Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teori ian Kualitas ( Suci )

Teori ian Kualitas ( Suci )

Ratings: (0)|Views: 34 |Likes:
Published by Y4nza_mutz

More info:

Published by: Y4nza_mutz on Nov 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/21/2010

pdf

text

original

 
PENGENDALIAN MUTU
TUJUAN
Perbaikan yang berkesinambungan pada produk untuk memenuhikebutuhan pelanggan, memberikan keberhasilan usaha dan mengembalikaninvestasi kepada para pemegang saham dan pemilik perusahaan.Berbasis PenggunaKualitasBerbasis ManufaktuBerbasis Produk STANDAR KUALITAS INTERNASIONALISO 9000 (1987)ISO 9001:2000Tujuan penetapan standar adalah menetapkan prosedur manajemen kualitasmelalui kepemimpinan, dokumentasi terinci, perintah kerja, dan penyimpanan catatan. Kepuasan pelanggan memainkan peranan yang lebih penting disbanding prosedur terdokumentasi pada ISO 9001:2000.ISO 14000Merupakan standar manajemen lingkungan yang berisi 5 elemen pokok:1.Manajemen lingkungan2.Pengauditan3.Evaluasi kerja4.Pelabelan5.Penilaian siklus hidup
 
KONSEP PENGENDALIAN MUTU
Pada perusahaan pabrikasi ada dua macam struktur organisasi yang berkaitan dengan pengendalian mutu:
1.
Departemen kualitas berdiri sendiri dan mempunyai jalur laporanlangsung ke GM. Fungsi kualitas harus terpisah dari kegiatan pabrikasidan langsung memberikan laporan ke GM, tujuannya untuk mendapatkankerjasama dalam rangka memenuhi penjadwalan dan biaya.2.Departemen kualitas adalah bagian dari pabrikasi dan memberikanlaporan ke manajer pabrik. Fungsi kualitas di bawah fungsi pabrikasikarena mutu membutuhkan koordinasi yang dekat dengan proses produksi. Sesungguhnya manajer pabrikasi telah mengemban tugassebagai coordinator kualitas.
Total Pengendalian Kualitas (Total Quality Management = TQM)
Dengan konsep total pengendalian kualitas, maka system pengendalian kualitas menjadi:1.Departemen kualitas menjadi hanya coordinator yang akanmempengaruhi kualitas pada fungsi masing-masing.
GMKualitasPabrikasiKeuanganPemasaranFungsilainnyaGMPabrikasiKeuanganPemasaranFungsi lainnyaKualitas
 
2.Masing-masing fungsi dalam organisasi harus mempunyai pedoman pengendalian mutu yang akan menunjukkan jalan untuk menjaga mutudalam kinerja.
3.
Konsep total pengendalian kualitas mengharuskan Departemenkualitas untuk lebih menitikberatkan perhatian pada perencanaan danmengurangi perhatian pada pemeriksaan dan pengawasan.4.Pendekatan total kualitas menekankan pencegahan terhadap suatukesalahan dan memperkenalkan semua konsep mutu dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan sehingga masing-masing fungsi akan bertanggung jawab pada mutu pekerjaan.5.Departemen kualitas menyiapkan semua perangkat untuk menjamin bahwa semua fungsi di dalam organisasi melaksanakan apa yangdiinginkan oleh system pengendalian kualitas.6.Sebuah program hanya diterapkan ke seluruh bagian dari organisasi dimana program ini akan menjelaskan bagaimana total pengendaliankualitas harus diselenggarakan, bagaimana masing-masing individu sadar  berperan serta dalam pengendalian kualitas dan bagaimana pendekatanini diukur pada masing-masing kinerja.
Pendekatan Deming (
W. Edwards Deming 
)
Kualitas merupakan perbaikan secara berkesinambungan pada sebuahsystem yang stabil.Definisi ini menjelaskan 2 hal:1.Semua system administrasi, perencanaan, produksi dan system penjualan harus stabil yang dibuktikan dengan data-data statistic.Kestabilan ini dapat dilihat dari angka variansi (variance) yang tetap danterjadi pada angka rata-rata yang juga tetap.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->