Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword or section
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kimia Kebahagiaan

Kimia Kebahagiaan

Ratings: (0)|Views: 5 |Likes:
Published by satno
Keagungan pemikiran Imam Ghazali dalam buku ini menunjukkan kualitas pribadi yang agung, semoga Allah memberkahi Beliau, Amiin.
Keagungan pemikiran Imam Ghazali dalam buku ini menunjukkan kualitas pribadi yang agung, semoga Allah memberkahi Beliau, Amiin.

More info:

Published by: satno on Dec 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2011

pdf

text

original

 
 
1
Daftar Isi
KATA PENGANTARBAB 1 : Pengetahuan Tentang DiriBAB 2 : Pengetahuan Tentang TuhanBAB 3 : Pengetahuan Tentang Dunia IniBAB 4 : Pengetahuan Tentang AkhiratBAB 5 : Tentang Musik dan Tarian Sebagai Pembantu KehidupanKeagamaanBAB 6 : Pemeriksaan Diri dan Dzikir Kepada AllahBAB 7 : Perkawinan Sebagai Pendorong atau Penghalang DalamKehidupan KeagamaanBAB 8 : Cinta Kepada AllahRINGKASAN
 
 
2
Kata Pengantar
Ketahuilah, bahwa manusia tidak diciptakan secara main-main atausembarangan. Ia diciptakan dengan sebaik-baiknya dan demi suatu tujuanagung. Meskipun bukan merupakan bagian Yang Kekal, ia hidup selamanya;meski jasadnya rapuh dan membumi, ruhnya mulia dan bersifat ketuhanan.Ketika, dalam tempaan hidup zuhud, ia tersucikan dari nafsu jasmaniah, iamencapai tingkat tertinggi; dan sebaliknya, dari menjadi budak nafsu angkara,ia memiliki sifat-sifat malaikat. Dengan mencapai tingkat ini, ia temukansurganya di dalam perenungan tentang Keindahan Abadi, dan tak lagi padakenikmatan-kenikmatan badani. Kimia ruhaniah yang menghasilkanperubahan ini dalam dirinya, seperti kimia yang mengubah logam rendahmenjadi emas, tak bisa dengan mudah ditemukan. Untuk menjelaskan kimiadan metode operasinya itulah maka pengarang menyusun karya yang diberi judul Kimia Kebahagiaan ini.Khazanah-khazanah Tuhan yang mengandung kimia ini, ada pada hati paranabi. Siapa saja yang mencarinya di tempat lain akan kecewa dan bangkrut dihari kemudian, yakni ketika ia mendengar firman: "... Telah Kami angkat tiraiitu darimu, dan pandanganmu pada hari ini sangatlah tajam." (QS 50:22)Allah telah mengutus ke dunia ini seratus duapuluh empat nabi untukmengajar manusia tentang resep kimia ini, dan bagaimana cara mensucikanhati mereka dari sifat-sifat rendah melalui tempaan zuhud. Kimia ini dapatsecara ringkas diuraikan sebagai berpaling dari dunia untuk menghadapkepada Allah. Bagiannya ada empat. Pertama, pengetahuan tentang diri.Kedua, pengetahuan tentang Allah. Ketiga, pengetahuan tentang dunia inisebagaimana adanya. Keempat, pengetahuan tentang akhirat sebagaimanaadanya.Marilah kita mulai memaparkan keempat bagian ini secara berurutan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->