Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
28Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Uji Lipid

Uji Lipid

Ratings: (0)|Views: 2,753|Likes:
Published by nicky_ginting

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: nicky_ginting on Nov 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/02/2013

pdf

text

original

 
Uji Lipid
Submitted byrismakaon June 20, 2009 at 2:00 pm10 Comments Lipid atau trigliserida merupakan bahan bakar utama hampir semua organisme disampingkarbohidrat. Trigliserida adalah triester yang terbentuk dari gliserol dan asam-asam lemak.Gambar 1. Struktur Asam Lemak Asam-asam lemak jenuh ataupun tidak jenuh yang dijumpai pada trigliserida, umumnyamerupakan rantai tidak bercabang dan jumlah atom karbonnya selalu genap.Ada dua macam trigliserida, yaitu trigliserida sederhana dan trigliserida campuran. Trigliseridasederhana mengandung asam-asam lemak yang sama sebagai penyusunnya, sedangkantrigliserida campuran mengandung dua atau tiga jenis asam lemak yang berbeda. Padaumumnya, trigliserida yang mengandung asam lemak tidak jenuh bersifat cairan pada suhukamar, disebut minyak, sedangkan trigliserida yang mengandung asam lemak jenuh bersifat padat yang sering disebut lemak.Trigliserida bersifat tidak larut dalam air, namun mudah larut dalam pelarut nonpolar sepertikloroform, benzena, atau eter. Trigliserida akan terhidrolisis jika dididihkan dengan asam atau basa. Hidrolisis trigliserida oleh basa kuat (KOH atau NaOH) akan menghasilkan suatucampuran sabun K+ atau Na+ dan gliserol. Hidrolisis trigliserida dengan asam akanmenghasilkan gliserol dan asam-asam lemak penyusunnya.Trigliserida dengan bagian utama asam lemak tidak jenuh dapat diubah secara kimia menjadilemak padat oleh proses hidrogenasi sebagian ikatan gandanya. Jika terkena udara bebas,trigliserida yang mengandung asam lemak tidak jenuh cenderung mengalami autooksidasi.Molekul oksigen dalam udara dapat bereaksi dengan asam lemak, sehingga memutuskan ikatangandanya menjadi ikatan tunggal. Hal ini menyebabkan minyak mengalami ketengikan.Kelas lipida yang lain adalah steroid dan terpen. Steroid merupakan molekul kompleks yanglarut di dalam lemak dengan empat cincin yang saling bergabung. Steroid yang paling banyak adalah sterol yang merupakan steroid alkohol. Kolesterol adalah sterol utama pada jaringanhewan. Kolesterol dan senyawa turunan esternya, dengan asam lemaknya yang berantai panjang adalah komponen penting dari plasma lipoprotein.
Tujuan Percobaan
 Percobaan ini bertujuan untuk mempelajari beberapa reaksi uji terhadap golongan lipid, yaitulemak, minyak, dan kolesterol.
 
B
ahan dan Alat
 Alat yang dipakai yaitu tabung reaksi, pengaduk, bunsen, pipet tetes, pipet mohr, kertas saring,erlenmeyer dan sumbat karet.Bahan yang dipakai pada percobaan yaitu akuades, eter, kloroform, alkohol, alkali, asam encer,minyak kelapa, lemak hewan, mentega, margarin, gliserol, asam palmitat, asam stearat, asamoleat, minyak kelapa tengik, kristal KHSO4, pereaksi iod Hubl, HCl pekat, serbuk CaCO3,kolesterol, kloroform anhidrat, asam sulfat pekat, asam asetat anhidrat dan floroglusinol.
Prosedur Percobaan
 Percobaan uji kelarutan, sebanyak 2 ml pereaksi atau pelarut dimasukkan ke dalam tabungreaksi yang bersih, kemudian dibubuhkan sedikit bahan percobaan lalu dikocok kuat-kuat dandiamati kelarutannya. Pelarut yang digunakan yaitu akuades, eter, kloroform, alkohol panas,alkohol dingin, alkali dan asam encer.Percobaan uji akrolein, kristal KHSO4 dimasukkan ke dalam tabung reaksi, kemudianditambahkan 3-4 tetes bahan percobaan. Selanjutnya dipanaskan diatas api kecil lalu apidiperbesar, diperhatikan bau akrolein yang terbentuk dibandingkan bau SO2 yang berasal darikarbohidrat. Uji ini dilakukan terhadap minyak kelapa, lemak hewan, gliserol, asam palmitatdan asam stearat.Percobaan uji ketidakjenuhan, sebanyak 1 ml bahan percobaan dimasukkan dalam tabung bersih, lalu ditambahkan kloroform sama banyak, dikocok sampai semua bahan larut.Kemudian ditambahkan beberapa tetes pereaksi iod Hubl sambil dikocok dan diamati perubahan yang terjadi. Lakukan uji ini terhadap minyak kelapa tengik, minyak kelapa, lemak hewan, mentega, margarin, asam palmitat, asam oleat.Percobaan uji ketengikan, erlenmeyer 100 ml diisi dengan 5 ml bahan percobaan, ditambahkan5 ml HCl pekat, dan dicampurkan hati-hati. Selanjutnya dimasukkan serbuk CaCO3 dan segeraditutup dengan sumbat karet yang dijepitkan kertas floroglusinol sehingga kertasnya tergantungdan dibiarkan selama 10-20 menit. Kemudian warna yang timbul diamati pada kertas tersebutdan bila kertas berwarna merah muda berarti bahan tersebut tengik. Uji ini dilakukan terhadapminyak kelapa tengik, minyak kelapa, lemak hewan dan mentega.Percobaan uji Salkowski untuk kolesterol, beberapa miligram kolesterol dimasukkan ke dalamtabung reaksi yang sudah berisi 3 ml kloroform anhidrat. Kemudian ditambahkan asam sulfat pekat dengan volume yang sama, tabung dikocok perlahan-lahan dan dibiarkan lapisan cairanterpisah, diamati warna pada lapisan tersebut.Percobaan uji Lieberman Buchard, larutan kolesterol dan kloroform dari percobaan Salkowskiditambahkan 10 tetes asam asetat anhidrat dan 2 tetes asam sulfat pekat, kemudian dikocok  perlahan-lahan dan dibiarkan beberapa menit.
Data dan Hasil Pengamatan
 Tabel 1. Uji kelarutan lipid pada berbagai pelarut.
 
 Tabel 2. Hasil uji akrolein pada sampel.Tabel 3. Data pengamatan uji ketidakjenuhan.Tabel 4. Data pengamatan pada uji ketengikan.

Activity (28)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Citrä Ðoank liked this
Ingrid DC liked this
Dwi Yuliandini liked this
Picky Micky liked this
Yuni Sudaryanti liked this
REno S. Filan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->