Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hak Dan Kewajiban

Hak Dan Kewajiban

Ratings: (0)|Views: 509 |Likes:
Published by afiftriawan

More info:

Published by: afiftriawan on Nov 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/04/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Di Negara Indonesia, terdapat sebagian rakyatnya yang merasa dirinyatidak tersentuh oleh pemerintah. Dalam artian pemerintah tidak memberi perhatian maupun bantuan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya,tidak mempedulikan pendidikan mereka dan keluarganya, tidak mengobati penyakit yang dideritanya dan lain sebagainya yang menggambarkan seakan-akan pemerintah tidak melihat penderitaan yang mereka rasakan. Dengankeadaan semacam itu, timbulah suatu pertayaan ditengah masyarakat tersebut.Benarkah mereka masih memiliki hak-hak mereka sebagai Warga NegaraIndonesia?akankah hak-hak yang seharusnya diterima oleh setiap warganegara seperti halnya warga lainya tidak ada lagi pada mereka?Selain mereka yang merasa hak-haknya sebagai warga negara belumdidapat, ada juga orang-orang yang benar-benar hak mereka sebagai warganegara telah didapat, akan tetapi mereka tidak mau menunaikan kewajibannyasebagai warga negara. Mereka tidak mau membela negaranya diakala hak-hak negeri ini dirampas oleh negara seberang, mereka tidak mau tahu dikala hak  paten seni-seni kebudayaan Indonesia dibajak dan diakui oleh negara lain,dan bahkan mereka mengambil dan mencuri hak-hak rakyat jelata demikepentingan pribadi. Memang sangat ironis sekali, tetapi begitulah keadaansebenarnya. Seakan keadilan di Negara ini hampir tidak ada lagi, yang kecilakan selalu di bawah, dan yang berkuasa akan selalu menang.Kesenjangan antara hak dan kewajiban seperti yang telah terjadi,sangatlah tidak sesuai dengan perundang-undangan Negara Indonesia.Dimana pada UU kewarganegaraan No.12 tahun 2006 telah diatur tentangsemua masalah yang menyangkut kewarganegaraan Indonesia. Pada undang-undang tersebut juga membahas tentang cara-cara untuk menjadikanseseorang sebagai Warga Negara Indonesia dan bagaimana seseorang bisakehilangan haknya sebagai Warga Negara Indonesia.
 
2
B.Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut dapat diidentifikasi beberapamasalah, yaitu:1.Kesenjangan yang terjadi antara pemenuhan hak dan kewajiban warganegara.2.Hilangnya hak dan kewajiban sebagian Warga Negara Indonesia.3.Ketidakadilan yang dirasakan oleh masyarakat yang tertindas hak-haknya.4.Undang-undang yang mengatur tentang kewarganegaraan.
C.Batasan Masalah
Karena banyaknya masalah yang muncul dalam identifikasi masalahdiatas maka untuk memfokuskan dan pengkajian secara lebih mendalam, penulis akan membatasi pada poin-poin berikut:1. Hilangnya hak dan kewajiban sebagian Warga Negara Indonesia.2. Ketidakadilan yang dirasakan oleh masyarakat yang tertindas hak-haknya.3. Undang-undang yang mengatur tentang kewarganegaraan.
D.Rumusan Masalah
1.Bentuk hak-hak dan kewajiban Warga Negara Indonesia.2.Sudahkah hak dan kewajiban tersebut diterima dan dilaksanakan olehsemua warga negara dengan baik?3.Bagaimana cara memperoleh atau kehilangan Warga Negara Indonesia.4.Upaya-upaya yang harus ditempuh untuk melaksanakan hak dankewajiban warga negara dengan baik.
E.Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan penulisan adalahuntuk menjelaskan tiga hal berikut:1.Menjelaskan bentuk-bentuk hak dan kewajiban yang seharusnya diterimadan dilaksanakan oleh setiap Warga Negara Indonesia.
 
32.Menjelaskan pelaksanaan dalam penerapan hak dan kewajiban padaseluruh Warga Negara Indonesia.3.Menjelaskan proses dan prosedur ataupun tata cara dalam menjadikanseseorang sebagai Warga Negara Indonesia yang legal dan sah menuruthukum dan perundang-undangan yang berlaku, baik berasal dari rakyat penduduk Indonesia asli ataupun warga negara asing. Selain itu jugamenjelaskan bagaimana proses kehilangan seorang Warga NegaraIndonesia yang kemudian menjadi warga negara asing.4.Menjelaskan cara-cara yang bisa dilakukan pemerintah dan masyarakat itusendiri untuk memenuhi hak dan kewajiban setiap Warga NegaraIndonesia.
F.Kegunaan Penulisan
1.Untuk menjelaskan tentang semua permasalahan yang menyangkuttentang hak dan kewajiban Warga Negara Indonesia.2.Untuk memperjelas bagaimana cara memperoleh warga negara dankehilangan warga negara.3.Menjadi wacana bagi pembaca yang membahas tentang masalah-masalahyang menyangkut tentang kewarganegaraan.4.Menjadi wadah bagi penulis untuk menyalurkan ide.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Kelinci Madu liked this
Farihin Muhammad liked this
Darly Saputra liked this
jhoejoeniep liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->