Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
25Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kleptomania

Kleptomania

Ratings: (0)|Views: 3,235|Likes:
Published by Sudibio 文德

More info:

Published by: Sudibio 文德 on Nov 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/13/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1. Latar Belakang
Kleptomania merupakan gangguan kebiasaan dan impuls yang tidak terkendalikan (
impulse control disorder 
). Kleptomania diartikan sebagai bentuk gangguan impuls yang tidak dapat dikendalikan oleh individu untuk memiliki barang-barang yang dilihatnya dengan cara mencuri. Gangguan ini dilakukansecara berulang (kompulsi) dengan berbagai alasan yang tidak rasional untuk memiliki benda-benda tersebut.
1
Individu yang mempunyai gangguan kleptomania ditandai oleh kegagalanmenahan dorongan yang timbul untuk mencuri sesuatu yang tidak dibutuhkan atautidak menghasilkan uang, ketika dorongan untuk mencuri itu muncul, ia akanmerasa tidak nyaman, gelisah dan dorongan tersebut akan semakin kuat, setelah perilaku tersebut tersalurkan, individu tersebut akan merasakan kepuasaan. Padasaat-saat tertentu individu dapat merasakan penyesalan terhadap kebiasaantersebut, akan tetapi penyesalan tersebut tidak dapat menghentikan kebiasaan buruk tersebut, justru ketika muncul dorongan itu kembali, ia akan kembalimencuri.
2
Beberapa penelitian psikoanalisa menyebutkan bahwa kleptomaniadisebabkan oleh berbagai permasalahan dan fase masa anak-anak yang tidak  berjalan dengan semestinya, akibatnya dorongan mencuri merupakan salah satucara untuk mengembalikan masa tersebut. Secara pasti sebab-sebab kemunculankleptomania masih dalam perdebatan, namun diperkirakan ketidakseimbangan zatkimia serotonin di dalam otak diduga menjadi penyebab bentuk abnormalitasini.
1,2
1.2. Tujuan
Makalah ini ditulis sebagai salah satu prasyarat untuk mengikuti ujianakhir ko-asisten di Departemen Psikiatri, Fakultas Kedokteran UniversitasSumatera Utara. Makalah ini diharapkan dapat menambah pengetahuan pembacamengenai Kleptomania.1
 
BAB IIPEMBAHASAN2.1. Definisi
Kleptomania pertama sekali dijelaskan pada tahun 1816 oleh AndreMatthey seorang psikiater dari Swiss, pada saat itu disebut dengan “klopemanie”yang mendeskripsikan seseorang yang mencuri barang-barang yang tidadiperlukan.
2
Kleptomania adalah bentuk gangguan impuls yang tidak dapatdikendalikan oleh individu untuk memiliki barang-barang yang dilihatnya dengancara mencuri. Ciri penting dari kleptomania adalah kegagalan rekuren untuk menahan impuls untuk mencuri benda-benda yang tidak diperlukan untu pemakaian pribadi atau yang memiliki arti ekonomi. Benda-benda yang diambilseringkali dibuang, dikembalikan secara rahasia, atau disimpan bahkandisembunyikan.
1,2
Orang dengan kleptomania biasanya memiliki uang untuk membayar  benda yang mereka curi secara impulsif. Seperti gangguan pengendalian impulslainnya, kleptomania ditandai oleh ketegangan yang memuncak sebelum tindakan,diikuti oleh pemuasan dan peredaan ketegangan dengan atau tanpa rasa bersalah, penyesalan, atau depresi selama tindakan. Biasanya mecuri pada kleptomaniaadalah tidak direncanakan dan tidak melibatkan orang lain.
1,2,3
2.2. Epidemiologi
Tidak ada data epidemiologi yang dilaporkan. Meskipun tidak ada dataepidemiologi yang dilaporkan, tampaknya kleptomania lebih banyak ditemukan pada perempuan dibandingkan laki-laki.
1,4
 
2.3. Etiologi
Etiologi kleptomania pada dasarnya belum diketahui, beberapa penelitian psikoanalisa menyebutkan bahwa kleptomania disebabkan oleh berbagai permasalahan dan fase masa anak-anak yang tidak berjalan dengan semestinya,2
 
akibatnya dorongan mencuri merupakan salah satu cara untuk mengembalikanmasa tersebut.
1
Walaupun etiologi kleptomania masih belum jelas namun ada beberapahipotesis yang menyatakan adanya disfungsi serotogenik pada korteks prefrontalventromedial yang mendasari kegagalan pengendalian impuls pada individukleptomania. Pada suatu studi yang meneliti individu kleptomania dilaporkan bahwa jumlah dari 5-HT transporter pada individu kleptomania adalah lebihsedikit jika dibandingkan dengan individu yang normal.
2
2.4. Gambaran Klinis
Ciri penting dari kleptomania terdiri dari dorongan atau impus yangrekuren, intrusif dan tidak dapat ditahan untuk mencuri benda-benda yang tidak diperlukan. Pasien kleptomania mungkin juga mengalami depresi atau kecemasan.Pasien kleptomania tidak selalu mempertimbangkan kemungkinan penangkapanmereka, kendatipun penahanan yang berulang menyebabkan penderitaan dan rasamalu. Pasien kleptomania mungkin merasa bersalah dan cemas setelah mencurinamun hal ini tidak dapat menghentikannya. Sebagian besar pasien kleptomaniamencuri dari toko, tetapi mereka juga dapat mencuri dari anggota keluarga atauteman mereka sendiri.
1,2,3,4
2.5. Diagnosa
Kriteria untuk mendiagnosa kleptomania berdasarkan
 Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders
, edisi keempat, teks revisi (DSM-IV-TR),yaitu :
1,4
a.Kegagalan berulang dalam menahan impuls untuk mencuri benda-bendayang tidak diperlukan untuk keperluan pribadi atau untuk nilaiekonominya. b.Meningkatnya perasaan ketegangan segera sebelum melakukan pencurian.c.Rasa senang, puas, atau redanya rasa ketegangan pada saat bersamaanmelakukan pencurian.d.Mencuri tidak dilakukan untuk mengekspresikan kemarahan atau balasdendam, dan bukan sebagai respon suatu waham atau halusinasi.3

Activity (25)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Khairul Ninda Moito added this note
bagaimana cara mendonload???
ira_ferawati liked this
Salmhya Hnb liked this
Cho Poe liked this
Wahyu Desmalinda liked this
Husnun 'nadiyah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->