Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Cara Mengolah Vokal Dan Dinamika Lagu

Cara Mengolah Vokal Dan Dinamika Lagu

Ratings: (0)|Views: 1,250|Likes:
Published by stephen sihombing

More info:

Published by: stephen sihombing on Nov 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/12/2012

pdf

text

original

 
Cara Mengolah Vokal & Dinamika Lagu
Untuk
mengolah vokal yang baik
dan enak di dengar, kita memerlukan latihan khusus.Diantaranya dengan melakukan senam pernapasan dan sering meminum air putih. Hanya itu saja?Tentu tidak, banyak sekali teknik dan cara lain untuk mengolah vokal, di antarnya bisa kita baca dibawah ini!1.
Artikulasi,
adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.2.
Pernafasan,
adalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dandikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan.
Jenis Pernafasan
di bagi tiga jenis, yaitu :
- Pernafasan Dada:
Pernapasan ini cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
- Pernafasan Perut:
udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akancepat lelah.
- Pernafasan Diafragma:
adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karenaudara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vocalyang baik.3.
Phrasering,
adalah aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengertidan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.4.
Sikap Badan,
adalah posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atauberdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.5.
Resonansi,
adalah usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udarayang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.6.
Vibrato,
adalah usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberi gelombang/ suarayang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.7.
Improvisasi,
adalah usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagudengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya.
 
8
.
Intonasi,
adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.Syarat-syarat terbentuknya Intonasi yang baik :a. Pendengaran yang baikb. Kontrol pernafasanc. Rasa musical.Nada, adalah bunyi yang memiliki getaran teratur tiap detiknya.Sifat nada ada 4 yaitu :a. FITCH yaitu ketepatan jangkauan nada.b. DURASI yaitu lamanya sebuah nada harus dibunyikanc. INTENSITAS NADA yaitu keras,lembutnya nada yang harus dibunyikan.d. TIMBRE yaitu warna suara yang berbeda tiap-tiap orang.
AMBITUS SUARA
adalah luas wilayah nada yang mampu dijangkau oleh seseorang.Seorang penyanyi professional harus mampu menjangkau nada-nada dari yang paling rendahsampai yang paling tinggi sesuai dengan kemampuannya.
CRESCENDO
adalah suara pelan berangsur-angsur keras.
DESCRESCENDO
adalah suara keras berangsur-angsur pelan.
STACATO
adalah suara dalam bernyanyi yang terpatah-patah.
SUARA MANUSIA DIBAGI 3 (TIGA) :
Suara Wanita Dewasa ;a. Sopran (suara tinggi wanita)b. Messo Sopran (suara sedang wanita)c. Alto (suara rendah wanita)Suara Pria Dewasa :a. Tenor (suara tinggi pria)b. Bariton (suara sedang pria)c. Bas (suara rendah pria)
 
Suara Anak-anak :a. Tinggib. Rendah.TANGGA NADA DIATONIS adalah rangkaian 7 (tujuh) buah nada dalam satu oktaf yang mempunyaisusunan tinggi nada yang teratur.Tangga Nada Diatonis Mayor adalah Tangga Nada yang mempunyai jarak antar nadanya 1 (satu)dan ½ (setengah).Ciri-ciri tangga nada Diatonis Mayor :- Bersifat riang gembira- Bersemangat- Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C- Mempunyai pola interval : 1 , 1 ,. ½, 1 , 1 , 1, ½Contoh Lagu yang bertangga nada Mayor :Maju Tak Gentar, Indonesia Raya, Hari merdeka, Halo-halo Bandung, Indonesia Jaya, GarudaPancasila, Mars Pelajar.Ciri-ciri Tangga nada Diatonis Minor :- Kurang bersemangat.- Bersifat sedih- Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada La = A- Mempunyai pola interval : 1 , ½ , 1 , 1 , ½ , 1 , 1 .Catatan : Teori ini kurang sesuai dengan musik Dangdut yang banyak berkembang di Indonesia.Contoh Lagu yang bertangga nada Minor : Syukur, Tuhan, Gugur Bunga.TANGGA NADA KROMATIS adalah tangga nada yang mempunyai jarak antar nadanya hanya ½ .Contoh : C ± Cis ± D ± Dis- E ± F ± Fis ± G ± Gis ± A ± Ais ± BTANGGA NADA ENHARMNONIS adalah rangkaian tangga nada yang mempunyai nama dan letakyang berbeda, tetapi mempunyai tinggi nada yang sama.Contoh : Nada Ais-Bes, Cis-Des, Gis-As, Dis-Es, Fis-Ges. APRESIASI yaitu Totalitas kegiatan yang meliputi penglihatan, pengamatan, penilaian, danpenghargaan terhadap suatu karya seni.BIRAMA adalah ketukan tetap yang berulang-ulang pada sebuah lagu.Contoh birama : 2/4 , 3/4 , 4/4 , 6/
8
 

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Teguh Utomo liked this
mustardseed_band liked this
Sun Atapunang liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->