Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sikap Positif Terhadap Sistem Hukum Dan Peradilan Nasional

Sikap Positif Terhadap Sistem Hukum Dan Peradilan Nasional

Ratings: (0)|Views: 2,503|Likes:

More info:

Published by: Siti Fadhilla Tsabitha on Nov 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/29/2013

pdf

text

original

 
 
SIKAP POSITIF TERHADAP SISTEM HUKUMDAN PERADILAN NASIONAL
 
-
 
Sistem Hukum dan Peradilan Nasional-
 
Lembaga Peradilan Nasional-
 
Sikap yang Sesuai Dengan Ketentuan Hukum yang Berlaku-
 
Upaya Pemberantasan Korupsi-
 
Peran Serta dalam Upaya Pemberantasan Korupsi diIndonesia10/19/2010SMAN 5 BANDUNGKELOMPOK 2
 
Sistem Hukum dan Peradilan Nasional1.
 
HUKUMA.
 
Pengertian HukumHukum sulit didefinisikan karena kompleks dan beragamnya sudut pandangyang akan dikaji. Prof. Van Apeldoorn mengatakan bahwa  definisi hukumsangat sulit dibuat karena tidak mungkin untuk mengadakannya yang sesuaidengan kenyataan. Karena itu, sebaiknya kita lihat dulu pengertian hukummenurut para ahli hukum terkemuka berikut ini :
-
 
Prof. Mr. E.M. MeyersHukum adalah semua aturan yang mengandung pertimbangan kesusilaan,ditujukan kepada tingkah laku manusia dalam masyarakat, dan menjadipedoman bagi penguasa negara dalam melaksanakan tugasnya.
-
 
Leon Duguit Hukum adalah aturan tingkah laku anggota masyarakat, aturan yang dayapenggunaannya pada saat tertentu diindahkan oleh suatu masyarakat sebagaijaminan dari kepentingan bersama dan yang pelanggaran terhadapnya akanmenimbulkan reaksi bersama terhadap pelakunya.
-
 
Drs. E. Utrecht, S.HHukum adalah himpunan peratuan ( perintah dan larangan ) yang mengurus tatatertib suatu masyarakat dan karena itu harus ditaati oleh masyarakat itu.
-
 
S.M. Amin, S.HHukum merupakan kumpulan peraturan yang terdiri dari norma dan sanksi,dengan tujuan mewujudkan ketertiban dalam pergaulan manusia.
-
 
J
.C.T. Simorangkir, S.H. dan Woerjono Sastropranoto, S.H
Sistem HukumHukumPengertian Tujuan PenggolonganSistemPengertianSistemPengertianSistem Hukum
 
Hukum adalah peratuan-peraturan yang bersifat memaksa, yang menentukantingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat, yang dibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib, dan yang pelanggaran terhadapnya mengakibatkandiambilnya tindakan, yaitu hukuman terentu.B.
 
Tujuan HukumHukum mempunyai sifat mengatur dan memaksa. Adapun tujuan dibuatnyahukum dapat dilihat pada mariks di bawah ini:No Tokoh Teori1 Prof. Subekti,SH.Hukum itu mengabdi pada tujuan negara, yaitumendatangkan atau ingin mencapai kemakmuran dankebahagiaan pada rakyatnya.2 VanApeeldoornMengatur pergaulan oleh hukum dengan melindungikepentingan-kepentingan hukum manusia tertentu.,(kehormatan, kemerdekaan jiwa, harta benda) daripihak yang merugikan.3 Teori Etis Hukum itu semaa-mata menghendaki keadilan. Isihukum semata-mata harus ditentukan oleh kesadaranetis kita mengenai apa yang adil dan apa yang tidak adil.4 Oeny Hukum bertujuan semata-mata untuk mencapaikeadilan, sedangkan unsur-unsur keadilan ialah :Kepentingan dayaguna dan kemanfaaannya.5 Bentham (TeoriUtilitarianisme)Tujuan hukum adalah semata-mata untuk mewujukanapa yang berfaedah bagi banyak orang. Dengan katalain, Menjamin kebahagiaan sebesar-besarnya bagisebanyak mungkin orang.6 Prof. Y. VanKant Tujuan hukum ialah untuk menjaga agar kepentingantiap-tiap manusia tidak diganggu.7 Geny Hukum bertujuan semata-mata untuk mencapaikeadilan. Sebagai unsur keadilan, ada kepentingan dayaguna dan kemanfaatan.8 Tujuan HukumNasionalIndonesiaIngin mengatur secara pasti hak-hak dan kewajibanlembaga tertinggi negara, lembaga-lembaga tingginegara, semua pejabat negara, setiap warga Indonesiaagar semuanya dapat melaksanakan kebijaksanaan-kebijaksanaan dan tindakan-tindakan demi

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
addien_com6570 liked this
M Arif Sapoetra liked this
Olenk liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->