Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
26Activity
×
P. 1
Permendagri Nomor 1 Tahun 2006 (Lampiran)

Permendagri Nomor 1 Tahun 2006 (Lampiran)

Ratings: (0)|Views: 8,234|Likes:
Pedoman Pelaksanaan Batas Wilayah
Pedoman Pelaksanaan Batas Wilayah

More info:

Published by: Zulfanie Malaka Rahmaan on Nov 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/17/2013

pdf

text

original

 
LAMPIRAN: PERATURAN MENTERI DALAM NEGERINOMOR: 1 Tahun 2006 TANGGAL: 12 Januari 2006
PEDOMAN PENEGASAN BATAS DAERAHI.Batas Daerah di DaratA.Definisi teknis
1.Koordinat adalah suatu besaran untuk menyatakanletak atau posisi suatu titik di lapangan secara relatif terhadap sistem referensi yang berlaku secaranasional.2.Sistem proyeksi adalah sistem penggambaranpermukaan bumi yang tidak beraturan pada bidangdatar secara geodetis.3.Sistem referensi adalah sistem acuan atau pedomantentang posisi suatu objek pada arah horisontal danarah vertikal.
4.
Sistem grid adalah sistem yang terdiri dari dua ataulebih garis yang berpotongan tegak lurus untukmengetahui dan menentukan koordinat titik-titik diatas peta.5.Skala adalah perbandingan ukuran jarak suatu unsurdi atas peta dengan jarak unsur tersebut di mukabumi.6.Universal Transverse Mercator (UTM) adalah sistemgrid pada proyeksi Transverse Mercator.7.Brass Tablet adalah suatu tanda pada pilar, biasaberbentuk lingkaran dan terbuat dari bahan kuningandan memuat tanda silang serta keterangan mengenaititik yang terdapat pada pilar tersebut.8.Plakat adalah suatu tanda pada pilar berbentuk empatpersegi panjang yang terbuat dari kuningan danmemuat keterangan mengenai batas antar daerahyang bersangkutan.
B.Prinsip Penegasan Batas Daerah di darat
 
1.Batas daerah dibagi 2 (dua) macam yaitu:a.Batas daerah yang ditegaskan dapat dinyatakandalam bentuk bangunan fisik buatan manusiaseperti: pilar, gapura, persil tanah, jalan dan ataubatas alam seperti: watershed, sungai.b. Batas daerah yang tidak dapat ditegaskan dalamsuatu bentuk bangunan fisik seperti melalui danaudan tengah sungai dinyatakan dengan pilar acuanbatas
.
2.Dalam rangka menetapkan dan menegaskan batasdaerah perlu dilakukan kegiatan penelitian dokumenbatas, pelacakan batas, pemasangan pilar batas,pengukuran dan penentuan posisi pilar batas, danpembuatan peta batas.3.Jika dasar hukum untuk penegasan batas daerahbelum ada atau belum jelas, maka dapat diterapkanprinsip-prinsip sebagai berikut:a.Penggunaan bentuk-bentuk batas alam.Batas alam adalah objek di lapangan yang dapatdinyatakan sebagai batas daerah. Penggunaanbentuk alam sebagai batas daerah akanmemudahkan penegasan batas di lapangankarena tidak perlu memasang pilar yang rapat.Bentuk-bentuk batas alam yang dapat digunakansebagai batas daerah adalah:1)Sungaia)Garis batas di sungai merupakan gariskhayal yang melewati tengah-tengah sungaiyang ditandai oleh pilar batas di tepi sungaiyang memotong garis batas tersebut (lihatgambar di bawah).
b)
Pada daerah sungai yang labil, pilardipasang agak jauh dari sungai sehinggapilar tersebut bukan merupakan pilar batastetapi titik acuan bagi batas sebenarnya.Dari pilar tersebut harus diukur jarak ke tepidekat dan tepi jauh sungai serta arahnya.
2
P2
Wilayah AWilayah BP2P1
 
DAERAH ADAERAH B
P1
 
Keterangan :
2)Watershed/Garis Pemisah Aira)Garis batas pada watershed merupakangaris khayal yang dimulai dari suatupuncak gunung dan menyelusuripunggung bukit yang mengarah kepadapuncak gunung berikutnya.b)Ketentuan untuk menetapkan garis bataspada watershed ini adalah:(1)Garis batas tersebut tidak bolehmemotong sungai.(2)Garis batas merupakan garis pemisahair yang terpendek, karenakemungkinan terdapat lebih dari satugaris pemisah air (lihat gambar dibawah).
 
3)Danaua)Jika seluruh danau masuk ke salah satudaerah, dengan demikian tepi danaumerupakan batas antara dua daerah.
3
bDAERAH BDAERAH Acba
 
Kontur gunungWatershedGaris Batas
Batas daerah Titik Acuan untuk menentukanbatas

Activity (26)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Eky Pinto liked this
Dody Al liked this
Dwi Purnasari liked this
Potret Udara added this note|
Kami menawarkan Brass Tablet kuningan dengan kualitas yang bagus, harga kompetitif dan jaminan barang asli kuningan garansi uang kembali jika barang bukan kuningan asli, silakan hubungi kami di nmer 081227111715, atas nama Muh. Ismail (alumni geodesi ugm 2010)
Yenny Palupi liked this
Cucu Hidayat liked this
Sabono Wantoro liked this
Dody Al liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->