Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Komputer Dan Perangkatnya

Komputer Dan Perangkatnya

Ratings: (0)|Views: 1,009 |Likes:
Published by Jessi Ratna Pratiwi

More info:

Published by: Jessi Ratna Pratiwi on Nov 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/17/2012

pdf

text

original

 
IT-expert.webs.com
 
PENGENALAN KOMPUTER
 
• Komputer Komputer adalah alat elektronik yang dapat menerima input data, mengolah datadan memberikan hasil dalam bentuk informasi dengan menggunakan suatuprogram yang tersimpan di memori komputer dan juga dapat menyimpanprogram dan hasil pengolahan yang bekerja secara otomatis.
 Sistem Komputer 
 • Tujuan pokok sistem computer adalah pengolahan data untuk menghasilkaninformasi.• Elemen-elemen :Hardware (perangkat keras)Software (perangkat lunak)HardwareBentuk fisik dari komputer yang terdiri dari :
 Input device (Alat input)
 Digunakan untuk menerima input yang dapat berupa :• signal input : energi yg akan dirubah oleh system (data).• maintenace input : program yang digunakan untuk mengolah data masukan.Contoh : keyboard, pointing device, scanner, sensor.• CPU (central processing unit) Tempat pemrosesan instruksi-instruksi program(disebut microprocessor).Central Processing UnitCPU terdiri dari :1. CU (control unit): untuk mengatur dan mengendalikan semua peralatanyang ada pada sistem komputer. Mengatur kapan alat input menerimadata dan diolah dan ditampilkan.2. ALU (arithmatic and logic unit): melakukan semua perhitungan aritmatikadan pembandingan.3. Register: simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi, digunakanuntuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses. (IR: instructionregister, PC : program counter untuk alamat dan general purpose register untuk data).4. Main memory : RAM dan ROM
 
IT-expert.webs.com
 
Output device (alat output)
 Dapat berupa :• Hard copy device, untuk mencetak pada kertas/film (printer, plotter, computer output to microfilm).• Soft copy device, ditampilkan dalam bentuk signal elektronik pada media soft(video display, speaker).• Drive device (disk drive, tape drive).
 Software
 • Terdiri dari : – sistem operasi, pengelola seluruh sumberdaya sistem komputer dan sebagaipenyedia layanan. – Perangkat lunak sistem (bahasa), untuk menterjemahkan bahasa level tinggike level rendah. – Perangkat lunak aplikasi, untuk menyelesaikan masalah tertentu.Komputer adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah. Dalam menyelesaianmasalah dengan komputer perlu merumuskan langkah-langkah penyelesaianmasalah dalam sekumpulan instruksi. Sekumpulan instruksi yang dimengertioleh komputer yang disebut dengan program.
 
IT-expert.webs.com
 
CPU (Central Processing Unit)
 
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsioperasional, yaitu : ALU (Arithmatical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data,dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer. CPU merupakantempat memroses instruksi-instruksi program, yang pada komputer micro disebutmicro processor (pemroses mikro). Pemroses ini berupa chip yang terdiri dariribuan hingga jutaan IC. Dalam dunia dagang, pemroses ini diberi nama sesuaidengan keinginan pembuatnya pada umumnya ditambah dengan nomor seri,misalnya dikenal pemroses Intel 80486 DX2- 400 (buatan intel dengan seri80486 DX2-400 yang dikenal dengan komputer 486-DX2), Intel pentium 100(dikenal dengan komputer pentium I), Interl pentium II-350, Intel pentium III-450,Intel Celeron 333, AMD K-II dan sebagainya. Masing-masing produk ini memilikikelebihan dan kekurangan masing-masing.Komponen yang terdapat didalam CPU:MotherboardMotherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakankomponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semuakomponen PC anda akan disatukan. Matherboard merupakan komponen utamakomputer Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik.Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboardmenghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja samasehingga komputer berjalan dengan lancar.Motherboard penting karena menentukan kapabilitas ( kemampuan system ),misalnya :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->