Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
15Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tata Cara Pembuatan Kompos Cair

Tata Cara Pembuatan Kompos Cair

Ratings: (0)|Views: 1,340 |Likes:
Published by Alfajar

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: Alfajar on Nov 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2013

pdf

text

original

 
Cara Pembuatan Kompos Cair,Komposter dan MOL
Dalam pengolahan kompos ini, peran masyarakat cukup tinggi. Karena budaya ini lebihefektif bila dimulai dari rumah sendiri, yaiu menumbuhkan kebiasaan untuk memisahkansampah kering (non-organik) dan sampah basah (organik). Kenapa harus dipisahkan?karena kedua sampah tersebut pemanfaatannya berbeda, yakni : sampah kering bisadidaur ulang menjadi berbagai macam barang, sedangkan sampah organik bisadimanfaatkan menjadi kompos dan pupuk cair. Pupuk yang dihasilkan dari sampahorganik ini biasa disebut dengan pupuk organik. Selain menyehatkan lingkungan,keunggulan lain dari pupuk organik ini adalah dapat membantu revitalisasi produktivitastanah, menekan biaya usaha tani, serta meningkatkan kualitas produk.Pada dasarnya, sampah organik tidak hanya bisa dibuat menjadi kompos atau pupuk  padat, tetapi bisa juga dibuat sebagai pupuk cair. Pupuk cair ini mempunyai banyak manfaat. Mulai dari fungsinya sebagai pupuk, hingga sebagai aktivator untuk membuatkompos.Untuk membuat kompos cair dibutuhkan alat atau wadah yang disebut komposter. Yaknisebuah tempat yang dibuat dari tong sampah plastik atau kotak semen yang dimodifikasidan diletakkan di dalam atau di luar ruangan. Komposter ini bertujuan untuk mengolahsemua jenis limbah organik rumah tangga menjadi bermanfaat.Adapun langkah-langkah untuk melakukan pengomposan dengan menggunakankomposter, adalah sebagai berikut :
1.
Pilih sampah organik seperti sisa makanan, sisa sayuran, kulit buah, sisa ikan, dandaging segar agar terpisah dari sampah. Sampah berupa plastik, kardus bekas minyak,oli, beling, dan air sabun harus dipisahkan agar prosesnya berjalan cepat.
2.
Sampah yang berukuran besar seperti batang tanaman, sayuran daun, atau kulit buahyang keras sebaiknya dirajang terlebih dahulu agar pembusukannya sempurna. Selain itu,volume sampah yang terapung juga semakin banyak.
3.
Siapkan cairan bioaktivator boisca, yakni salah satu bioaktivator yang bisa digunakanuntuk mempercepat proses pengomposan. Bioaktivator ini berfungsi untuk membantumempercepat proses pembusukan.Tata cara penggunaannya sebagai berikut, Pertama, siapkan sprayer ukuran 1 liter.Kedua, isi sprayer dengan air. Sebaiknya gunakan air sumur karena tidak mengandungkaporit. Namun, jika ingin memakai air PAM, air tersebut harus diendapkan terlebihdahulu selama satu malam. Tujuannya agar kaporitnya menguap. Pasalnya, kaporit didalam air bisa mematikan mikroba yang ada di dalam boisca. Ketiga, tambahkan boiscake dalam sprayer dengan perbandingan 1 liter air ditambah dengan 1-2 tutup botol boisca. Dan, Keempat, kocok-kocok sampai merata. Setelah itu, cairan siap digunakan.
4.
Setelah sampahnya terkumpul dan dirajang, masukkan seluruhnya ke dalamkomposter, lalu semprotkan boisca hingga merata ke seluruh sampah dan tutup rapatkomposter.
5.
Pada awal pemakaian, komposter baru bisa menghasilkan lindi (air sampah) ataukompos cair setelah dua minggu. Selanjutnya, pemanenan lindi dilakukan setiap 1-2 harisekali.
 
tentang tip mengolah sampah di rumah sendiri, jenis-jenis pupuk organik padat dan cair,manfaat pupuk organik cair, serta aplikasi pupuk cair pada tanaman.http://adabisnishalal.co.ccmodel komposter kompos cair.
Bahan baku dan alat yang dibutuhkan adalah:
1.Tong plastik bekas, kapasitas tergantung pilihan mulai dari 20 - 100 literan, beli di pengepul barang bekashttp://adabisnishalal.co.cc2.Potongan pipa pralon diameter 1 inchi, 2 buah3.Potongan pipa pralon ukuran diameter 1 inchi, 1 buah http://adabisnishalal.co.cc
 
4.Potongan pipa pralon ukuran panjang 1 inchi, 1 buah5.sambungan pipa berbentuk T, 2 buah6.Sambungan pipa berbentuk L, 1 buah7.Keran air galon plastik 1 buah8.Bor 9.Meteran10.Kasa plastichttp://adabisnishalal.co.cc
Cara membuatnya :
1.Buat dua lubang udara di sisi kanan dan kiri tong dengan menggunakan bor.Diameter lubang harus sama dengan diameter pipa pralon.2.Buat satu lubang lagi di sisi lain tong. Posisi lubang ketiga ini harus lebihrendah daripada lubang sebelumnya atau sekitar 10 cm dari dasar tong.3. Lubangi potongan pipa paralon, dan lapisi dengan kain kasa4.selanjutnya instalasi dalam udara dapat dirangkai. Mulailah dari memasangkedua pipa pralon dengan ukuran yang sama, masing-masing pada lubang kanandan kiri. Kedua pipa dimasukkan dari arah dalam ke luar. Pipa didorong daridalam hingga keluar sekitar 3 cm dari lubang dan sisanya sekitar 10 cm berada didalam tong. http://adabisnishalal.co.cc5.Kedua ujung pipa yang mencuat keluar 3 cm tersebut kemudian ditutup dengankasa plastik. Potong kasa plastik berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar 1cm lebih panjang dari diameter pipa. Beri lem PVC di sekitar ujung pipa, lalutempelkan kasa, atur hingga tertutup rapi. http://adabisnishalal.co.cc

Activity (15)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nurma Fitriana liked this
Ahmad Yasin liked this
Abdul Ganiru liked this
Milawati Lalla liked this
boluna liked this
Tjhang liked this
Maria Poluan liked this
i_novianty liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->