Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hepatitis A

Hepatitis A

Ratings: (0)|Views: 1,100 |Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Baiq Trisna Satriana on Nov 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/29/2013

pdf

text

original

 
HEPATITIS A
ETIOLOGI
Hepatitis A disebabkan oleh virus HAV. Virus hepatitis A merupakan virus RNA dalam familiPicornaviridae. Virus hepatitis A (HAV) menginfeksi hati, infeksi ini dapat menyebabkan ikterik maupun non-ikterik. Ada tidaknya tanda klinis ikterik tergantung oleh usia pasien yangmengalami hepatitis A. Pada anak berusia kurang dari 6 tahun, lebih dari 90 % yang menderitainfeksi HAV bersifat asimtomatik. Kontrasnya, lebih dari dua pertiga anak yang lebih besar danorang dewasa mengalami tanda klinis ikterik setelah infeksi HAV (Committee on InfectiousDisease Pediatrics, 2007).Beberapa karakteristik HAV diantaranya:
 
RNA virus
 
Dikenal sebagai enterovirus 72, namun sekarang digolongkan menjadi heptovirus
 
Hanya memiliki 1 serotif 
 
S
usah dikultur 
 
E
mpat genotif 
 
T
ransmisi melalui Close personal contact, kontaminasi air dan makanan (fecal oral), darah(jarang)(Committee on Infectious Disease Pediatrics, 2007).
F
AKTOR RESIKO & PATOGENESIS
 
F
aktor resiko penularan HAV yaitu:-
 
S
anitasi yang buruk -
 
Daerah padat seperti poliknik dan rumah sakit jiwa-
 
Jasa boga terinfeksi-
 
Pekerja layanan kesehatan-
 
Wisatawan internasional-
 
Pengguna obat-
 
Hubungan seksual dengan orang terinfeksi
 
-
 
Daerah endemis (seperti suku bangsa Indian Amerika atau pedesaan asli Alaska) beresikotinggi(Price&Wilson, 2006).Pada wanita di Amerika
S
erikat, kehamilan bukan merupakan faktor risiko terjadinya infeksiHAV yang lebih berat. Walaupun transmisi ke fetus tidak biasanya terjadi, telah ada 2 laporankasus dimana ibu yang mengalami hepatitis A selama trimester pertama kehamilan, anak dalamkandungannya dapat mengalami peritonitis mekonium. Risiko transmisi dari ibu yangmengalami hepatitis A selama trimester ketiga ke janin umumnya rendah (Committee onInfectious Disease Pediatrics, 2007).
T
ransmisi HAV terbanyak melalui fecal oral. Pada anak-anak penyebaran virus yang banyak terjadi lewat close contact dan kontaminasi makanan dan minuman yang mengandung HAV.Virus ini merupakan RNA virus.
F
eses dari anak yang terinfeksi hepatitis A virus sangatinfeksius dari 14-21 sebelum dan 8 hari setelah munculnya ikterus (Committee on InfectiousDisease Pediatrics, 2007).
 
Masa inkubasi hepatitis A berkisar antara 15-45 hari, atau rata-rata 30 hari. Masa penularantertinggi adalah pada minggu kedua segera setelah timbulnya ikterus (Price& Wilson, 2006).Pada
M
ANI
F
ESTASI KLINIS
 
S
ecara umum, gejala hepatitis akut terbagi dalam 4 tahap yaitu:
Fase
Inkub
asi
 Merupakan waktu antara masuknya virus dan timbulnya gejala atau ikterus.
F
ase ini padahepatitis A berkisar antara 15-50 hari (rata-rata: 30 hari), dan berbeda-beda lamanya untuk tiapvirus hepatitis. Panjang fase ini tergantung pada dosis inokulum yang ditularkan dan jalur  penularan, makin besar dosis inokulum, makin pendek fase inkubasi ini.
Fase
Prodrom
al
(Pr
a
Ikt
e
r
i
k)
F
ase diantara timbulnya keluhan-keluhan pertama dan timbulnya gejala ikterus. Awitannya dapatsingkat atau
insidious
ditandai dengan malaise umum, mialgia, atralgia, mudah lelah, gejalasaluran napas atas, dan anoreksia. Mual, muntah dan anoreksia berhubungan dengan perubahan
 
 penghidu dan rasa kecap. Diare atau konstipasi dapat terjadi. Demam derajat rendah umumnyaterjadi pada hepatitis A akut. Nyeri abdomen biasanya ringan dan menetap di kuadran kanan atasatau epigastrium, kadang diperberat dengan aktivitas akan tetapi jarang menimbulkan kolesistitis.
Fase
Ikt
e
ru
s
 
Ikterus muncul setelah 5-10 hari, tetapi dapat juga muncul bersamaan dengan munculnya gejala.Pada banyak kasus fase ini tidak terdeteksi.
S
etelah timbul ikterus jarang terjadi perburukangejala prodromal, tetapi justru terjadi perbaikan klinis yang nyata.
Fase
Konv
alese
n (p
e
ny
e
mbuh
a
n)
Diawali dengan menghilangnya ikterus dan keluhan lain, tetapi hepatomegali dan abnormalitasfungsi hati tetap ada. Muncul perasaan sudah lebih sehat dan kembalinya nafsu makan. Keadaanakut biasanya akan membaik dalam 2-3 minggu. Pada hepatitis A perbaikan klinis danlaboratorium lengkap terjadi dalam 9 minggu dan 16 minggu untuk hepatitis B. pada 5-10%kasus perjalanan klinisnya mungkin lebih sulit ditangani, hanya <1% yang menjadi fulminan(
S
udoyo, 2006).HAV resisten terhadap asam, sehingga memungkinkan virus ini untuk bisa melewati lambungdan masuk ke dalam usus halus.
S
etelah masa inkubasi selama 28 hari (antara 15-50 hari), orangyang terinfeksi dapat mengalami
vag 
ue
dan gejala-gejala non-spesifik.
S
alah satu gejala awalyang sering menjadi perhatian medis yaitu terlihatnya urine yang berwarna gelap, yang biasanyadidahului oleh penyakit prodromal ringan selama 1-7 hari, yaitu meliputi anoreksia, malaise,demam, mual, dan muntah. Dalam beberapa hari setelah onset bilirubinemia, feses mulai
cl 
ay
colored 
, dan sklera, kulit, serta membran mukosa mulai menjadi jaundice (kuning).Hepatomegali dapat ditemukan dalam pemeriksaan fisik.
T
idak adanya pewarnaan feses dapatkembali normal dalam 2 hingga 3 minggu, yang sering mengindikasikan adanya perbaikan dari penyakit. Pruritus jarang terjadi. Durasi penyakit bervariasi, tetapi sebagian besar pasien secarasignifikan membaik dalam 3 hingga 4 minggu, termasuk perbaikan dari meningkantnyakonsentrasi enzim-enzim hepatoseluler (Committee on Infectious Disease Pediatrics, 2007).
 
E
fek patologik hepatitis A terhadap hati terbatas.
S
aat HAV bereplikasi dalam sel-sel hati,virions dilepaskan ke dalam sinusoid hepatik dan kanalikuli bilier, kemudian menuju ke usus dandiekskresikan ke dalam feses. Puncak infektivitas terjadi selama 2 minggu sebelum onset

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->