Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hewan Dan Telur

Hewan Dan Telur

Ratings: (0)|Views: 606|Likes:
Published by Fauzan Naseer

More info:

Published by: Fauzan Naseer on Nov 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A. Latar BelakangDaging merupakan sumber protein dengan asam amino lengkap. Dagingdidefinisikan sebagai bagian muskus uang berasal dari muskulus sketal yaitutulang, diafragma, jantung dan oesafagus dari lemak. Hewan ternak penghasildaging dalam indutri panagn biasanya adalah sapi, domba dan rusa. Secara umum,daging sapi mengandung H
2
O (66 %), protein (19 %), lemak (14 %), Vit B (0,08mg/g), Ca (11 mg/g), P (170 mg/g), dan Vit A.Sebelumnya, daging merupakan bagian dari karkas, yaitu bagian tubuhhewan yang sudah disembelih dan masih utuh atau disebelah disepanjan tulang belakang. Bagian yang dipisahkan hanya kepala, kaki, kulit, dan bagian dalamserta ekor. Untuk dinyatakan layak konsumsi, karkas mengalmi berbagai tahapsalah satunya inspeksi kesehatan, penyembelihan, penunutasan darah, pemisahankepala, kulit atau jeroan atau yang sering disebut dengan istilah dressing, daninspeksi sesudah penyembelihan.Ikan mengandung protein dengan jaringan yang sedikit dan asam aminoyang lengkap. Jenis protein ini sangat sesuai untuk dikonsumsi dengan beras dankacang-kacangan, karena mengandung lisin dan metionin yang tinggi serta jumlahnya minim pada kacang-kacangan dan beras.Telur adalah hasil pembuahan sel telur pada hewan betina oleh spermadari hewan jantan, sehingga telur merupakan calon hewan dewasa. Oleh karenaitu, telur mengandung bahan-bahan dan zat-zat yang sama dengan hewaninduknya.
B. Tujuan Percobaan
Tujuan dari percobaan ini adalah untuk menguji sifat organoleptik, danmengenal karakteristik dan sifat fisik bahan hewani terutama ikan, daging ternak dan telur.
 
BAB IPENDAHULUANA. Latar Belakang
Daging untuk dikonsumsi diartikan sebagai otot tubuh hewan termasuk  pengikat dan bagian tubuh lainnya. Sedangkan meat produk adalah hasil darikeseluruhan pemotongan hewan termasuk hasil ikutannya.Hewan penghasil daging yang biasanya digunakan sebagai bahan industriadalah sapi, domba, kambing dan unggas. Bagian hewan yang digunakan sebagai bahan pangan adalah muscular organ (lidah, jantung dan usus) dan nonmuscular(hati, limpa, paru, dan otot). Sedangkan yang digunakan dalam industriadalah kulit, tulang, dan bulu.Telur merupakan bakal hewan dewasa. Hanya sebagian telur yang lazimdikonsumsi oleh manusia diantaranya telur ayam, telur bebek, telur burung puyuh,dan telur penyu. Struktur telur terbagi tiga yaitu kulit telur, putih telur dan kuningtelur. Khusus telur ayam, sebagian besar terdiri dari air, sedangkan bagian padatnya terdiri dari protein, lemak, karbohidrat dan mineral.Ikan merupakan bahan hewani yang mengandung protein dengan asamamino lengkap dan lemak yang tidak jenuh sehingga mudah dicerna. Lengkapnya protein dapat menanggulangi kekurangan gizi makanan dari serealia. Agar dsapatdijangkau oleh semua lapisan, ikan diolah menjadi Fish Concentrate Protein(FPC) atau yang lebih dikenal sebagai tepung ikan. Iakn sendiri dibagi menjaditiga kelas yaitu ikan tak berahang, ikan bertulang rawan, dan ikan bertulang biasa.
B.Tujuan Percobaan
Tujuan dari percobaan ini adalah untuk menguji sifat organoleptik, danmengenal karakteristik dan sifat fisik bahan hewani terutama ikan, daging ternak dan telur.
 
BAB IITINJAUAN KEPUSTAKAAN
Daging merupakan bahan makanan berprotein yang berharga serta sumber  penting Vit B (terutama asam nikotinat) dan zat besi. Dging miskin akan kalsium,meskipun hati dan ginjal mengandungh Vit A dan D. tidsak ada perbedaan nyatanilai gizi antara daging mahal dan murah, atau antara daging bekundan segar.Kandungan tiamin daging kaleng lebih kecil daripada daging segar yang direbus(wahyu, 1992).Ciri-ciri ikan segar antara lain kulit berwarna cerah, sisik melekat dankuat, mata jernih tidak terbenam atau berkerut, daging keras dan lentur, ikan berbau segar, tubuh kaku serta ikan tenggelam didalam air. Pada ikan yang busuk, berbau busuk, terutama pada insang, dan terapung dalam air. Kulit berwarna buram dan pucat dengan sisik mudah lepas (Buckle.
 Et. Al,
1987).Putih telur pada dasarnya adalah larutan koloid protein (terutama albumin)dalam air, bersama dengan sejumlah kecil vitamin dan garam mineral. Kuningtelur adalah emulsi lemak dalam air dengan susunan kurang lebih sepertiga berupalemak, dan setengahnya air, serta seperenamnya protein. Protein utamanya adlahvitelin (Gaman, 1992).Besar telur umumnya bervariasi,k ada yang berat dan adapula yang ringan.Contohnya dalan 1 Kg telur ayam bisa berisi 17 butir atau 21 butir. Pengaruh jenishewan juga penting, seperti telur bebek lebih besar dari telur ayam danwarnanyapun berbeda-beda. Factor yang mempengaruhi besar telur, diantaranya jenis hewan, zat-zat mkakanan induk, sifat genetic induk, dan umur pembuahan(Syarief, 1986).Sumber pospor yang utama adalah bahan makanan dengan kadar proteintinggi seperti daging, unggas, ikan, dan telur. Piospor berperan dalam pembentukan tulang dan gigi, penyimpanan dan pengeluaran energi. Bahan pangan yang kaya protein dan kalsium biasanya juga kaya akan pospor (Winarno,1982).

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Setya Dedy liked this
Sunaryati Sun liked this
Evan Putra Dairi liked this
Ramzil Huda liked this
ArGa Azhar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->