzahra

More info:

Published by: Fa Azzahra on Nov 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/20/2013

pdf

text

original

 
ASAS-ASAS DAN KONSEP-KONSEP MENGENAI ORGANISASIPADA TARAF KOMUNITAS
DISUSUN OLEH :SITI FATIMAH AZZAHRA ( FA AZZAHRA)RINNY WIDIAWATIURAI SITI WAHYUNARAHMAN PAHWADI
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGIFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS TANJUNGPURAPONTIANAK 2010
 
BAB IPENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Komunitas adalah kumpulan dari berbagai populasi yang hidup pada waktu dan daerahtertentu yang saling bertinteraksi dan saling mempengaruhi. Komunitas memiliki derajatketerpaduan yang lebih kompleks bila di bandingkan dengan populasi.Komunitas tidak hanya mempunyai kesatuan fungsional tertentu dengan struktur trofik danarus energi khas saja, tetapi juga merupakan kesatuan yang di dalamnya terdapat peluang bagi jenis tertentu untuk dapat hidup dan berdampingan. walaupun demikian tetap masih adakompetisi diantaranya, sehingga akan ditemukan populasi tertentu berperan sebagai dominansisuatu komunitas. Populasi yang mendominasi tersebut terutama adalah populasi yang dapatmengendalikan sebagian besar arus energi dan kuat sekali mempengaruhi lingkungan padasemua jenis yang ada di dalam komunitas yang sama.Ekotone adalah peralihan antara dua atau lebih komunitas yang berbeda. Daerah ini adalahdaerah pertemuan yang dapat berbentuk bentangan luas tetapi masih lebih sempit/kecil jumlah populasinya dari komunitas sekitamya. Komunitas ekotone biasanya banyak mengandungorganisme dari masing-masing komunitas yang saling tumpang tindih, dan sebagai tambahan,ataupun sebagai organisme yang khas tidak terdapat pada masing-masing komunitas pendampingnya.Seringkali terdapat kecenderungan jumlah jenis dan kepadatan organisme di wilayahekotone lebih besar daripada komunitas sekitarnya Kecenderungan ini akhirnya akanmeningkatkan keanekaragaman dan kepadatan wilayah ekotone dibanding komunitas pendampingnya. keadaan ini dikenal sebagai pengaruh tepi (edge effect).
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKAAsas-Asas dan Konsep Mengenai Organisasi pada Taraf Komunitas
1.
Konsep Komunitas Biotik 
Komunitas biotik adalah kumpulan populasi apa saja yang hidup dalam daerah atau habitatfisik yang telah ditentukan, hal tersebut merupakan satuan yang diorganisir sedemikian bahwa dia mempunyai sifat-sifat tambahan terhadap komponen2 individu dan fungsi-fungsisebagai suatu unit melalui metabolic yang bergandengan. Komunitas-komunitas utamaadalah mereka yang cukup besar dan memiliki kelengkapan organisasinya sedemikian rupasehingga mereka relative tidak dari masukan dan komunitas didekatnya. Komunitas-komunitas minor adalah mereka yang kurang lebih tergantug dari tetangganya. Konsepkomunitas adalah salah satu dari asas-asas dalm pemikiran dan prktek ekologi yang pling penting. Konsep komunitas adalah penting di dalam praktek ekologi sebab apa yang terjadidengan komunitas akan dialami juga oleh organism. Jadi sering merupkan cara yang terbaik untuk mengendalikan suatu organism tertentu apakah kita ingin mendukung atau inginmemusnahkannya, adalah dengan cara mengubah komunitasnya daripada menyeranglangsung pad organismenya. Misalnya kita mempunyai polulasi burung puyuh yang lebih baik dnegna cara memelihara kmunitas biotic tertentu dimana burung paling berhasilhidupnya daripada memelihara dan melepaskan burung-burung atau memanipulasiseperangkat factor pembatasnya yang mana saja (misalnya pemangsa). Nyamuk-nyamuk sering kali dapat dikendalikan dengan lebih efisien dan murah dengan mengubah komunitas perairan (seperti dengan menurun dan naikan permukaan air) daripada dengan usahameracuni organism-organisme secara langsung. Contoh untuk menggambarkan konsepkomunitas: dibuat dari segi structural/Standing crop dan Metabolism organism. Semuakomunitas: utama dan minor mempunyai batas yang agak tajam. Binatang besar terutama pemangsa dijumpai berkeliaran di komunitas utama yang satu ke tempa yang lain. Binatangyang lebih kecil dan banyak tumbuhan dilain pihak, terbatas atau mempunyai abundansiterbesar dalam komunitas minor atau utama tertentu.

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Alvhieah Vhiebha liked this
Julian Pasha liked this
Marten Tamtam liked this
Juneddy Duabelas liked this
Dilah Yaps Yups liked this
Dian Ika Pertiwi liked this
Aprizon liked this
widianingsih liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->