Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
60Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ENDAPAN SUNGAI

ENDAPAN SUNGAI

Ratings: (0)|Views: 13,696|Likes:
Published by Rifai Geologiest

More info:

Published by: Rifai Geologiest on Nov 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/07/2014

pdf

text

original

 
ENDAPAN SUNGAI
PENDAHULUANBerdasarkan morfologinya sistem sungai dikelompokan menjadi 4 tipe sungai,straight river, braided river, anastomasing river, dan meandering river. (gambar-1).
 
Straight River 
adalah sungai yang lurus, sungai yang belum berkelok-kelok.Bentuk lurus ini disebabkan energi aliran sungai kuat atau deras yang berdampak padakurangnya sedimentasi. Untuk tipe straight river ini biasanya terjadi pada daerah pegunungan dengan kemiringan lereng yang terjal.
 Anastomasing River 
terjadi karena adanya dua aliran sungai yang bercabang-cabang, dimana cabang yang satu dengan cabang yang lain bertemu pada titik tertentudan kemudian bersatu pada titik tertentu membentuk satu aliran pada sungai tersebut.Energi alir sungai tipe ini adalah rendah (Gambar ).
Meandering River 
adalah sungai yang berkelok-kelok. Hal ini mengindikasikantipe sungai tua yang energi alirannya sedemikian lemah. Meander ini terjadi karenaadanya pnegikisan tepi sungai oleh aliran air utama yang pada daerah kelokan sungai pinggir luar dan pengendapan pada kelokan tepi dalam (Gambar ). Kalau proses ini berlangsung lama akan mengakibatkan aliran sungai semakin berkelok-kelok. Padakondisi tertentu adakan kelokan-kelokan yang terputus, sehingga terjadinya danau atautapal kuda atau oxbow lake (Gambar ).
 Braided River 
, tipe sungai ini terjadi pada daerah datar dengan energi arus alir yang lemah dengan batuan sekitarnya lunak, pengendapan besar debit air besar. Daerahyang rata menyebabkan aliran dengan mudah belok karena adanya longsoran atau kayuyang merintangi aliran sungai utama.Gambar - 1. Sketsa Empat Tipe dari Sungai - sungai (5-P307)Study pada laboratorium alam memperlihatkan bahwa lekukan banyak didominasioleh tipe sungai meander, sedangkan untuk tipe sungai straight dan braided cenderunguntuk tidak berkelok. Sedangkan untuk kemiringan lereng yang tinggi lebih didominasioleh tipe sungai straight. Untuk tipe sungai meander, kemiringan terjadi dengan energierosi kesamping kanan kiri sungai yang dominan. Pada sungai braided slope/kemiringanini relatif datar (gambar-1), dengan energi sungai yang lemah menyebabkan terjadinya banyak pengendapan sungai berupa batuan pasir umumnya sortasi atau pemilihannya bagus. Pasir diendapkan pada active braided channles dan juga lumpur terendapkan padaabandoned sungai dengan debit aliran air sungai yang relatif sedikit. Biasanya tipe sungaiBraided ini diapit oleh bukit di kanan kirinya. Pengendapan pada sungai Braided selain
 
 bersal dari material sungai itu juga terjadi adanya erosi pada bukit-bukit yang mengapitdan limbah erosi ini terbawa masuk kedalam sungai Braide. Pengendapan pada sungaitipe braided ini baiasanya bagus sekali untuk reservoar dengan permeabilitas tinggi dan jenis pasir yang bersih (gambar-3).Gambar - 2. Grafik hubungan antara kemiringan dan lekuk sungai (1-P143)Gambar - 3. Phusiography dan Facies pengendapan sungai Braided. (6)
 
SYSTEM SUNGAI BRAIDEDTransport dan pengendapan sedimen dari daerah sumber ke daerah pengendapannya tidaklah dikuasai oleh jenis-jenis mekanisme transport tertentu,misalnya aurs traksi saja, suspensi saja dan sebagainya, tetapi selalu merupakan suatusistem dari berbagai mekanisme, malahan bukan saja bersifat mekanis tetapi jugakimiawi.Umumnya tipe sungai braided didominasi oleh pulau-pulau kecil (gosong-gosong)di atanya dengan berbagai ukuran yang dominasi batuan pasir dan krikil. Pola aliransungan braided terkonsentrasi pada zona aliran utama. Jika sedang banjir sungai ini banyak material yang terbawa menjadi terhambat pada tengah sungai baik berupa batang pepohonan ataupun ranting-ranting pepohonan. Akibat sering terjadinya banjir maka disepanjang bantaran sungai terdapat lumpur (floodplain) yang mendominasi hampir disempanjang bantaran sungai (gambar-4).Struktur sedimen yang umum terjadi adalah cross-bedding, ripplers dan ripplecross-lamination. Pada struktur skala besar perkembangan awal dari bar memperlihatkanrendahnya pola pembentukan. Pada saat air surut pada sungai braided terjadi cross bedding dengan perkembangan pada ripples dan laminasi hal ini terjadi pula pada permukaan bar. (gambar- ).Pola pengendapan batuan pada braided stream pada skala kecil tidak terlihat pada beberapa pembacaan well, karena saluran dan bar dapat berubah-ubah, pengendapan akanterlihat dengan secara acak dalam ukuran yang besar dan distribusi lateral isi darifragmen bar dan salluran tersebut.Gambar - 4. Pandangan sungai Braided dikala air susut, manpang batuan kerikitldan pasir pada bagian atas sungai (2-P22)

Activity (60)

You've already reviewed this. Edit your review.
Dedy Dayat liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Erman Syah liked this
Febrie Rachma liked this
DjayusYus liked this
Miftah Farid liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->